Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Membuat Kreasi Lucu dan Unik dari Foto Keluarga

Membuat Kreasi Lucu dan Unik dari Foto Keluarga

Saat ini, di rumah Mum tentu sudah banyak terpajang berbagai foto yang diambil bersama seluruh anggota keluarga. Namun, bagaimana dengan foto keluarga yang dikreasikan sendiri oleh si Kecil? Di sela-sela waktu bermainnya hari ini, ayo ajak si Kecil untuk membuat kreasi yang lucu dan unik dari foto seluruh anggota keluarga di rumah!

Aktivitas Bersama si Kecil

  1. Mari mulai dengan mencetak bingkai foto yang sudah kami siapkan dalam Info Pendukung Aktivitas. Ada 2 desain yang bisa Mum dipilih si Kecil, yaitu gambar pesawat yang lucu serta bunga berwarna-warni yang ceria.

  2. Siapkan foto yang ingin Mum dan si Kecil pakai untuk kreasi ini. Pilihlah foto-foto anggota keluarga yang menampilkan ekspresi wajah lucu dan unik.

  3. Mintalah si Kecil untuk memilih desain bingkainya sendiri, lalu ajak ia untuk menceritakan alasan di balik pilihan bingkainya tersebut.

  4. Setelah itu, cetak desain kesukaannya di selembar kertas A4 lalu lapisi dengan karton tebal. Kemudian, guntinglah bingkai sesuai bentuknya.

  5. Kini, siapkan foto-foto yang sudah Mum pilih, lalu gunting bagian wajah masing-masing anggota keluarga, mengikuti bentuk yang tersedia pada bingkai.

  6. Untuk memudahkan Mum saat membereskan perlengkapannya, gunakan Tidy Up Mat sebagai alas bermain bagi si Kecil (lihat videonya di sini ).

  7. Foto dan bingkainya sudah siap semua, Mum? Mari ajak si Kecil menempelkan foto tersebut dengan menggunakan lem atau double tape.

  8. Sambil menempelkan foto, gunakan kesempatan ini untuk mengenalkan si Kecil tentang peran masing-masing anggota keluarga. Misalnya, dengan mengajak si Kecil menempel foto Dad di kursi depan bingkai pesawatnya karena ia adalah kepala keluarga. Mintalah juga kepada si Kecil untuk mengutarakan pendapatnya tentang masing-masing anggota keluarga.

  9. Hore, selesai! Wah, bingkai buatan si Kecil sungguh lucu dan menarik, ya. Ayo foto si Kecil bersama kreasinya tersebut! Setelah itu, ajak Dad dan anggota keluarga lain untuk melihat dan mengagumi karya buatan si Kecil ini.

  10. Mum juga dapat membagikan foto si Kecil dengan kreasi lucunya tersebut kepada Mums lainnya halaman Facebook kami di Friso Indonesia dan twitter @FrisoID dengan menggunakan hashtag #FrisoMoments.

Info Pendukung Aktivitas

Inilah perlengkapan yang bisa Mum siapkan untuk aktivitas ini:

  • Kertas A4
  • Karton tebal
  • Gunting
  • Lem atau double tape
  • Foto keluarga dengan ekspresi wajah yang lucu dan menarik

Dapatkan desain bingkai untuk kreasi si Kecil dengan men-download gambar pada link berikut ini: Gambar Bingkai Foto Lucu dan Unik

Dowload Langkah Langkah

 

Dowload Kartu & Stiker

 

Manfaat Bagi Mum

Aktivitas berkreasi bersama si Kecil ini dapat Mum gunakan untuk mengamati perkembangan fisik dan emosional serta mengetahui pandangannya terhadap anggota keluarga masing-masing. Mum, coba perhatikan si Kecil saat membuat kerajinan tangan ini dan bersiaplah untuk melihat bagaimana kemampuan kognitif dan pemahaman bahasanya sudah berkembang pesat.

Manfaat Bagi si Kecil

Seperti yang diungkapkan oleh April Lukasik, pendiri dari yayasan SmartEarly Learning Center di Connecticut, berkreasi ikut melatih kemampuan motorik halus dan kasar serta koordinasi tangan dan matanya.

Dengan memintanya untuk mengeluarkan pendapat tentang keluarga serta memilih bingkai foto yang disukai, si Kecil pun berkesempatan untuk dapat mengekspresikan dirinya sendiri.

Info Gizi & Nutrisi

Perkembangan kemampuan otak si Kecil yang terus berjalan dengan pesat membuat ia sudah semakin mahir dalam mengikuti instruksi Mum saat berkreasi serta bercerita tentang masing-masing anggota keluarganya. Agar proses tumbuh kembangnya dapat berjalan dengan baik, sajikan menu kaya nutrisi dengan kandungan choline dan asam lemak omega-3 yang ikut mendukung proses tumbuh kembang otak, serta antioksidan yang bertugas melindungi organ tersebut dari berbagai gangguan. Kandungan ini bisa Mum temukan pada makanan seperti telur, kembang kol, dan kacang (choline), salmon (omega-3), serta blueberry, strawberry, dan blackberry (antioksidan).

Susu pertumbuhan si Kecil juga ikut mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil di masa ini. Friso Gold 3, diformulasikan secara khusus untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi bagi perkembangan anak secara menyeluruh. Lewat proses produksi yang memakai konsep "grass to glass", nutrisi di dalam susu pun dapat terjaga kualitasnya.