Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Membuat Pesawat dari Stik Es Krim, Kegiatan Mudah Kaya Manfaat

Membuat Pesawat dari Stik Es Krim, Kegiatan Mudah Kaya Manfaat

Berkreasi, bermain dan belajar bisa memanfaatkan benda dan lingkungan sekitar. Mengajari si Kecil untuk berkarya dan mengenalkan hal baru, pesawat terbang misalnya, tidak harus membawanya ke bandara dan melihatnya langsung. Mums bisa mencari gambarnya di berbagai sumber, dan membuat pesawat dari stik es krim sebagai praktek aktifnya.

Pesawat terbang merupakan benda yang kemungkinan besar akan membuat si Kecil kagum. Selain karena bentuknya yang besar dan megah serta kemampuannya terbang melintasi udara. Untuk mengenalkan konsep ini, Mums bisa menggunakan media stik es krim yang dikreasikan menyerupai bentuk pesawat sederhana. Kreasi ini nantinya bisa digunakan si Kecil untuk bermain dan mengasah daya imajinasinya.

Mums dan si Kecil bisa bekerja sama untuk membuat pesawat dari stik es krim ini lho. Selain menyenangkan, kegiatan kreatif bersama seperti ini juga dapat meningkatkan kualitas hubungan Mums dan si Kecil. Tanpa perlu berlama-lama lagi, mari lihat langkah pembuatan pesawat berbahan stik es krim berikut ini.

Persiapan

Untuk membuat pesawat dari stik es krim, yang perlu disiapkan pertama tentu adalah beberapa batang stik es krim. Mums bisa mendapatkannya di toko terdekat atau dari bekas es krim yang telah dikonsumsi serta dibersihkan. Stik es krim ini akan berguna menjadi badan utama pesawat dan sayap dari pesawat mungil tersebut. Jangan lupa juga sediakan lem untuk menyatukan dua stik ini.

Selanjutnya, Mums harus menyediakan beberapa warna cat akrilik untuk memberikan warna pada pesawat yang nanti akan dibuat. Jangan lupa juga untuk menyediakan spidol atau alat tulis warna lain untuk membuat motif agar pesawat buatan Mums dan si Kecil makin menarik. Terakhir adalah siapkan kapas dan beberapa lembar kertas yang akan menjadi langit dan awan.

Pembuatan

Untuk membuatnya cukup mudah, pertama Mums dan si Kecil bisa menentukan stik yang akan menjadi badan dan stik yang akan menjadi sayapnya. Kemudian tempelkan stik bagian sayap ke stik bagian badan pesawat. Pastikan stik bagian sayap menempel seimbang antara bagian kiri dan kanan. Stik in ditempelkan pada seperempat ukuran dari panjang stik bagian badan pada posisi penampang sempit. Jadi posisi penempatannya adalah stik bagian badan (tebal stik es krim) ditempel pada stik bagian sayap (lebar stik es krim).

Kemudian setelah kedua stik menempel, biarkan beberapa saat hingga kering. Setelah benar-benar kering, Mums dan si Kecil bisa mulai mewarnai stik tersebut dengan berbagai warna sesuai selera Mums dan si Kecil. Pastikan si Kecil ikut mewarnai ya Mums, serta pastikan juga cat akrilik yang digunakan tidak mengenai bagian wajah atau masuk ke mulut si Kecil.

Setelah selesai diwarnai, langkah selanjutnya adalah menghias dan memberikan motif pada bagian sayap dan badan pesawat dengan alat tulis warna. Untuk lebih menarik, pastikan alat tulis yang digunakan memiliki warna yang cocok dengan warna pesawat stik es krim yang dibuat. Bisa dengan warna senada atau warna mencolok.

Pesawat selesai dibuat, kemudian berlanjut pada pembuatan bagian latar pesawat tersebut. Kertas dan kapas yang tadi sudah disiapkan, diatur sedemikian rupa sehingga kapas diletakkan secara acak di bagian kertas. Akan lebih menarik jika kertas yang digunakan memiliki warna biru seperti langit. Setelah selesai menempelkan kapas pada kertas, Mums dan si Kecil telah memiliki pesawat dan latar belakang langit yang indah.

Terakhir tinggal tempelkan pesawat tersebut pada sela-sela kapas yang ada di atas kertas sehingga menyerupai pesawat yang tengah terbang di awan. Voila! Jadilah pesawat mungil yang tengah mengarungi langit biru karya Mums dan si Kecil.

Manfaat Nyata

Manfaat nyata yang didapatkan dari kegiatan ini tentu adalah aktivitas kreatif yang dilakukan bersama si Kecil. Selain mengasah imajinasi si Kecil dan kemampuannya membuat barang dengan bahan yang ada, Mums juga telah memberikan stimulus pada perkembangan kemampuan koordinasi gerak tangan, pengendalian tenaga serta gerak matanya.

Manfaat yang tidak kalah penting tentu adalah meningkatnya kualitas hubungan Mums dan si Kecil karena telah menghabiskan waktu intim bersama. Quality time yang terjadi antara Mums dan si Kecil akan banyak berdampak baik pada tumbuh kembang fisik, kecerdasan serta mentalnya secara berkelanjutan.

Membuat pesawat dari stik es krim memang merupakan kegiatan sederhana, namun ternyata banyak manfaat yang bisa didapatkan. Untuk menunjang manfaat dan stimulus yang diberikan, Mums juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Bagaimana caranya? Dengan memberikan Friso Gold 4. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam sehingga ia tidak mudah sakit. Selain itu Mums juga dapat berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) melalui fitur live chat.