Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Mengajak Si Kecil Berlibur Ke Pantai

Mengajak Si Kecil Berlibur Ke Pantai

Pantai selalu jadi tempat rekreasi yang luar biasa untuk keluarga. Manfaatkan libur di akhir pekan untuk menikmati indahnya ombak pantai dan hembusan angin sepoi-sepoi bersama. Rekreasi ini juga tentunya dapat meningkatkan kualitas hubungan antara Mum dan si Kecil tercinta.

Di pantai, ajak si Kecil bermain pasir; menggambar bentuk ikan, membuat gunung maupun istana pasir. Membangun berbagai bentuk kreasi dari pasir bersama, akan meningkatkan daya imajinasi serta kreativitas Mum dan si Kecil, apalagi jika hasilnya bagus dan indah.

Bantu juga si Kecil saat mengumpulkan kerang laut agar ia dapat memahami dan mempelajari berbagai bentuk, warna serta ukuran untuk meningkatkan daya ingatnya. Di sisi lain, ia akan belajar untuk menyukai permainan di luar rumah dan dekat dengan alam. Abadikan serunya bermain di pantai bersama keluarga ini dengan memanfaatkan background sunset atau pemandangan laut yang indah saat berfoto.

Di samping itu, berilah perhatian khusus ketika si Kecil bermain dengan pasir. Ancaman kuman dan bakteri pada pasir sangat rentan baginya. Oleh karena itu, daya tahan tubuh alami yang kuat perlu dimiliki si Kecil agar terhindar dari ancaman penyakit. Hal ini diperkuat oleh pendapat Tomoyuki Shibata, seorang asisten profesor di Universitas Northern Illinois, “Paparan mikroorganisme tertentu tingkat tinggi dapat menyebabkan penyakit pencernaan pada manusia, sedangkan risiko infeksi bervariasi pada setiap mikroorganisme”.

Salah satu caranya adalah dengan memberi si Kecil makanan yang kaya vitamin D. Hasil penelitian University of Colorado School of Medicine, Amerika Serikat menyatakan bahwa pemenuhan kebutuhan vitamin D dapat menurunkan risiko pilek hingga 40%. Beruntung sinar matahari dapat mengaktifkan vitamin D yang ada dalam tubuh, sehingga Mum dan si Kecil bisa memperoleh manfaat saat bermain di pantai.

Terakhir, siapkan pakaian yang nyaman bagi Mum dan si Kecil untuk menghabiskan hari di pantai. Agar tetap kegiatan bermain di air maupun di atas pasir berjalan lancar.