Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Mempersiapkan Perlengkapan Untuk Proses Kelahiran

Mempersiapkan Perlengkapan Untuk Proses Kelahiran

Tak terasa, momen yang dinanti-nanti hampir tiba! Sudah saatnya Mum mempersiapkan diri untuk menghadapi proses persalinan si Kecil nanti. Kira-kira barang apa sajakah yang harus dipersiapkan Mum untuk momen penting ini?

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Sebagai persiapan, Mum bisa menyediakan 2 buah tas yang akan dibawa ke rumah sakit. Satu untuk perlengkapan ketika melahirkan, sedangkan yang lain digunakan setelah paska persalinan. Ada baiknya keduanya sudah dipersiapkan di saat memasuki bulan ke-8 masa kehamilan.

Expect the unexpected, karena persalinan seringkali menghadirkan kejutan di luar rencana. Namun, persiapan yang matang akan membantu Mum dalam menghadapi kemungkinan yang ada. Berikut adalah daftar perlengkapan yang bisa disiapkan oleh Mum nanti :

Tas 1 : Untuk Perlengkapan Saat Kelahiran

  1. Surat-surat dan dokumen penting serta daftar nomor telepon yang bisa dihubungi.
  2. Pakaian ganti seperti daster dan t-shirt berbahan tipis agar Mum tidak gerah nantinya.
  3. Sandal dan kaus kaki untuk menjaga kehangatan kaki Mum di rumah sakit nanti.
  4. Snack dan botol minum supaya perut Mum tetap terisi.
  5. Mum juga dapat membawa buku bacaan serta MP3 player untuk menghindari kebosanan dan mengalihkan rasa sakit.

Tas 2: Perlengkapan Setelah Mum Melahirkan

  1. Nursing bra serta nipple cream untuk proses menyusui si Kecil nanti.
  2. Breast Pads yang akan berguna dalam melindungi kebocoran ASI.
  3. T-shirt atau daster yang memiliki kancing di depan untuk memudahkan Mum ketika menyusui
  4. Pakaian ganti untuk pulang nanti. Pastikan Mum membawa pakaian yang longgar dan nyaman yah, karena sementara ini celana jeans milik Mum sepertinya tidak bisa dipakai. Seperti yang dikemukakan Dr. Marjorie Greenfield, penulis buku The Working Woman's Pregnancy Book, setelah melahirkan, ukuran rahim ibu masih akan sebesar ketika 5 bulan mengandung.
  5. Untuk si Kecil, sediakanlah popok serta perlengkapan bayi seperti bedak dan tisu basah.
  6. Selain membawa baju dan selimut untuknya, siapkan juga kaus tangan untuk melindungi kulit dari garukan si Kecil.

Aktivitas ini selalu menjadi saat-saat yang menyenangkan bagi Mum. Libatkanlah juga Dad dan anggota keluarga lain dalam persiapan ini. Satu lagi yang tidak kalah penting, jangan lupa mengabadikan proses persiapan perlengkapan ini sebagai tanda kenangan atas perjalanan motherhood yang mengagumkan.

Info Pendukung Aktivitas

Sebagai pelengkap, Mum bisa mengunjungi situs-situs berikut ini agar persiapan ini menjadi semakin maksimal:

American Pregnancy Association – Packing for Hospital or Birth Center
(www.americanpregnancy.org/planningandpreparing/packinglist.htm)

BabyCentre – What to Pack in your Hospital Bag 
(www.babycentre.co.uk/what-to-pack-in-your-hospital-bag)

Manfaat Bagi Mum

Dengan mempersiapkan perlengkapan dari jauh-jauh hari, maka Mum tentunya akan lebih siap dan tenang dalam menghadapi proses persalinan nanti. Untuk menghindari kondisi panik di saat-saat penting tersebut, Mum juga bisa mengajak Dad dan anggota keluarga lainnya dalam aktivitas ini, sehingga mereka pun juga mengetahui tempat penyimpanan tas perlengkapan itu nantinya.

Info Kesehatan

Saat ini, rasa antusiasme Mum tentu sedang tinggi-tingginya. Namun, jangan sampai lupa menjaga kondisi tubuh yah, Mum. Untuk memenuhi kebutuhan perkembangan si Kecil, volume darah bertambah sekitar 40-50 persen. Hal ini juga diikuti dengan perkembangan rahim yang terus mendorong diafragma. Inilah yang menyebabkan Mum mengalami sesak napas. Untuk meringankan gejala tersebut, duduklah sejenak dengan posisi tegak agar paru-paru diberikan ruang untuk mendapatkan oksigen yang cukup. Selain itu, pastikan Mum tetap mendapat asupan nutrisi yang cukup dari susu khusus ibu hamil agar kesehatan Mum dan si Kecil tetap terjaga.