Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Membuat Konsep Dekorasi Ulang Tahun si Kecil Di Rumah, Pertimbangan Beberapa Hal Berikut Ini

Membuat Konsep Dekorasi Ulang Tahun si Kecil Di Rumah, Pertimbangan Beberapa Hal Berikut Ini

Momen bertambahnya usia si Kecil selalu jadi momen yang patut dirayakan. Selain menandai usia si Kecil, pertambahan usia ini juga bisa menjadi tolak ukur perkembangan si Kecil selama ia hidup di dunia. Umumnya, perayaan akan dilakukan dengan pesta ulang tahun dengan bermacam konsep. Tentu, orang tua kemudian harus memikirkan konsep dekorasi ulang tahun si Kecil di rumah maupun di area lain yang diinginkan.

Mengadakan acara di rumah, memiliki kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan mengadakan acara di luar. Praktisnya acara yang diadakan bisa didapat karena orang tua dan si Kecil tidak perlu bepergian menuju tempat acara. Selain itu, orang tua dan si Kecil akan merasa lebih nyaman karena berada pada area yang sudah tidak asing lagi.

Baik acara yang dipersiapkan secara mandiri atau melibatkan event organizer, harus mempertimbangkan beberapa hal. Tujuannya agar acara berjalan dengan meriah serta bisa terus diingat oleh keluarga dan tamu undangan. Secara mendasar, yang perlu diperhatikan adalah area rumah yang akan digunakan, berapa banyak tamu yang akan diundang, dan bagaimana konsep acara tersebut.

Beberapa hal tersebut jika dijelaskan secara lebih rinci akan menjadi seperti poin-poin di bawah ini.

Jenis Kelamin Anak

Acara ulang tahun si Kecil tidak bisa lepas dari jenis kelaminnya. Memang terdengar sedikit aneh, namun biasanya konsep yang digunakan akan berdasarkan pada apakah si Kecil perempuan atau laki-laki. Pemilihan tone warna yang tepat bisa memperkuat karakter si Kecil yang akan muncul serta membuat si Kecil lebih nyaman.

Contohnya ketika memiliki seorang anak perempuan, maka tone warna yang digunakan akan cenderung merujuk pada warna lebih feminim. Misalnya saja merah muda, peach, kuning, biru langit dan sebagainya. Sedangkan untuk anak laki-laki, tone yang lebih sesuai akan berkisar pada warna seperti merah, hijau, biru, jingga, dan sejenisnya.

Tokoh Favorit

si Kecil usia 1 hingga 3 tahun biasanya sudah memiliki tokoh favorit yang berasal dari bacaan atau film yang ditontonnya. Orang tua bisa memperhatikan hal ini dan menjadikannya sebagai satu pertimbangan untuk konsep dekorasi ulang tahun si Kecil di rumah. Dengan menggunakan karakter yang disukainya, si Kecil akan lebih mudah terbawa suasana acara dan lebih nyaman.

Banyak tokoh yang kini dekat dengan kehidupan si Kecil, seperti pahlawan super, atau tokoh animasi yang ada pada tayangan televisi. Untuk tetap menyisipkan nilai pembelajaran, orang tua bisa menjadikan sifat baik dari tokoh tersebut lebih ditonjolkan, sehingga selain meriah acara juga akan memberikan nilai baik pada semua yang hadir.

Lokasi Acara

Lokasi acara, ketika diadakan di rumah, bisa ditentukan akan berada di dalam ruangan atau di area teras atau halaman belakang. Tempat acara juga akan mempengaruhi dekorasi dan perlengkapan yang digunakan, sehingga akan lebih baik jika dipikirkan terlebih dahulu agar tidak menjadi masalah di belakang.

Pemilihan tempat juga akan mempengaruhi mood acara yang diadakan. Untuk acara yang diadakan di dalam ruangan, mood yang terbangun akan menjadi lebih intim dan hangat. Tentu saja acara dalam ruang memiliki keterbatasan ruang gerak jika dibandingkan dengan acara yang diadakan di area taman atau halaman belakang yang menyediakan lebih banyak ruang untuk setiap tamu undangan.

Jumlah Undangan

Jumlah undangan dari acara ulang tahun si Kecil, berpengaruh langsung pada anggaran dan area yang dimiliki di rumah. Jika memang ingin mengadakan acara yang lebih intim, maka jumlah undangan yang disebar tidak perlu terlalu banyak. Cukup kerabat terdekat dan beberapa teman si Kecil. Selain akan menekan biaya, jumlah undangan yang lebih sedikit akan lebih mudah diorganisir.

Jika orang tua menginginkan jumlah tamu yang lebih besar, tentu harus diimbangi dengan ketersediaan area yang memadai agar setiap tamu undangan merasa nyaman. Semakin banyak jumlah tamu maka akan semakin meriah dan ramai juga acara ulang tahun si Kecil yang diadakan.  Baik banyak atau sedikit, memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Pertimbangan utama idealnya harus memikirkan kenyamanan dari si Kecil sendiri. Jika misalnya si Kecil tidak terlalu nyaman berada di tengah terlalu banyak orang, ada baiknya acara diadakan dengan tamu undangan yang terbatas. Jika memang si Kecil menyukai keramaian, tamu undangan yang cukup banyak tentu akan semakin memeriahkan acara ulang tahun.

Pesta ulang tahun si Kecil akan selalu jadi momen yang berkesan dan dikenang sepanjang hidupnya. Itu mengapa, orang tua seringkali memberikan upaya terbaik agar ulang tahun berjalan meriah dan menyenangkan.

Untuk mengurus dekorasi ulang tahun si Kecil di rumah, orang tua bisa berkonsultasi dengan jasa event organizer atau dengan kerabat yang lebih berpengalaman. Ada baiknya, makanan yang disediakan merupakan makanan olahan kaya nutrisi seperti buah-buahan agar membawa dampak baik bagi kesehatan tamu yang hadir. Jangan lupa untuk senantiasa memberikan asupan nutrisi si Kecil dari Friso Gold 3, dengan teknologi Locknutri yang memastikan kualitas Protein di dalam susu tetap terjaga dalam kondisi mendekati alami selama proses produksi karena tidak melalui proses pemanasan berlebih. Jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai nutrisi si Kecil, Mum bisa berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) di website Friso yang berada di pojok kanan bawah.