Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Membuat Kerajinan dari Stik Es Krim? Ini 5 Manfaatnya!

Membuat Kerajinan dari Stik Es Krim? Ini 5 Manfaatnya!

Membuat kerajinan dari barang bekas atau tidak terpakai memiliki beberapa manfaat baik untuk tumbuh kembang si Kecil. Meski dengan gempuran berbagai jenis mainan baru dan canggih, sebenarnya membuat kerajinan dari stik es krim juga tidak kalah jika dilihat dari segi manfaat. Gerak aktif dan proses belajar yang terjadi, menjadi poin terpenting permainan ‘tradisional’ seperti ini.

Memang jika dilihat dari segi kecanggihan teknologi yang kini ada, permainan dan membuat kerajinan seperti ini tidak lagi relevan. Dengan segala kemudahan dan kepraktisan yang ada, apa manfaat yang bisa ditawarkan dengan membuat kerajinan stik es krim? Apakah benar dapat membawa dampak baik bagi tumbuh kembangnya?

Berlatih Kesabaran

Dengan mencoba membuat kerajinan seperti ini, si Kecil dilatih untuk sabar dan mengetahui bahwa setiap hal memiliki proses sebelum dapat digunakan atau dimainkan. Memahami proses yang terjadi penting untuk si Kecil agar ia tak terbiasa dengan segala hal instan dan dapat memenuhi kemauannya tanpa menghabiskan banyak waktu.

Si Kecil akan terbiasa menghargai waktu dengan lebih baik, menjalani tahapan yang diperlukan serta mengikuti petunjuk yang diberikan. Ini akan berdampak baik bagi pembentukan karakternya, sifat penyabar, telaten dan tidak terburu-buru akan tertanam secara perlahan ketika ia melakukan proses pembuatan kerajinan atau mainan dari stik es krim.

Membiasakan Si Kecil Terampil Menggunakan Tangan

Keterampilan tangan semakin hari semakin tidak menjadi hal penting untuk diasah. Hal ini terjadi karena kini segala hal dapat dilakukan dengan menekan tombol atau menyentuh panel saja, tanpa harus memiliki keterampilan tangan yang baik. Nah, ketika bermain dengan kerajinan dari stik es krim, si Kecil akan menggunakan kedua tangannya dengan intens.

Mungkin dalam jangka pendek hal ini tidak akan terasa manfaatnya. Namun untuk jangka panjang, keterampilan si Kecil menggunakan kedua tangannya akan sangat berguna. Ia tidak akan ragu untuk mencoba memperbaiki sesuatu yang ditemuinya. Rasa penasaran yang ada di dalam kepalanya dapat terbantu dengan kemampuan tangannya dalam mengutak-atik berbagai benda di sekitarnya.

Koordinasi Tangan dan Mata

Dalam proses pembuatannya, kerajinan handmade seperti ini memerlukan kecermatan dalam menggunakan tangan dan mata. Koordinasi yang baik dituntut agar dapat menghasilkan karya yang indah, proporsional dan dapat dimainkan. Tentu saja, dengan mencoba membuatnya si Kecil juga akan terlatih secara perlahan.

Seiring berjalannya waktu, koordinasi mata dan tangan si Kecil akan terus membaik. Hal ini dapat berjalan maksimal jika Mums terus memberikan stimulus, salah satunya berupa membuat kerajinan dari bahan yang ada di sekitar Mums dan si Kecil. Memang latihan tidak hanya dilakukan dengan permainan ini saja, tapi sembari mengurangi sampah yang terbuang, bisa jadi aktivitas yang baik lho.

Konsep Daur Ulang

Membuat kerajinan dari stik es krim juga dapat mengenalkan si Kecil dengan konsep daur ulang, dimana barang yang sudah selesai digunakan tidak langsung dibuang melainkan diolah kembali menjadi barang yang memiliki nilai guna lain. Meskipun umumnya stik es krim yang digunakan adalah stik es krim baru, setidaknya si Kecil dapat mengetahui konsep daur ulang yang Mums ajarkan.

Pada era sekarang ini, mengajarkan pola hidup hijau sejak dini penting agar si Kecil memiliki pola hidup serupa. Generasi anak-anak sekarang adalah generasi yang akan menempati Bumi pada masa yang akan datang, untuk itu harus diajarkan sejak dini cara menjaga bumi dan mengurangi limbah yang masih dapat digunakan.

Latihan Mengukur dan Menghitung dengan Tepat

Dalam pembuatan berbagai kerajinan dari stik es krim, tidak jarang diperlukan ukuran stik es krim yang berbeda-beda agar dapat membentuk satu karya yang indah. Mums bisa melatih si Kecil untuk melakukan pengukuran pada stik yang akan digunakan dan menghitung berapa stik yang diperlukan.

Secara langsung, Mums dapat mengajarkan matematika dasar pada si Kecil dengan melakukan permainan ini. Meski mungkin tidak serumit yang diajarkan di sekolah, tapi latihan ringan semacam ini justru dapat meningkatkan kemampuannya dalam berhitung karena akan menjadi satu kebiasaan untuk si Kecil.

Bermain dan membuat kerajinan dengan barang bekas seperti stik es krim memang bukan permainan modern, namun nyatanya masih memiliki manfaat yang tidak kalah dengan berbagai permainan masa kini. Ini kenapa permainan sederhana masih terus perlu diajarkan dan dimainkan bersama si Kecil, agar manfaat seperti yang disampaikan di atas dapat diperoleh si Kecil.

Kerajinan dari stik es krim pada akhirnya dapat menjadi salah satu alternatif untuk memberikan stimulus bagi tumbuh kembang si Kecil. Agar lebih optimal, Mums bisa memberikan Friso Gold 4 untuk menunjang tumbuh kembangnya dari sisi pemenuhan kebutuhan nutrisi harian. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam dan mampu menyerap stimulus yang diberikan lebih baik.