Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Menaklukkan Gunung di Rumah Bersama Dad

Menaklukkan Gunung di Rumah Bersama Dad

Wah, lincahnya si Kecil. Dia sudah bisa berlari ke sana dan ke mari serta naik turun tangga tanpa ragu-ragu lagi. Oleh karena itu, inilah saat tepat bagi Dad untuk mengasah perkembangan fisiknya itu.Yuk, rencanakan aksi penjelajahan seru di dalam rumah bersamanya. Mum dan Dad hanya perlu mendaftar sebagai member Friso Moments!

Wah, lincahnya si Kecil. Dia sudah bisa berlari ke sana dan ke mari serta naik turun tangga tanpa ragu-ragu lagi. Oleh karena itu, inilah saat tepat bagi Dad untuk mengasah perkembangan fisiknya itu.Yuk, rencanakan aksi penjelajahan seru di dalam rumah bersamanya. Mum dan Dad hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Aktivitas Bersama si Kecil

  1. “Naik-naik ke puncak gunung, tinggi-tinggi sekali...” Si Kecil tentu sudah hafal lagu yang satu ini, ya. Nah, sebagai persiapan sebelum menjelajah, Dad bisa membuat kebiasan rutin setiap harinya dengan mengajak si Kecil naik turun tangga sambil menyanyikan lagu tersebut.
  2. Setelah 1-2 minggu latihan, sekarang mari kejutkan si Kecil dengan hadiah istimewa di atas sana. Ayo, buat tenda sederhana di ruangan atas dengan menggunakan kursi dan selimut. Cara membuatnya bisa Mum dan Dad lihat di bagian Info Pendukung Aktivitas.
  3. Kini, ayo ajak si Kecil kembali menaiki tangga seperti biasa. 1..2..3... Surprise! Wah, si Kecil tentu melonjak kegirangan saat melihat hadiah untuknya di lantai atas. Jangan lupa abadikan ekspresi senangnya itu ya, Mum!
  4. Kini, saatnya Dad dan si Kecil bersenang-senang di dalam tenda. Buat rangkaian acara yang seru di dalamnya ketika malam tiba nanti, misalnya Dad dapat membacakan buku cerita untuknya atau bermain dengan mainan dan boneka-boneka hewannya di dalam sana. Jika memungkinkan, Dad juga bisa menemaninya tidur dan bermalam bersama si Kecil dalam tenda buatannya itu.
  5. Sambil bermain nanti, abadikan aksi penjelajahan si Kecil bersama Dad dalam bentuk foto atau video, ya. Kemudian, bagikan keseruan ini kepada Friso Mums lainnya lewat halaman Facebook kami di Friso Indonesia dan twitter @FrisoID dengan hashtag #FrisoMoments.

Info Pendukung Aktivitas

Untuk membuat tenda sederhana, Mum dan Dad bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Perlengkapan yang dibutuhkan

  • Ruangan yang cukup besar
  • 6 buah kursi besar (pastikan memakai kursi yang kuat agar tidak mudah jatuh)
  • 4 buah selimut kecil
  • Peniti atau jepit jemuran
  • Karet gelang atau tali
  • Kasur tidur kecil dan bantal
  • Perlengkapan lainnya, seperti lampu tidur, mainan dan boneka si Kecil dan buku bacaannya

Cara Membuat:

  1. Taruh kasur tidur kecil di tengah ruangan yang sudah disiapkan
  2. Susun 6 buah kursi mengitari kasur (misalnya, 2 kursi di kiri, 2 buah di kanan, dan 2 lagi di belakang).
  3. Satukan selimut kecil tersebut dengan paperclip atau jepit jemuran, lalu bentangkan di atas kursi.
  4. Agar tenda tidak mudah jatuh, ikat ujung selimut yang berdekatan dengan bagian-bagian sudut di atas kursi.
  5. Setelah tendanya jadi, kini Mum dan Dad bisa menghias isinya dengan berbagai mainan, lampu tidur, dan semacamnya.

Sebagai panduan, inilah lirik lagu Naik-naik ke Puncak Gunung yang bisa Dad ajarkan untuk si Kecil nanti:

Naik - naik, ke puncak gunung tinggi - tinggi sekali (2x)

Kiri - kanan kulihat saja banyak pohon cemara (2x)

Manfaat Bagi Mum & Dad

Mum, nikmatilah sensasi seru dan kebahagiaan yang tak terhingga saat diam-diam menyiapkan kejutan istimewa untuk si Kecil. Persiapan tenda dan dekorasi indah yang dilakukan dalam waktu singkat ini tentu juga menjadi kesempatan yang baik untuk kembali mengeluarkan daya kreativitas milik Mum. Setelah bersusah payah merancang kejutan ini, rasanya tidak ada yang lebih bahagia ketimbang lompatan gembira dan ceria si Kecil saat melihat tenda buatan Mum nanti, ya.

Sementara itu untuk Dad, menemani si Kecil berlatih naik turun tangga juga dapat dimanfaatkan untuk kembali berolahraga sambil membakar kalori. Meluangkan waktu bersama Mum dan si Kecil juga akan membuat Dad semakin memahami arti kehadirannya di tengah keluarga tercinta.

Manfaat Bagi si Kecil

Bermain naik turun tangga bersama Dad merupakan salah satu cara yang menyenangkan untuk membiasakan si Kecil berolahraga. Tak hanya itu, dengan bernyanyi sambil menaiki tangga, si Kecil juga bisa mengasah daya ingatan serta kemampuan berbahasanya. Satu lagi yang tak kalah penting, kejutan spesial dari Mum dan Dad ini tentu membuatnya merasa sebagai anak yang paling berbahagia di dunia! Hal tersebut akan ikut menumbuhkan rasa percaya diri dan kecintaannya akan keluarga.

Info Gizi & Nutrisi

Membiasakan si Kecil untuk bergerak aktif lewat permainan seru seperti ini memiliki banyak manfaat baik baginya. Dia dapat melatih daya motorik, sosial dan emosional, kognitif, serta kemampuan bahasanya. Untuk mendukung perkembangannya itu, pastikan si Kecil mendapatkan asupan gizi lengkap dan seimbang dari menu makannya sehari-hari. Di usianya saat ini, biasanya si Kecil membutuhkan 1000 kalori/hari (tergantung dari aktivitasnya) yang bisa Mum bagikan dalam 3 kali menu makan dan 2 kali snack. Apa saja sumber kalorinya itu, Mum? Seperti yang dikutip dari Babycenter.com, Mum bisa menambahkan makanan seperti gandum, sayuran, buah-buahan, dan daging.

Susu pertumbuhannya juga merupakan sumber kalori yang baik bagi si Kecil. Tapi, agar nutrisi di dalamnya bisa diserap dengan optimal olehnya, pastikan susunya sudah melewati proses produksi yang tidak menggunakan pemanasan berlebih, ya. Friso Gold 3 mengunakan proses Grass to Glass dalam produksinya. Hal tersebut menjamin susu tidak melewati pemanasan berlebih, sehingga kandungan di dalamnya tetap terjaga baik serta mudah diserap oleh si Kecil. Dengan begitu, dia pun jadi bisa terus beraktivitas dengan penuh semangat!