Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Memilih Mainan Anak-Anak untuk si Kecil, Ini Poin Pentingnya

Memilih Mainan Anak-Anak untuk si Kecil, Ini Poin Pentingnya

Masa anak-anak jadi masa penting untuk tumbuh kembang seorang manusia. Setiap dasar kemampuan yang dimilikinya di usia dewasa berawal dari sini. Tentu, untuk mendukung agar tumbuh kembangnya optimal, Mums wajib memberikan mainan anak-anak. Apapun bentuknya, mainan anak ini dapat memberikan rangsangan yang baik pada tumbuh kembangnya.

Mulai dari kemampuan motorik si Kecil, kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi, hingga kemampuan membaca, menulis, dan berhitung, semua bisa dirangsang dengan mainan yang tepat. Bukan berarti mainan yang tepat harus memiliki harga yang tinggi. Selama Mums bisa mendampingi si Kecil dalam proses bermain, bahkan mainan anak-anak dengan harga terjangkau bisa memiliki nilai yang tinggi.

Anak-Anak dan Mainan

Anak-Anak dan Mainan

Anak-anak dan mainan mungkin adalah dua hal yang tidak mungkin dipisahkan. Pasalnya, secara alami si Kecil memiliki ketertarikan pada benda yang berwarna cerah, berbunyi, atau dapat memberikan respon ketika disentuh. Jika Mums kurang percaya pada pernyataan ini, coba saja ajak si Kecil ke toko mainan. Dalam waktu singkat ia akan menunjuk beberapa mainan yang menarik perhatiannya.

Ketika si Kecil sudah memegang mainan, secara langsung ia akan mengeksplorasinya. Mainan anak-anak cenderung memiliki karakter yang disebutkan di atas, seperti berwarna cerah, mengeluarkan bunyi, atau memberikan respon ketika disentuh. Naluri alaminya akan bekerja dengan sendirinya, dan disanalah proses rangsangan terjadi.

Tentu akan semakin optimal jika Mums mendampingi dan menemaninya bermain, sehingga rangsangan yang didapatkan si Kecil semakin optimal. Bermain bersama juga jadi cara yang sangat efektif untuk mempererat hubungan Mums dan si Kecil secara psikis.

Rekomendasi Mainan Anak-Anak untuk si Kecil

Rekomendasi Mainan Anak-Anak untuk si Kecil

Ada beberapa jenis mainan anak yang bisa Mums berikan pada si Kecil. Walaupun pada dasarnya setiap jenis mainan memiliki nilai edukasi tersendiri, namun dianjurkan untuk memilih mainan yang tepat untuk merangsang secara spesifik kemampuan dasarnya.

Balok Susun

Mainan yang mungkin terbilang kuno ini nyatanya masih memberikan manfaat yang cukup besar bagi tumbuh kembang si Kecil. Tidak memiliki aturan khusus dalam bermain, si Kecil bisa berkreasi sesuka hatinya. Selain mengasah kreativitas, mainan anak yang satu ini juga akan membantu si Kecil mengenal konsep keseimbangan bidang.

Bermain Peran

Baik sebagai dokter, sebagai guru, atau sebagai masinis, semua bisa dilakukan sebagai permainan anak-anak yang sangat edukatif. Si Kecil bisa belajar peran dan tanggung jawab setiap profesi yang ada, sekaligus melatih kemampuan berkomunikasi yang dimilikinya. Bermain peran juga dapat melatih mental si Kecil agar menjadi pemberani.

Alat Musik

Musik bahkan direkomendasikan sejak si Kecil masih berada di dalam kandungan. Berbagai efek yang bisa ditimbulkan benar-benar berdampak baik bagi si Kecil, sehingga memberikan mainan berupa alat musik mini bisa jadi pilihan yang bagus. Dengan mainan anak-anak ini Mums dapat mengenalkan nada dan bunyi-bunyian yang dihasilkan berbagai alat musik.

Kartu Mainan Edukasi

Menjadi media yang baik untuk mengenalkan kosakata baru pada si Kecil, kartu mainan edukasi bisa Mums gunakan sebagai mainan anak secara rutin. Dengan menunjukkan gambar yang ada pada kartu dan menyebutkan namanya, perlahan si Kecil akan mudah mengenali benda-benda dan terlatih untuk membaca kata-kata sederhana yang ada di dalam kartu tersebut.

Busy Board

Mainan anak yang satu ini sangat baik dalam melatih kemampuan motorik si Kecil. Mums bisa membeli atau membuatnya sendiri. Konsep dasarnya adalah sebuah papan dengan berbagai benda yang bisa digerakkan. Misalnya, kunci pintu, grendel, tali sepatu dan lubangnya, ring berisi kancing yang bisa dipindahkan, dan lain sebagainya. Meski nampak sederhana, busy board bisa membantu si Kecil memiliki kemampuan motorik halus yang baik.

Memilih Mainan Anak yang Tepat

Memilih Mainan Anak yang Tepat

Dalam memilih mainan anak yang tepat untuk si Kecil, sebenarnya pertimbangan yang diperlukan cukup sederhana.

Pertama adalah pastikan mainan yang diberikan sesuai usia si Kecil. Setiap fase tumbuh kembang memiliki mainan spesifik yang dapat mengoptimalkan fase tersebut. Ada baiknya Mums bertanya pada dokter anak untuk hal ini, agar mendapat rekomendasi yang tepat.

Kedua adalah pastikan mainan yang diberikan membuat si Kecil bergerak aktif, baik secara makro atau mikro. Artinya, ketika bermain si Kecil tidak hanya jadi subjek pasif yang menikmati gerakan atau aksi dari mainan, namun juga berinteraksi dengan mainan tersebut. Bantu ia dengan mendampingi dan bermain bersama.

Ketiga, berikan mainan yang jelas aman dan minim resiko. Baik dari segi bahan pembuat mainan atau bentuk dan kandungan mainan itu sendiri, harus dipastikan aman dan minim resiko. Cukup sederhana, hanya perlu sedikit cermat dalam memilih mainan anak yang diinginkan.

Baca Juga: Membuat Keluarga Mainan bersama Si Kecil

Well, itu tadi beberapa hal terkait mainan anak yang semoga bisa menjadi insight baru untuk Mums. Mainan anak-anak pada kenyataannya tetap memberikan manfaat baik bagi tumbuh kembang si Kecil, apapun bentuknya. Untuk mengoptimalkan rangsangan yang diterima si Kecil dari mainan-mainan tersebut, pastikan asupan nutrisi hariannya tercukupi. Dengan makanan bergizi dan Friso Gold 4, kecukupan nutrisi harian bisa diusahakan. Friso dilengkapi juga dengan teknologi Locknutri, kualitas nutrisi alami di dalam Friso Gold 4 akan terjaga sehingga mudah diserap oleh tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Berikan yang terbaik untuknya, dan lihat ia tumbuh dengan optimal!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang