Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Memperkenalkan Si Kecil Berhitung & Aktivitas Outdoor

Memperkenalkan Si Kecil Berhitung & Aktivitas Outdoor

Usia 25-30 bulan merupakan saat yang tepat untuk mulai mengajarkan si Kecil berhitung. Ajaklah ia untuk belajar sambil melakukan hal yang menyenangkan, seperti berjalan menyamping menyerupai kepiting sambil menghitung langkahnya. Mum juga bisa menjadikan binatang laut lain sebagai contoh, misalnya menghitung delapan lengan gurita. Siapkan kamera video untuk merekam ekspresi dan gerakan lucunya saat ia mencoba jalan kepiting.

Agar suasana bermain lebih terasa, lakukanlah kegiatan tersebut di luar ruangan, seperti di halaman rumah atau taman. Namun ingatlah bahwa saat bermain di luar, si Kecil bisa terkena kuman dan kotoran. Dalam sebuah artikel berjudul Your Child’s Enviromental Health, dipaparkan bahwa anak-anak lebih rentan sakit dibandingkan orang dewasa saat terkontaminasi kotoran. Oleh karena itu, daya tahan tubuh alamiah yang kuat harus dimiliki oleh si Kecil untuk mengurangi risiko tersebut.

Saat bermain, Mum juga harus ikut melakukan jalan kepiting bersama dan terus mendampingi si Kecil. Dengan begitu, ibu pun dapat merasakan kegembiraan dan serunya bermain bersamanya. Menurut Anne Carrington, dosen fakultas pendidikan di University of South Australia, saat bermain jangan lupa untuk menjelaskan pada si Kecil makna dari setiap permainan. Ini akan membuat rasa penasaran si Kecil semakin besar hingga membuatnya lebih cerdas.

Aktivitas banyak bergerak ini pun dapat membuat otot-otot serta koordinasi tubuh si Kecil semakin terlatih. Ini penting untuk dicapai pada anak seusianya. Selain itu, si Kecil juga belajar berimajinasi lewat pilihan binatang laut yang dimainkan.