Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Menerapkan Pola Makan Sehat agar Terhindar dari Virus Mematikan

Menerapkan Pola Makan Sehat agar Terhindar dari Virus Mematikan

Menjaga daya tahan tubuh merupakan salah satu cara paling efektif untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, si Kecil tidak akan mudah terserang penyakit sehingga nutrisi yang diserap tubuhnya bisa digunakan secara maksimal untuk proses tumbuh kembang. Menerapkan pola makan sehat jadi upaya paling sederhana untuk memastikan daya tahan tubuhnya tetap terjaga.

Mengapa demikian? Daya tahan tubuh memang dibentuk oleh tubuh si Kecil. Namun tanpa asupan nutrisi yang seimbang dan tercukupi, tubuh akan kesulitan membentuk daya tahan yang kuat. Terlebih di tengah pandemik virus yang kini tengah dihadapi di Indonesia dan dunia, tubuh si Kecil memerlukan asupan nutrisi yang baik agar dapat melindunginya dari serangan virus jahat.

Nah, sebagai panduan sederhana menerapkan pola hidup sehat untuk menjaga daya tahan tubuh, tidak hanya si Kecil namun juga setiap anggota keluarga, Mums dapat melihat beberapa poin berikut ini. Tentu saja, poin ini sangat sederhana dan mudah diterapkan untuk mendukung upaya Mums dalam mengoptimalkan proses tumbuh kembang, terutama memastikan daya tahan tubuh si Kecil berada dalam kondisi terbaik.

Variasi Makanan Pokok Setiap Hari

Hal pertama yang perlu Mums lakukan adalah membuat variasi menu untuk makanan setiap hari di rumah. Makanan pokok di sini dapat diartikan secara luas. Misalnya, mengganti nasi dengan kentang, atau ubi. Varian sumber Karbohidrat ini dapat membantu Mums memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil yang cukup beragam pula. Nutrisi dari setiap variasi makanan yang Mums berikan akan sangat baik dampaknya untuk daya tahan serta tumbuh kembang.

Selain variasi bahan dasar, Mums juga dapat menyiasatinya dengan mempraktekkan berbagai cara pengolahan. Dengan mengolah satu bahan makanan dan dipadukan dengan bahan makanan lain, dijamin selera makan si Kecil akan tetap terjaga sekaligus asupan nutrisi setiap hari dapat terpenuhi dengan seimbang.

Satu hal sebagai tambahan yang perlu diingat, bahwa Mums dan setiap anggota keluarga di rumah dianjurkan menggunakan perangkat makan yang berbeda. Jadi, setiap anggota keluarga akan menggunakan perangkat makan, seperti misalnya sendok, yang sama selama periode karantina ini. Semata demi higienitas perangkat makan dan keamanan setiap anggota keluarga.

Pola Makan Sehat Tidak Lepas dari Buah dan Sayur

Memberikan buah dan sayur dalam jumlah yang cukup sebagai sumber asupan nutrisi setiap hari juga dapat membantu si Kecil tumbuh dengan optimal dan membentuk daya tahan tubuhnya. Berbagai kandungan vitamin seperti Vitamin C, Vitamin E, Vitamin B dan lain sebagainya merupakan bahan baku pembentuk daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang virus yang beresiko mematikan.

Memang mungkin Mums berpikir bahwa asupan nutrisi ini dapat digantikan dengan suplemen karena tak semua anak-anak menyukai buah dan sayur. Namun demikian, kandungan nutrisi dalam buah dan sayur adalah kandungan nutrisi yang bersifat alami. Nutrisi seperti ini dapat lebih mudah diserap oleh tubuh si Kecil dan memberikan efek lebih cepat. Lagipula, konsumsi buah dan sayur tidak memiliki efek samping yang buruk, justru dapat membantu melancarkan pencernaan si Kecil.

Pastikan Juga Asupan Protein dari Makanan Kaya Protein

Kandungan vitamin yang terdapat dalam berbagai buah dan sayur yang Mums berikan akan semakin terasa manfaatnya saat Mums juga mencukupi kebutuhan Protein si Kecil. Di dalam sistem tubuh si Kecil, Protein berperan untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak sehingga sangat baik untuk memulihkan dan menjaga kondisi si Kecil. Makanan seperti susu, keju, berbagai kacang-kacangan serta ayam, ikan dan daging dapat menjadi pilihan Mums untuk memenuhi nutrisi yang satu ini.

Namun perlu Mums ingat, dalam mengolah telur, ayam, ikan dan daging harus dipastikan dimasak dengan matang dan suhu dan waktu yang sesuai. Tujuannya adalah agar segala macam bakteri bisa dipastikan mati namun tidak mengurangi nutrisi alami di dalamnya. Sebab jika dimasak terlalu matang akan mengakibatkan nutrisi alami dan kadar protein dalam telur, ayam, ikan dan daging berkurang ataupun hilang.

Jika Mums perlu memberikan sumber Protein yang lain, pastikan bahwa kadar Protein dan kualitasnya adalah yang terbaik. Misalnya ketika memilih susu pertumbuhan, pastikan susu pertumbuhan tersebut benar-benar berasal dari susu alami yang bersumber dari sapi terbaik. Hal ini perlu ditekankan agar si Kecil mendapatkan kualitas nutrisi alami terbaik sehingga lebih mudah diserap oleh tubuhnya.

Pembatasan Makanan Cepat Saji dan Camilan Manis

Menerapkan pola makan sehat harus dilakukan dengan sepenuh hati. Langkah terakhirnya adalah pembatasan konsumsi makanan instan serta camilan kemasan yang bersifat manis. Kandungan yang terdapat pada dua jenis makanan tersebut tidak terlalu baik jika dikonsumsi terlalu banyak. Jadi, pastikan si Kecil memperbanyak konsumsi makanan sehat yang berbahan alami buatan Mums ya!

Sebenarnya penerapan pola hidup sehat tak hanya semata karena keadaan sekarang ini yang menuntut Mums selalu memastikan agar si Kecil memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Pola makan sehat, yang menjadi bagian dari pola hidup sehat, idealnya diterapkan setiap hari agar kesehatan si Kecil selalu terjaga dan tumbuh kembangnya dapat berjalan optimal.

Pola makan sehat adalah salah satu cara yang dapat Mums lakukan untuk mengurangi resiko si Kecil terjangkit virus mematikan seperti Corona yang kini tengah melanda Indonesia. Padukan juga dengan menaati himbauan pemerintah untuk di rumah saja agar dapat meminimalisir kontak dengan orang luar. Tentu, ketika berada di rumah, Mums tetap dapat memberikan rangsangan untuk tumbuh kembang si Kecil. Pastikan asupan nutrisi harian si Kecil terpenuhi, dan jaga daya tahan tubuhnya agar tetap dalam kondisi terbaik!

 

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang