Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Memilih Nama untuk si Kecil

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Mari memulai proses pemilihan nama untuk si Kecil :

  1. Sebagai persiapan, mulailah berdiskusi dengan Dad. Cobalah membuat kriteria untuk nama si Kecil nantinya.
  2. Ketika memilih nama, ada beberapa pertimbangan yang harus Mum dan Dad pikirkan selama proses pemilihan nama ini. Selain faktor keunikan dan punya arti yang spesial, orangtua juga harus mempertimbangkan faktor lainnya seperti inisial dan nama panggilan.
  3. Pastikan juga nama-nama yang dipilih Mum memiliki kesan yang kuat dan positif. Menurut psikolog asal Australia, Sally-Anne McCormack, nama memiliki pengaruh yang kuat dalam membentuk penilaian awal terhadap seseorang.
  4. Jika Mum sudah mendapatkan alternatif nama untuk si Kecil nanti, ayo ajak keluarga besar untuk berdiskusi bersama. Dengan begitu, Mum bisa mendapatkan masukan dari sudut pandang yang berbeda, misalnya dari faktor silsilah dan tradisi keluarga.
  5. Acara kumpul keluarga ini tentunya menjadi momen yang berkesan dan indah. Karena itu, jangan lupa untuk mengabadikan saat-saat yang istimewa ini. Nantinya, Mum dapat menunjukkan rekaman tersebut pada si Kecil. Wah, ia pasti semakin menghargai nama yang diberikan kepadanya.
  6. Sudah menemukan nama untuknya? Ayo ceritakanlah kepadanya tentang nama barunya tersebut sambil mengusap-usap perut dengan penuh cinta. Rasakan sensasi ketika si Kecil bergerak, sebagai bentuk sapaan untuk Mum. Hal ini tentu membuat Mum semakin bersemangat dalam menjalani masa kehamilan.

Info Pendukung Aktivitas

Sebagai bahan pertimbangan, Mum bisa melihat daftar dan arti nama dalam situs berikut ini www.babynology.com/top-indonesianbabynames

Manfaat Bagi Mum

Berbicara dengan si Kecil ketika masih di dalam kandungan dapat menjadi salah satu kegiatan rutin yang bisa dilakukan Mum selama masa kehamilan. Walaupun si Kecil belum mengerti isi pembicaraan, namun ia sudah dapat mendengar suara Mum dengan baik.Seperti yang dikutip dari WebMD.com, penelitian menemukan bahwa si Kecil sudah bisa mendengar suara sejak 5 bulan di dalam kandungan. Karenanya, aktivitas ini dapat mempererat hubungan emosional antara Mum dan si Kecil. Ajak juga Dad untuk meluangkan waktu berbicara dengan si Kecil. Menurut Profesor Robert Abrams, PhD dari Departemen Obstetri Ginekologi di University of Florida, suara laki-laki yang memiliki frekuensi lebih rendah lebih jelas didengar oleh si Kecil ketika berada di dalam kandungan.

Info Kesehatan

Sembari memikirkan nama yang cocok untuk si Kecil, ingatlah untuk selalu menjaga kondisi tubuh yah, Mum. Santapan yang mengandung zat besi seperti bayam, kacang merah, daging sapi, dan juga tomat bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi gejala mudah letih selama masa kehamilan. Kandungan beta carotene dan vitamin C yang terdapat pada brokoli juga bagus untuk menjaga kebugaran tubuh Mum. Selain itu, pastikan juga Mum tetap meminum susu untuk ibu hamil dengan kandungan zat besi dan kalsium agar daya tahan tubuh tetap terjaga.