Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Mendampingi Anak Bermain Di Halaman Belakang

Mendampingi Anak Bermain Di Halaman Belakang

Naluri alami dari anak-anak adalah bermain, mungkin itu satu hal yang tidak bisa dibantah oleh orang tua manapun. Namun, di era new normal seperti sekarang ini, bermain ke luar rumah juga bukan hal yang bijak untuk dilakukan. Meningkatnya resiko kesehatan ketika si Kecil bermain di luar rumah, apalagi di lingkungan umum, akan jadi hal yang sangat buruk. Saat inilah Mums wajib cermat, agar anak beriman tetap dalam kondisi aman tapi bisa memenuhi kebutuhannya.

Mencarikan alternatif anak bermain di rumah tanpa merasakan bosan adalah tantangan baru yang harus dihadapi. Kegiatan sehari-hari yang monoton, ruang gerak yang terbatas, serta suasana hati yang sering berubah, membuat si Kecil menjadi rewel atau sering menangis. Rasa bosan akan berdampak buruk pada si Kecil, karena ia belum mengetahui cara yang tepat untuk mengalihkan pikiran atau mengembalikan mood.

Sebagai orang tua, Mums bisa mencoba beberapa alternatif kegiatan di rumah berikut ini. Selain bisa memenuhi kebutuhan anak bermain, kegiatan ini juga tetap mempertimbangkan protokol kesehatan sehingga si Kecil tetap aman saat bermain.

Manfaatkan Halaman Rumah

Manfaatkan Halaman Rumah

Kegiatan di luar rumah sebenarnya bukan hanya hal biasa untuk anak-anak, tapi juga memiliki dampak positif dan urgensi tertentu. Ketika berada di luar rumah, si Kecil akan mengenal lingkungan, merasakan nuansa berbeda, serta tubuhnya bisa berinteraksi dengan berbagai hal baru. Aktivitas di luar rumah bisa membantu si Kecil memiliki daya tahan tubuh yang baik, serta suasana hati yang stabil.

Karena era new normal seperti sekarang ini, meminimalisir kegiatan di luar rumah jadi rekomendasi utama. Untuk tetap mengajak si Kecil beraktivitas di luar rumah Mums bisa memanfaatkan halam belakang. Aktivitas di halaman belakang selama beberapa menit di pagi dan sore hari bisa memberikan efek yang serupa dengan bermain di taman. Tapi ingat ya Mums, tetap jaga kebersihan dan ajarkan si Kecil rajin mencuci tangan dengan benar.

Halang Rintang Di Rumah

Halang Rintang Di Rumah

Terdengar merepotkan memang sub judul pada bagian ini, tapi kegiatan melewati halang rintang bisa jadi kegiatan bersama yang seru dan menyenangkan. Mums bisa menggunakan berbagai alat dan bahan yang ada di rumah, dan bisa membuat track yang cukup panjang dari dalam rumah, ke halaman belakang, dan kembali lagi ke rumah.

Aktivitas melewati halang rintang tak hanya akan memberikan mood yang baik bagi si Kecil dan menjauhkannya dari rasa bosan, namun juga bisa membantu memberikan stimulasi pada tumbuh kembang kemampuan motoriknya. Halangan berupa tanjakan, turunan, meniti papan untuk keseimbangan, menemukan barang, dan lain sebagainya. Segara kerepotan yang Mums alami akan terbayar lunas ketika si Kecil bahagia dan menjadi sehat akibat banyak melakukan gerakan.

Piknik Tanpa Harus Ke Taman Kota

Piknik Tanpa Harus Ke Taman Kota

Memanfaatkan halaman belakang bisa juga menjadikannya tempat piknik bersama si Kecil dan orang terdekat di dalam rumah. Menyiapkan makanan, tikar atau alas, serta beberapa mainan, Mums bisa mengajak si Kecil piknik tanpa harus mendatangi taman kota atau taman lain yang mungkin dikunjungi banyak orang.

Sembari piknik dan menikmati hangatnya sinar matahari pagi, Mums bisa juga mengajak si Kecil bermain. Anak bermain di halaman belakang akan jadi waktu yang baik untuk memberikan stimulus tumbuh kembang. Biarkan si Kecil bersentuhan dengan rumput, bermain dengan tanah, atau berkeliling melihat-lihat tumbuhan yang ada di halaman belakang. Semua bisa dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, jadi si Kecil tetap bisa aman ketika piknik dan bermain.

Anak Bermain Bola Bersama Mums

Anak Bermain Bola Bersama Mums

Kegiatan atau permainan selanjutnya yang bisa jadi pilihan adalah bermain bola, baik lempar tangkap atau menendang bola. Anak bermain bola bisa melatih kemampuan motorik kasar yang dimiliki sekaligus melatih koordinasi mata dan gerakan tangan. Apalagi jika Mums bermain lempar tangkap dengan memantulkan bola terlebih dahulu ke tanah, si Kecil akan belajar pola pantulan dan saat yang tepat menangkap bola tersebut.

Meski bukan permainan yang sulit, namun lempar tangkap bola bisa memberikan stimulus yang sangat baik untuk si Kecil. Jika dirasa cukup, Mums bisa mengajaknya bermain sepak bola untuk melatih kemampuan gerakan kaki dan kekuatannya. Dengan alat dan tempat yang ada, semua rangsangan dan kegiatan masih bisa dilakukan asal mau sedikit berusaha.

Baca Juga : Latih Koordinasi Tangan & Mata Anak 1 Tahun dengan Cara Ini

Anak bermain memang jadi hal natural yang sepertinya wajib dilakukan. Tugas Mums sebagai orang tua kemudian adalah untuk tetap memenuhi kebutuhan ini tanpa harus meningkatkan resiko kesehatannya. Bermain di halaman belakang bisa jadi alternatif paling baik.

Mendampingi anak bermain juga harus disertai dengan memberikan asupan gizi dan nutrisi yang lengkap setiap hari. Selain makanan dan minuman bergizi, Mums juga bisa memberikan Friso Gold 4 untuk memenuhi nutrisi hariannya. Friso dengan teknologi Locknutri, menjaga kualitas nutrisi alami sehingga mudah diserap tubuh si Kecil. Kegiatan aktif, asupan nutrisi lengkap, serta penerapan protokol kesehatan, dengan sentuhan kasih sayang Mums semua kegiatan akan terasa semakin menyenangkan dan menjauhkan si Kecil dari rasa bosan!