Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Mencukupi-Kebutuhan-Zat-Besi-si-Kecil-Apa-Urgensinya.jpg

Mencukupi Kebutuhan Zat Besi si Kecil, Apa Urgensinya?

Mendukung tumbuh kembang anak dan mengoptimalkannya, adalah tugas Mums sebagai orang tua dari si Kecil. Selain memberikan rangsangan yang intensif, Mums juga harus mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Salah satu nutrisi yang cukup penting dalam proses tumbuh kembang si Kecil adalah Zat Besi. Memang ketika bayi, si Kecil bisa mendapatkan Zat Besi yang cukup dari ASI, tapi bagaimana jika ia sudah bertambah usianya?

Secara umum sebenarnya Zat Besi dapat berperan besar dalam proses tumbuh kembang si Kecil. Idealnya, ketika nutrisi yang satu ini dapat dipenuhi, maka si Kecil tidak akan mengalami masalah pertumbuhan. Ketika kekurangan Iron, maka ia juga akan kekurangan sel darah merah, yang perannya adalah mengedarkan nutrisi ke seluruh tubuh. Bisa dibayangkan tentu dampak yang akan muncul akibat hal ini.

Melihat hal tersebut, Mums wajib paham apa manfaat Zat Besi secara lebih detail. Sederhana, tujuannya agar Mums memahami urgensi mencukupi nutrisi yang satu ini setiap hari, serta memberikan asupan yang tepat.

Manfaat Zat Besi untuk Tumbuh Kembang si Kecil

Mencukupi-Kebutuhan-Zat-Besi-si-Kecil-Apa-Urgensinya.jpg

Secara ideal memberikan makanan yang bernutrisi serta bervariasi wajib diberikan untuk anak-anak ketika masa pertumbuhan. Pasalnya, tubuh si Kecil akan memerlukan sangat banyak energi dan nutrisi untuk terus tumbuh optimal. Jika tidak didukung dengan pemenuhan asupan nutrisi, tumbuh kembangnya tentu takkan berjalan optimal.

Zat besi sendiri memiliki fungsi dan manfaat yang cukup besar untuk proses ini. Setidaknya ada 3 manfaat yang bisa diberikan nutrisi tersebut. Diantaranya :

  • Memiliki peran penting dalam fungsi kognitif si Kecil pada masa pertumbuhannya.
  • Membantu menjaga daya tahan tubuh si Kecil sehingga tidak mudah terserang infeksi virus atau bakteri yang memicu munculnya penyakit.
  • Memproduksi sel darah merah di dalam tubuh, yang berperan untuk mengedarkan nutrisi ke seluruh bagian tubuh dan menjaga fungsi organ dalam si Kecil.

Jika dilihat, manfaat yang diberikan ternyata sangat penting dan krusial. Ini mengapa, dalam artikel ini khususnya, sangat ditekankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut setiap hari. Lalu untuk sumber makanannya sendiri, apakah ada rekomendasi yang bisa dijadikan acuan?

Rekomendasi Makanan Alami Kaya Nutrisi

Mencukupi-Kebutuhan-Zat-Besi-si-Kecil-Apa-Urgensinya.jpg

Mungkin untuk jenis makanan yang mengandung zat nutrisi yang satu ini, Mums sudah memberikannya secara rutin namun belum menyadarinya. Ya, makanan sehari-hari seperti daging merah, telur, dan ikan nyatanya merupakan sumber Zat Besi yang direkomendasikan untuk anak-anak.

Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi yang ada di dalam daging merah, telur, dan ikan juga terbilang sangat banyak. Mulai dari berbagai vitamin dan mineral, Omega 3 yang baik untuk perkembangan otak, Protein, dan masih banyak lagi nutrisi yang juga diperlukan oleh tubuh si Kecil dalam fase tumbuh kembang. Jadi jika bisa memenuhi kebutuhan Zat Besi sekaligus nutrisi lain dengan memberikan makanan tersebut, justru akan memudahkan upaya Mums bukan?

Jika berbicara makanan, sebenarnya banyak lagi makanan lain yang juga memiliki kandungan Zat Besi. Namun demikian, setiap makanan memiliki kadar kandungan yang berbeda dan memiliki kandungan nutrisi dominan. Untuk daging merah, telur, dan ikan merupakan bahan makanan yang mengandung kadar Zat Besi cukup tinggi. Jadi lebih direkomendasikan sebagai sumber nutrisi ini untuk diberikan pada anak-anak.

Bagaimana Jika si Kecil Tetap Kekurangan Zat Besi?

Mencukupi-Kebutuhan-Zat-Besi-si-Kecil-Apa-Urgensinya.jpg

Ketika berbagai makanan sudah diberikan namun si Kecil tetap kekurangan asupan nutrisi ini, maka Mums bisa berkonsultasi dengan dokter anak kepercayaan Mums. Biasanya, dokter akan memberikan diet recommendation untuk si Kecil sehingga mendapatkan asupan makanan yang lebih tepat.

Pilihan atau opsi lain adalah memberikan suplemen yang mengandung nutrisi ini. Sebenarnya opsi ini tidak terlalu direkomendasikan jika Mums belum berkonsultasi dengan dokter anak, sebab reaksi tubuh si Kecil bisa saja berbeda dengan harapan Mums. Jadi pastikan selalu berkoordinasi dengan dokter, untuk memberikan yang terbaik untuk si Kecil.

Untuk membantu si Kecil mendapatkan asupan nutrisi yang lebih baik dna mencukupi kebutuhan hariannya, Mums dapat juga menambahkan susu pertumbuhan dalam menu makannya setiap hari. Susu pertumbuhan merupakan susu yang memang diformulasikan untuk membantu Mums memenuhi kebutuhan nutrisi harian, dan membantu asupan nutrisi yang didapat dari makanan setiap hari.

Baca Juga : Keamanan Makanan, Tanggung Jawab Orangtua

Langkah paling sederhana untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil memang adalah memiliki menu dan jadwal makan yang baik. Dengan begini, Mums dapat mengatur asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh si Kecil beserta jumlahnya. Mums dapat meminta rekomendasi dokter untuk hal ini, sehingga dapat disesuaikan dengan kondisi tubuh si Kecil.

Memenuhi kebutuhan Zat Besi memang bukan hal yang sulit, namun memerlukan kecermatan yang tinggi. Nah, untuk membantu Mums memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil, Mums dapat memilih Friso Gold 4 sebagai susu pertumbuhan yang diberikan. Bukan tanpa sebab, namun Friso Gold 4 memiliki nutrisi yang diperlukan si Kecil untuk tumbuh dan berkembang dengan optimal. Friso dengan teknologi Locknutri, kualitas nutrisi alami akan senantiasa terjaga, sehingga mudah dicerna oleh tubuh si Kecil dan ia mendapatkan nutrisi terbaik dari alam dalam setiap gelas susunya.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang