Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Mengajak Si Kecil Bermain Air

Mengajak Si Kecil Bermain Air

Salah satu aktivitas yang dapat Mum lakukan untuk memenuhi rasa ingin tahu si Kecil adalah mengenalkannya pada air. Manfaatkan momen ini menjadi saat yang istimewa untuk bermain bersama. Misalnya, mulailah mengajak si Kecil melakukan permainan air yang menyenangkan saat mandi.

Mum bisa menyediakan berbagai mainan yang terbuat dari bahan yang aman dengan bentuk lucu, misalnya bentuk bebek kuning, ikan dan kura-kura. Pilihlah mainan yang dapat menyemprotkan air sehingga ada kejutan yang seru saat ia mandi. Mum pun bisa mengabadikan ekspresi lucu dan spontan si Kecil dengan memotretnya!

Di tengah permainan ini, perhatikan si Kecil dengan cermat. Sebab, bisa saja ia menelan air mandi yang tidak terjamin kebersihannya secara tidak sengaja. Dr. Lyuba Konopasek, Asisten Profesor Pediatrik dari NewYork-Presbyterian/Weil Cornell Medical Center, mengatakan bahwa risiko bayi terkena penyakit akibat menelan air kotor saat mandi cukup kecil, kecuali jika si Kecil memiliki usus yang sensitif serta daya tahan tubuh yang lemah. Hal ini dikarenakan 80% sel yang memproduksi antibodi berasal dari pencernaan. Oleh karena itu, pastikan pencernaan si Kecil sehat dan telah mendapat asupan makanan yang baik.

Selain bermain, memandikan si Kecil adalah kesempatan bagi Mum untuk memperkuat ikatan emosional dengan si Kecil. Mum pun jadi bisa mengamati pertumbuhan dan kondisi fisik Si Kecil. Manfaat yang diperoleh bayi dari bermain air juga tidak kalah penting. Sambil menikmati bermain air bersama ibunya, badannya pun terjaga agar tetap bersih, segar dan wangi.