Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Menemani Proses Anak Belajar, Ini Cara Efektifnya

Menemani Proses Anak Belajar, Ini Cara Efektifnya

Si Kecil yang mulai tumbuh dewasa akan mulai disibukkan dengan kegiatan belajar di sekolah. Baik berupa kelas rutin, hingga mungkin saja pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru di sekolahnya. Setiap anak belajar dengan caranya masing-masing. Untuk dapat memberikan output maksimal, tentu proses belajar harus efektif. Di rumah Mums yang akan mengambil peran menemani si Kecil belajar dengan efektif.

Proses pendidikan sekarang ini memiliki metode dan pola yang mungkin cukup melelahkan untuk si Kecil. Tidak jarang ia baru sampai kembali ke rumah ketika hari sudah sore. Padahal pekerjaan rumahnya tidak sedikit. Tentu bukan pilihan bijak untuk segera mendorongnya menyelesaikan pekerjaan rumah. Tapi satu dan lain cara bisa Mums lakukan untuk menemaninya agar tetap bersemangat.

Jika Mums terpikirkan mengenai mengajarinya berhitung dengan cara tertentu, atau mungkin melatihnya membaca atau bahasa asing, artikel ini tidak akan membahas hal ini. Proses belajar di sekolah yang si Kecil alami sepertinya sudah cukup menguras energinya untuk tambahan ‘kelas’ di rumah. Mums bisa melakukan beberapa cara kreatif berikut ini untuk membantunya kembali bersemangat.

Pancingan, Bukan Solusi Instan

Ketika si Kecil tengah mengerjakan pekerjaan rumahnya dan menemui kesulitan, tentu orang pertama yang diharapkan dapat memberikan solusi adalah Mums. Ketika mendampingi si Kecil, Mums sebaiknya tidak serta merta memberikan solusi atas persoalan yang ia temukan. Sebaliknya, Mums bisa memberikan pancingan agar si Kecil dapat berpikir lebih santai dan tidak bertambah lelah.

Apa caranya? Well, Mums bisa memberikan analogi yang dekat dengan dunia si Kecil, misalnya menghubungkan acara televisi favoritnya dengan persoalan tersebut. Dengan konteks persoalan yang lebih ‘ramah’ di pikirannya, maka si kecil bisa belajar dengan lebih rileks. Proses belajar yang bebas dari tekanan seperti ini justru memberikan dampak lebih efektif daripada yang selalu mengejar kebenaran dan kepraktisan dalam menyelesaikan masalah.

Lepas dari Buku

Pekerjaan rumah yang diberikan untuk tugas belajar mandiri di rumah biasanya akan berkaitan erat dengan materi yang telah dipelajari di sekolah. Materi dari buku cetak, materi yang disampaikan dan dicatat si Kecil, dan lain sebagainya. Buku secara tidak langsung menjadi medium yang menghubungkan dan mengingatkan si Kecil pada rutinitas yang dialaminya di sekolah. Dan ketika rutinitas tersebut harus dialaminya di rumah, tidak heran jika ia mengalami kelelahan yang teramat.

Solusi mudahnya adalah ajak si Kecil untuk mempraktekkan pekerjaan rumah yang diberikan oleh gurunya. Artinya, tentu Mums pertama harus memahami pekerjaan rumah apa yang diberikan, kemudian diaplikasikan ke dunia nyata, sehingga si Kecil dapat belajar secara langsung tanpa harus terikat dengan buku.

Memang pada akhirnya tugas tersebut harus dituliskannya pada buku pelajaran kemudian dilaporkan pada guru yang memberikan tugas tersebut. Namun dengan menyelesaikan pekerjaan rumah tanpa terikat dengan buku akan membawa kesegaran pada pikiran dan perasaan si Kecil. Secara praktis pelajaran dengan praktek langsung seperti ini juga lebih mudah diserap si Kecil karena ia mengalaminya secara langsung.

Situasi dan Kondisi Mendukung

Dikatakan mendukung karena tidak semua anak belajar dengan nuansa yang tenang dan senyap. Terkadang ditemuinya juga kasus dimana si Kecil dapat belajar dengan efektif jika kondisi rumah sedang cukup ramai dengan banyak orang berdiskusi. Atau bisa saja dengan iringan musik yang ia suka? Atau mungkin dengan selingan menyaksikan kartun favoritnya? Semua bisa saja menjadi lingkungan yang membuat nyaman si Kecil dalam belajar.

Untuk mendapatkan situasi dan kondisi yang tepat, Mums perlu memahami gaya belajarnya terlebih dahulu. Apakah si Kecil nyaman dengan lingkungan yang tenang? Atau lebih nyaman dengan selingan tontonan atau mungkin iringan musik? Semua dapat Mums pahami lewat pengamatan secara intens pada kebiasaan belajar si Kecil.

Makanan Kecil dan Minuman Hangat

Menyediakan makanan kecil dan minuman hangat juga bisa menjadi penyemangat untuk si Kecil dalam belajar. Apalagi, jika makanan ringan atau minuman tersebut merupakan hasil karya si Kecil bersama Mums. Untuk pelengkap, Mums bisa memberikan asupan susu kaya nutrisi yang khusus diberikan untuk si Kecil guna merangsang kecerdasannya.

Proses anak belajar secara aktif bisa Mums terapkan mulai dari hal rutin seperti pekerjaan rumah yang dimiliki si Kecil dari sekolah. Dengan menerapkan beberapa tips di atas, Mums sudah dapat menciptakan proses belajar yang nyaman untuk si Kecil dan efektif. Untuk mendukung proses belajarnya, Mums dapat memberikan pula Friso Gold 4 yang kaya nutrisi. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam dan fokus dalam belajar. Jika Mums perlu melakukan konsultasi, Mums bisa secara langsung menghubungi Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) pada situs resminya lewat fitur live chat.