Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Yuk Penuhi Kebutuhan Vitamin C untuk Anak!

Memenuhi Kebutuhan Vitamin C untuk Anak setiap Hari, Begini Caranya

Memiliki daya tahan tubuh yang kuat, cepat pulih ketika mengalami luka luar, serta lebih kuat dalam menghadapi infeksi, semua ini menjadi semakin penting dalam kondisi new normal seperti sekarang. Virus yang senantiasa mengintai harus disikapi dengan tepat, agar si Kecil terus terjaga kondisi tubuhnya. Cara paling mudah untuk mewujudkan hal ini adalah menjaga asupan Vitamin C untuk anakselalu tercukupi.

Jadi artinya si Kecil harus senantiasa mengkonsumsi jeruk setiap hari? Tidak juga.

Buah jeruk memang populer sebagai salah satu buah yang memiliki kandungan Vitamin C cukup tinggi. Tapi faktanya, cukup banyak vitamin dan sayuran yang memiliki kandungan vitamin ini dan bisa jadi pilihan untuk disajikan setiap hari.

Pentingnya Vitamin C untuk Anak

Pentingnya Vitamin C untuk Anak

Asupan Vitamin C untuk anak memiliki beberapa poin penting untuk Mums ingat. Sedikit tadi sudah disinggung mengenai manfaatnya. Mari kita ulas satu per satu secara lebih mendalam.

Pertama adalah Vitamin C berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Jelas, vitamin ini menjadi salah satu unsur penting dalam penyusunan daya tahan tubuh, dan berkombinasi dengan nutrisi dan vitamin lainnya. Dengan asupan Vitamin C yang cukup setiap harinya, daya tahan tubuh si Kecil akan menjadi cukup kuat dan bisa menahan terpaan berbagai virus dan bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuhnya.

Kedua adalah membantu pemulihan luka luar. Dalam aktivitasnya, si Kecil terkadang terjatuh atau mengalami luka luar di kaki atau tangannya. Dengan asupan yang cukup, Vitamin C dapat membantu mempercepat pemulihan luka luar ini, dari mulai proses pengeringan luka hingga penyembuhan seutuhnya.

Terakhir, adalah untuk memberikan proteksi lebih kuat pada infeksi. Well, dengan daya tahan tubuh yang kuat dan kemampuan pemulihan luka yang baik, otomatis tubuh si Kecil tidak akan mudah mengalami infeksi. Jadi, luka atau penyakit apapun yang menjangkiti si Kecil bisa lebih cepat pulih, dan ia bisa beraktivitas kembali dengan normal.

Berapa Dosis yang Dibutuhkan Setiap Hari?

Berapa Dosis yang Dibutuhkan Setiap Hari?

Dosis yang direkomendasikan untuk setiap fase usia juga berbeda, karena tergantung dengan berat badan dan kebutuhan tubuh si Kecil. Idealnya, semakin bertambah usia si Kecil maka semakin tinggi pula kebutuhan Vitamin C yang harus dipenuhi setiap harinya.

Untuk usia si Kecil 1 sampai 3 tahun, kebutuhan Vitamin C hariannya adalah 15 miligram. Dosis ini bisa diberikan dari berbagai sumber, baik buah maupun sayuran. Pada usia 4 sampai 8 tahun, kebutuhannya meningkat menjadi 25 miligram, dan pada usia 9 tahun ke atas kebutuhan harian Vitamin C untuk anak adalah 45 miligram.

Tidak seperti kebanyakan nutrisi yang diperlukan si Kecil untuk tumbuh kembang yang bisa diproduksi di dalam tubuh, Vitamin C masuk ke dalam kelompok nutrisi yang tidak dapat diproduksi secara mandiri. Vitamin C wajib diberikan melalui sumber eksternal, baik dari makanan maupun minuman. Tentu akan sangat baik jika sumbernya adalah sumber alami, karena penyerapan yang terjadi akan menjadi lebih optimal.

Nah, Ini Rekomendasi Sumber Vitamin C untuk si Kecil

Nah, Ini Rekomendasi Sumber Vitamin C untuk si Kecil

Selain jeruk, banyak sumber alami yang bisa dijadikan opsi memenuhi kebutuhan Vitamin C untuk anak setiap hari. Apa saja sumbernya? Mums bisa cek di bawah ini.

Kiwi

Dengan rasa yang sangat menyegarkan, buah ini bisa jadi satu opsi memenuhi kebutuhan Vitamin C setiap hari. Setidaknya, porsi 70 gram kiwi mengandung Vitamin C sebanyak 65 miligram. Belum lagi kandungan Serat, Vitamin E, Protein, dan Kalsium yang ada di dalamnya.

Brokoli

Sayuran yang mungkin tidak cukup populer di kalangan anak-anak ini mengandung setidaknya 90 miligram Vitamin C dalam setiap 100 gramnya. Masih dilengkapi dengan Protein, Fosfor, Kalium, dan Vitamin A, sayuran ini sebenarnya sangat baik untuk si Kecil. Kreasikan dengan menarik agar si Kecil mau memakannya ya!

Pepaya

Selain mengandung Vitamin C yang cukup tinggi, pepaya juga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi si Kecil karena dapat membantu melancarkan pencernaan. Teksturnya yang cenderung halus mudah dicerna oleh tubuh si Kecil, sehingga penyerapan nutrisi bisa berjalan lebih baik. Pepaya juga mengandung Vitamin A lho Mums, jadi bisa sekaligus memberikan nutrisi untuk kesehatan mata.

Bayam

Identik dengan salah satu tokoh kartun lawas, sayuran berwarna hijau ini juga memiliki kandungan Vitamin C untuk anak yang cukup banyak. Dalam setiap 100 gram bayam, terkandung sebanyak 30 miligram Vitamin C. Bayam juga memiliki banyak khasiat lain, seperti menstabilkan tekanan darah, baik untuk pencernaan si kecil, dan dapat menjaga kesehatan mata.

Baca Juga : Jaga Daya Tahan Tubuh dengan Vitamin Anak, Ini Cara Lainnya!

Mencukupi kebutuhan Vitamin C untuk anak sebenarnya bukan hal yang sulit dilakukan. Berbagai buah dan sayuran bisa jadi alternatif yang sangat mudah diolah, sehingga asupan Vitamin C setiap hari bisa tetap terpenuhi. Untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian si Kecil, Mums juga dapat menambahkan Friso Gold 4 sebagai pelengkapnya. Friso dengan kandungan nutrisi lengkap dan teknologi Locknutri, kualitas nutrisi alami akan senantiasa terjaga, sehingga mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Semoga artikel ini bermanfaat, dan semoga si Kecil terus sehat dan bersemangat!