Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Mengajak si Kecil Berpura-pura Jadi Angin

Angin bisa jadi merupakan salah satu hal yang menarik bagi si Kecil saat ini. Kehadirannya yang tidak dapat dilihat, tapi bisa dirasakan tentu menjadi suatu pengalaman belajar yang unik baginya. Jika Mum berencana untuk bermain bersama si Kecil di halaman atau taman pada hari ini, mari manfaatkan momen tersebut untuk mengenalkannya dengan angin lewat aktivitas bermain yang sederhana. Ayo, ajak si Kecil berpura-pura menjadi angin bersama Dad dan seluruh anggota keluarga lainnya.

Aktivitas Bersama si Kecil

  1. Mari bermain di halaman rumah atau taman dekat rumah Mum. Pilihlah hari yang cerah dan berangin agar proses perkenalan si Kecil dengan angin bisa berlangsung dengan optimal.
  2. Mulailah dengan berjalan-jalan bersama si Kecil sambil mengamati berbagai benda di sekitar taman. Dampingi ia untuk merasakan hembusan angin dan melihat tanaman serta rumput yang bergerak akibat tiupannya.
  3. Untuk memudahkan si Kecil merasakan kehadiran angin, Mum juga bisa mengajak si Kecil berdiri sambil menutup matanya. Setelah itu, minta ia merasakan hembusan angin yang melewati tubuh dan wajahnya.
  4. Bagaimana, Mum? Apakah si Kecil sudah mulai mengenal lebih banyak tentang angin? Kini, mari ajak Dad dan seluruh anggota keluarga untuk bermain menjadi angin bersama si Kecil!
  5. Mintalah Dad dan seluruh keluarga lainnya untuk berdiri tegak, lalu bimbing si Kecil untuk berpura-pura berubah jadi angin serta menghampiri dan memeluk mereka satu per satu sambil bertiup dan mengeluarkan suara “Woosh”. Setelah itu, ajak Dad dan anggota keluarga yang lain untuk berpura-pura bergoyang setiap kali si Kecil meniup dan memeluk mereka.
  6. Sekarang, bertukarlah peran! Minta si Kecil untuk berdiri diam sementara Mum atau Dad menghampirinya sambil bertiup dan mengeluarkan suara.
  7. Mum, reaksi si Kecil ini sungguh lucu dan menggemaskan, ya? Ayo abadikan tingkah lakunya itu saat berpura-pura jadi angin dalam bentuk video atau foto. Setelah itu, bagikan aktivitas bermain yang seru ini kepada Mums lainnya melalui halaman Facebook kami di Friso Indonesia dan twitter @FrisoID dengan menggunakan hashtag #FrisoMoments.

Info Pendukung Aktivitas

Sebelum bermain ke luar rumah, pastikan si Kecil memakai pakaian yang dapat melindungi tubuhnya dari sinar matahari dan angin, ya.

Manfaat Bagi Mum

Bermain di ruang terbuka bersama si Kecil sambil menikmati cuaca yang sejuk merupakan kesempatan yang baik untuk menyegarkan tubuh dan pikiran di sela-sela aktivitas hari ini. Dengan melihat reaksinya saat bermain serta mendengarkan penjelasan dari Mum, kegiatan ini pun dapat digunakan untuk mengamati secara lebih seksama sejauh mana proses perkembangan si Kecil saat ini.

Manfaat Bagi si Kecil

Melalui permainaan sederhana seperti ini, si Kecil dapat ikut mengenal lebih dalam tentang kehadiran angin serta efeknya terhadap benda di sekitarnya. Permainan yang aktif di ruang terbuka pun ikut mendukung berbagai perkembangan kemampuannya saat ini. Seperti yang diungkapkan oleh Kidspot.au, bermain di luar rumah dapat membantu meningkatkan koordinasi tubuhnya, serta melatih otot-otot tubuhnya. Tak hanya itu, menurut Rita Pica, penulis buku "A Running Start: How Play, Physical Activity, and Free Time Create a Successful Child," , aktivitasnya di ruang terbuka ikut menstimulasi kelenjar pineal (pineal gland) yang memiliki peran penting dalam mengembangkan sistem kekebalan tubuh si Kecil.

Info Gizi dan Nutrisi

Bermain di ruang terbuka dan dekat dengan alam merupakan suatu pengalaman berharga baginya. Aktivitas seperti ini dapat ikut memperkaya momen pertumbuhannya di masa ini. Untuk mendukung kegiatan bermainnya setiap hari, si Kecil tentunya membutuhkan tubuh yang kuat dan sehat. Vitamin A merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan si Kecil dalam melawan infeksi dan memperkuat sistem kekebalan tubuhnya . Di usianya sekarang, si Kecil setidaknya membutuhkan vitamin A sebanyak 300-400 microgram setiap harinya yang bisa didapatkan dari sayuran dan buah-buahan berwarna cerah seperti blewah, wortel dan ubi jalar. Untuk membuat si Kecil tertarik pada menu makanannya, situs Whattoexpect.com menyarankan Mum untuk membuat menu lezat kaya vitamin A seperti bubur ubi jalar dengan campuran sirup maple, atau potongan wortel yang direbus dengan air dan sedikit jus jeruk.

Jangan lupa, Mum. Peran susu pertumbuhan pun sangatlah penting di masa pertumbuhannya saat ini. Oleh sebab itu, pastikan Mum memilih susu pertumbuhan dengan kandungan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil serta mudah diserap oleh tubuhnya. Friso Gold 3 hadir dengan kandungan nutrisi yang lebih mudah dicerna. Proses produksinya yang memakai konsep Grass to Glass, dimana susu tidak diproses dengan panas yang berlebihan, membuat nutrisi yang terkandung dapat terjaga kualitasnya.