Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Membuat Pohon Silsilah Bersama si Kecil

Membuat Pohon Silsilah Bersama si Kecil

Kehadiran si Kecil di setiap acara keluarga tentu membuatnya semakin dekat dengan anggota keluarga yang lain. Setelah mengenal keluarga besarnya tersebut, saat ini ia pasti semakin bersemangat untuk mengetahui lebih dalam tentang mereka. Untuk itu, mari puaskan rasa ingin tahunya dengan menceritakan tentang hubungan keluarganya melalui pohon silsilah buatan Mum dan si Kecil.

Aktivitas Bersama si Kecil

  1. Siapkan gambar pohon silsilah yang bisa Mum ambil dan cetak gambar tersebut pada sehelai kertas A4 atau karton tebal, lalu gunting dengan mengikuti gambar.

    Cari foto masing-masing anggota dalam keluarga besar milik Mum dan Dad agar pohon buatan si Kecil menjadi lebih meriah. Usahakan untuk mengumpulkan semua foto masing-masing posisi di dalam keluarga besar, misalnya keponakan Mum, sepupu si Kecil, Nenek, Kakek, serta Om dan Tantenya. Agar lebih mudah, Mum bisa mengambil foto mereka dari Facebook atau akun social media yang lain.

  2. Cetaklah semua foto tersebut, lalu gunting masing-masing foto mengikuti pola yang tertera dalam pohon silsilah.

  3. Saat berkreasi, Mum dapat menggunakan Tidy Up Mat sebagai alas bagi si Kecil. Selain nyaman, Tidy Up Mat juga praktis untuk membereskan perlengkapannya setelah ia selesai bermain dan beraktivitas (lihat videonya di sini ).

  4. Setelah selesai menyiapkan pohon beserta dedaunannya, kini mari ajak si Kecil untuk mengelompokkan foto-foto pada dahan pohon sesuai dengan keluarganya masing-masing.

  5. Sambil menempel, jelaskan hubungan keluarga mereka dengan si Kecil secara sederhana, misalnya saat menempelkan tentang Kakek dan Nenek, Mum bisa bercerita seperti, “Ini Nenek kamu. Ia yang melahirkan dan membesarkan Mum. Hubungan Mum dan Nenek sama seperti hubungan Mum dan kamu.”

  6. Mum bisa menambah hiasan lain agar pohon silsilah keluarga lebih menarik, misalnya dengan menambahkan glitter atau pigura.Wah, pohon silsilah buatan Mum dan si Kecil pasti meriah sekali. Mari abadikan foto si Kecil bersama pohon keluarga buatannya itu. Setelah itu, bagikan foto tersebut kepada Mums lainnya melalui halaman Facebook kami di Friso Indonesia dan twitter @FrisoID dengan menggunakan hashtag  #FrisoMoments.


Info Pendukung Aktivitas

Sudah siap untuk berkreasi, Mum? Yuk, download gambar pohon silsilah berikut ini: Pohon Silsilah Keluarga si Kecil.

Untuk membuat pohon silsilah ini, Mum bisa menyiapkan:

  • Kertas A4 secukupnya
  • Karton atau kertas lain yang agak tebal
  • Gunting (untuk si Kecil, Mum sebaiknya menggunakan gunting khusus anak-anak yang aman baginya)
  • Lem atau double tape

Download Langkah Langkahnya

 

Download Kartu & Stiker


Manfaat Bagi Mum

Mengajak si Kecil membuat pohon silsilah bersama-sama merupakan salah satu cara yang menyenangkan untuk berbagi cerita tentang keluarga besarnya. Ini tentu menjadi momen indah dan tak terlupakan bagi Mom dan dirinya. Tak hanya itu, bercerita tentang masing-masing anggota keluarga juga dapat menjadi kesempatan bagi Mum untuk kembali mengenang pengalaman dan kisah berharga bersama mereka.

Manfaat Bagi si Kecil

Dengan membuat pohon silsilah, si Kecil dapat belajar dan mengenal lebih dalam masing-masing anggota keluarga yang dikenalnya. Kini, ia pun tahu bahwa selain Mum dan Dad, ada anggota keluarga lain yang sayang dan peduli padanya. Rasa bangga ini dapat menjadi modal utama untuk mempererat hubungan emosional serta memumpuk rasa keterikatan si Kecil dengan seluruh keluarga besarnya. Seperti yang diungkapkan oleh Toddlerhub.com, anak yang dekat dengan keluarganya cenderung tumbuh menjadi sosok yang percaya diri dan bahagia.

Info Gizi & Nutrisi

Berkreasi membuat pohon silsilah sambil mengenal anggota keluarga tentunya menjadi aktivitas yang menghibur dan menyenangkan bagi si Kecil. Agar ia dapat selalu beraktivitas dengan baik, diperlukan sistem daya tahan tubuh yang kuat untuk melindunginya dari berbagai penyakit. Mum, cobalah menambahkan menu makanan kaya vitamin E kepada si Kecil setiap harinya. Kandungan ini bermanfaat untuk menguatkan daya tahan tubuh si Kecil serta membantu melawan bakteri penyakit dan merawat kesehatan kulit dan matanya. Vitamin ini bisa Mum temukan pada makanan seperti telur, kacang almond, sayuran hijau bayam, buah kiwi, dan sereal.

Vitamin E juga bisa Mum temukan pada susu pertumbuhannya. Untuk itu, pastikan nutrisi dalam susunya dapat dicerna dengan mudah oleh si Kecil. Friso Gold 4 diproses menggunakan prinsip “Grass to Glass”. Proses produksi ini memastikan susu tidak diolah dengan pemanasan yang berlebih sehingga nutrisi yang terkandung di dalamya lebih mudah dicerna oleh si Kecil.