Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Membuat Keluarga Mainan bersama Si Kecil

Seiring dengan perkembangan daya imajinasinya, Mum akan sering melihat si Kecil mulai senang membuat gambar atau dongeng karangan sendiri. Mari dukung perkembangkan imajinasinya tersebut dengan mengajaknya bermain menggunakan mainan block.

Aktivitas bersama si Kecil

Kali ini, ajak si Kecil untuk membuat keluarga dari mainannya :

Bimbinilg si Kecil untuk membangun masing-masing anggota keluarga melalui mainan block-nya tersebut. Minta dirinya untuk memperhatikan perbedaan bentuk dan ukuran tubuh masing-masing.

  1. Siapkan beberapa foto keluarga sebagai alat bantu untuk permainan ini.
  2. Tambahkan pula properti lainnya seperti rumah, mobil atau hewan peliharaan bagi keluarga buatan si Kecil tersebut.
  3. Sudah selesai, Mum? Ayo lanjutkan permainan dengan mengajak si Kecil untuk menceritakan sifat dan karakteristik dari masing-masing tokoh buatannya tersebut. Setelah itu, mintalah si Kecil untuk membuat dongeng dari mainan yang sudah dibuatnya. Untuk merangsang daya imajinasinya, Mum dapat memberikan tema cerita seperti “Liburan Keluarga” atau “Hari Minggu yang Cerah”.
  4. Usai bermain, abadikan foto si Kecil bersama keluarga kreasinya tersebut. Taruh karya seninya ini di tempat yang mudah dilihat sebagai tanda apresiasi baginya. Setelah itu, mari bagikan momen istimewa ini kepada Mums lainnya ini melalui halaman Facebook kami di Friso Indonesia dan twitter @FrisoID.

Manfaat bagi Mum

Dengan meminta si Kecil untuk membuat anggota keluarga sekaligus mendeskripsikannya, Mum dapat mengetahui pandangan personal si Kecil terhadap mereka. Cobalah membagikan foto si Kecil bersama kreasinya ini kepada Dad dan anggota keluarga lain. Ajak mereka untuk berbincang sambil mengomentari hasil karyanya tersebut. Ini tentu menjadi momen yang baik untuk mempererat tali ikatan keluarga.

Manfaat bagi si Kecil

Dengan mengajak si Kecil untuk mengamati berbagai persamaan dan perbedaan bentuk tubuh anggota keluarganya, Mum telah ikut menanamkan sejak dini tentang keanekaragaman manusia. Pengetahuan ini dapat menjadi bekal bagi si Kecil untuk belajar menghargai dan menerima perbedaan yang dimiliki oleh orang-orang terdekatnya.

Aktivitas membentuk benda dari mainan block juga memberikan kesempatan bagi si Kecil untuk mengeluarkan ide-ide kreatif serta merangsang daya imajinasinya. Selain itu, seperti yang diungkapkan oleh Dr. Ann Barbour dari California State University, bermain merupakan sarana bagi si Kecil untuk mengekspresikan emosinya secara leluasa.

Info Gizi & Nutrisi

Bermain dan belajar dalam suasana yang menyenangkan bersama Mum akan membuat si Kecil semakin bersemangat dalam menghadapi kegiatan sehari-harinya. Untuk menjaga kondisi tubuhnya, Mum dapat menambahkan menu buah dan sayuran yang dengan kandungan vitamin C dan antioksidan. Kedua kandungan ini memiliki peran penting dalam membentuk sistem kekebalan tubuh si Kecil. Beberapa contoh buah dan sayuran yang kaya akan kedua kandungan ini adalah tomat, pepaya, stroberi, brokoli dan jambu biji.

Susu pertumbuhan pun memiliki peran penting bagi perkembangan daya tahan tubuh si Kecil. Kandungan Nukleotida yang dapat Mum temukan pada susu pertumbuhannya ikut berperan membantu mempertahankan daya tahan tubuh serta membangun blok DNA dan RNA untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan saluran pencernaan. Peran mineral seperti Zinc, Zat Besi dan Selenium juga tidak kalah penting dalam membangun sistem pertahanan tubuhnya. Friso Gold 3 mengandung semua zat gizi tersebut dengan komposisi yang seimbang. Proses produksi dengan konsep “grass to glass” membuat nutrisi alami yang terkandung semakin mudah untuk dicerna oleh si Kecil.