Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Membuat si Kecil Nyaman dengan Pijatan

Membuat si Kecil Nyaman dengan Pijatan

Mum, ternyata bukan hanya orang dewasa saja lho yang bisa merasa penat dan lelah sehabis beraktivitas. Setelah seharian sibuk menjelajahi dunia barunya, mari berikan pijatan yang nyaman bagi si Kecil pada waktu istirahat untuk mengurangi rasa letihnya.

Aktivitas Bersama si Kecil

Agar aktivitas ini semakin menyenangkan, Mum dapat mempersiapkan beberapa hal berikut ini :

  1. Pilihlah ruangan atau kamar yang sejuk dan tenang untuknya.
  2. Agar si Kecil semakin nyaman, Mum dapat menggunakan minyak oles seperti baby oil untuk menjaga kelembapan kulitnya, atau minyak telon yang dapat menghangatkan tubuhnya.
  3. Siapkan lagu-lagu berirama lembut agar suasana dapat terasa lebih nyaman.
  4. Sebelum mulai memijatnya, pastikan Mum sudah melepaskan aksesori dan mencuci tangan terlebih dahulu.

Sudah siap Mum? Ayo ikuti teknik-teknik sederhana berikut ini:

Bagian Kaki

Baringkan bayi dalam posisi telentang di atas tempat tidur atau alas yang empuk. Angkat kakinya secara perlahan, lalu pijat dengan lembut dari bagian pergelangan hingga pahanya. Ulangi gerakan ini 2-3 kali pada kedua kaki si Kecil secara bergantian.

  1. Lanjutkan pijatan pada betis dan paha si Kecil. Lakukan gerakan memilin sambil bergerak dari atas ke bawah. Siap-siap ya Mum, saat dipijat, si Kecil sesekali mungkin melakukan gerakan menendang.
  2. Setelah itu, mari mulai memijat telapak kaki si Kecil. Tekan bagian telapaknya dengan menggunakan jari Mum secara perlahan. Setelah itu, remas jari kakinya satu per satu dengan lembut.

Bagian Tangan dan Perut

  1. Mulai dengan gerakan meremas, dari pergelangan tangan sampai bahunya. Setelah itu, pijatlah masing-masing jari tangannya secara bergantian. Ulangi gerakan ini beberapa kali pada kedua tangannya.
  2. Pada bagian perut, letakkan kedua tangan Mum yang hangat di atasnya, sambil mengusap kulitnya dengan lembut dan perlahan. Hal ini akan membuat si Kecil merasa nyaman.
  3. Jika si Kecil sedang mengalami kembung atau kolik, cobalah untuk memijat perutnya. Mulai dari bagian kiri panggul, lalu pijat dengan lembut sambil bergerak ke atas dan berputar mengitari bagian perut si Kecil searah jarum jam. Hal ini akan membantu mengeluarkan gas berlebih di dalam perutnya . Satu hal yang perlu diperhatikan, sebaiknya Mum mengecek ke dokter terlebih dahulu penyebab kembungnya sebelum memijat si Kecil, karena perut yang kembung akibat penyumbatan usus tidak boleh dipijat sama sekali.

Bagian Wajah

Angkat kepala si Kecil dengan menggunakan kedua tangan Mum. Letakan kedua ibu jari di atas dahinya, lalu buat gerakan mengusap secara perlahan dari tengah ke samping kiri dan kanan. Setelah itu, lanjutkan pijatan dengan mengusap dari bagian tengah dahi si Kecil, lalu berlanjut ke hidung dan dagu. Satu hal yang perlu diperhatikan, hindari memijat kepala karena masih terdapat soft spot pada bagian belakang dan atas kepalanya.

Agar momen intim ini lebih berkesan, ajak Dad untuk ikut memijat si Kecil. Jangan lupa untuk mengabadikan ekspresi geli dan senyumnya yang menggemaskan itu ketika dipijat ya, Mum.

Info Pendukung Aktivitas

Sebagai referensi dalam melakukan kegiatan ini, Mum dapat mengikuti video tutorial berikut ini :

http://www.youtube.com/watch?v=XsUJHO4AUas#t=419

Manfaat Bagi Mum

Memijat dapat Mum gunakan untuk mengamati setiap pertumbuhan fisik si Kecil saat ini. Aktivitas bersama si Kecil dalam suasana yang intim dan nyaman juga menjadi sarana untuk berelaksasi dari kegiatan sehari-hari. Menurut situs Natural Parenting, ketika memijat, Mum dan si Kecil akan mengeluarkan hormon oxytocin. Hormon inilah yang akan memberikan rasa nyaman dan tenang sekaligus membantu mempererat ikatan emosional antara Mum dan si Kecil.

Manfaat Bagi si Kecil

Riset yang dilakukan Universitas Warwick di Inggris menemukan bahwa pijatan bisa membantu bayi di bawah 6 bulan untuk dapat tidur lebih lelap dan tidak mudah stress. Menurut Dr. Tiffany Field, direktur Touch Research Center dari Universitas Miami, pijatan juga dapat membuat si Kecil lebih aktif dan ceria. Kegiatan ini pun menjadi kesempatan baginya untuk lebih mengenal bagian-bagian tubuh yang dimilikinya.

Info Gizi & Nutrisi

Seiring dengan masa perkembangan sistem pencernaannya saat ini, si Kecil kemungkinan akan sering mengalami gangguan seperti kolik yang membuatnya menangis terus menerus. Dokter Sarah Audia Hasna, dokter umum dan konsultan laktasi dari Eka Hospital menyarankan untuk menenangkan si Kecil saat kolik dengan mendekapnya erat-erat sambil memberikan tekanan lembut pada perutnya. Pijatan pada perut juga dapat menenangkannya. Satu hal yang terpenting, pastikan si Kecil selalu mendapat asupan nutrisi yang tepat dari ASI yang Mum berikan untuk mendukung proses perkembangan sistem pencernaannya saat ini.