Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Mengatasi Alergi Gatal pada Anak Balita

Mengatasi Alergi Gatal pada Anak Balita

Apakah si kecil kerap mengalami gatal dan ruam kemerahan pada kulitnya? Jika iya, bisa jadi ini merupakan tanda alergi gatal pada anak. Mum perlu cari tahu jenis alergi gatal, ciri, penyebab dan gejalanya agar dapat diketahui solusinya. Pada artikel ini akan dibahas mengenai macam, ciri, tanda, serta cara mengatasi alergi gatal pada balita. Yuk disimak, Moms!

Apa sih alergi gatal itu?

Alergi gatal pada anak merupakan kondisi dimana terdapat ruam kemerahan pada kulit anak yang terjadi akibat alergi. Penyebab alergi ini bisa bermacam-macam, mulai dari debu hingga makanan. Kulit anak yang bersinggungan langsung dengan sumber alergi atau alergen serta sistem kekebalan tubuh yang bereaksi dengan melepaskan histamin ke kulit membuat anak dapat terserang alergi gatal pada kulit.
Meskipun terdengar sepele, namun alergi gatal pada anak bisa mengganggu aktivitas si kecil lho, Moms. Sebenarnya alergi gatal ini tidak berbahaya, tapi jika dibiarkan dan tidak ditangani akan timbul gangguan lain pada balita. Anak akan terlihat rewel dan susah tidur lantaran rasa gatal yang dideritanya.

Jenis alergi gatal

Alergi gatal pada anak balita terdiri dari beberapa jenis yang perlu Moms ketahui, diantaranya:

  1. Eksim atopik
    Jenis alergi gatal pada anak yang pertama adalah eksim atopik, yaitu suatu ruam pada kulit anak yang terjadi pada anak yang memiliki riwayat kepekaan. Biasanya penyebab ruam ini berhubungan dengan genetik, lingkungan, obat, serta imunitas kulit. Jenis alergi kulit ini dipicu oleh makanan seperti telur, gandum, kedelai, kacang tanah, serta dapat juga diakibatkan oleh tungau atau debu.
  1. Alergi makanan
    Alergi makanan merupakan reaksi imun yang timbul sesaat setelah anak makan makanan jenis tertentu. Reaksi ini dapat berupa biduran, gatal kulit, gangguan pernapasan, bibir bengkak, dan juga diare.
  1. Alergi obat
    Tak hanya makanan, anak balita juga bisa mengalami alergi obat. Jika tidak cocok dengan kandungan jenis obat tertentu, si kecil bisa mengalami gatal pada kulit dan juga ruam. Dan jika alergi obat terjadi dalam bentuk yang berat balita dapat mengalami anafilaksis, yang gejalanya antara lain sesak napas, pusing, kulit kebiruan, nadi cepat, mual, dan juga diare.
  1. Alergi dingin
    Alergi dingin merupakan reaksi alergi yang terjadi pada kulit, dimana kulit anak bisa menjadi merah, gatal, dan juga bengkak di suhu yang dingin. Selain itu anak yang terkena alergi dingin juga bisa mengalami pembengkakan pada tangan ketika memegang objek yang dingin serta mengalami bibir bengkak ketika minum minuman yang dingin.
  1. Dermatitis kontak alergik
    Dermatitis kontak alergik merupakan reaksi alergi pada kulit yang terjadi akibat kontak dengan bahan kimia. Alergi ini biasanya menyerang anak yang memiliki kulit sangat peka atau hipersensitif. Gejalanya, si kecil akan mengalami gatal, bintil, dan bersisik pada kulit jika terkena bahan kimia seperti deterjen, kosmetik, anting, atau lainnya.

Cara mengatasi alergi gatal pada anak

Jika Mum sudah mengetahui jenis serta penyebab alergi gatal pada anak, maka langkah selanjutnya adalah mencari tahu cara mengatasi alergi gatal tersebut. Alergi gatal pada anak balita harus segera diatasi agar tidak mengganggu aktivitas si kecil.

Lantas bagaimana caranya?

  1. Gunakan bahan alami untuk sembuhkan alergi gatal anak

    Jika anak Mum terkena alergi gatal karena faktor tertentu, Mum bisa menyembuhkan atau minimal mengurangi keluhannya dengan menggunakan bahan alami. Bahan alami seperti lidah buaya, minyak kelapa, serta daun pegangan terbukti memiliki kandungan yang dapat meminimalisir alergi gatal pada anak. Lidah buaya kerap dijadikan obat herbal untuk gatal pada kulit.

    Sedangkan minyak kelapa mengandung anti inflamasi yang mampu mencegah peradangan kulit. Caranya mudah, cukup oleskan bahan alami tersebut ke kulit anak yang terkena alergi dan diamkan sejenak. Usahakan oleskan selama 3 kali dalam sehari secara teratur. Dengan cara tersebut, kulit anak akan cepat kembali normal.

  2. Hindari cuaca panas dan dingin

    Beberapa anak bisa mengalami alergi gatal ketika berada di tempat yang terlalu panas atau terlalu dingin. Akibatnya, kulit anak memerah, gatal, dan juga bengkak. Untuk itulah Mum perlu memberikan baju yang longgar ketika cuaca panas dan memberikan baju tebal ketika cuaca dingin. Dengan begitu alergi gatal pada anak dapat dihindari.

  3. Mencatat makanan dan obat yang membuat alergi

    Jika anak kerap mengalami gatal akibat obat atau makanan tertentu, Mum perlu mencatatnya. Sebisa mungkin hindari makanan dan obat tersebut agar tidak dikonsumsi anak. Mum juga perlu memberitahu orang-orang terdekat agar tidak memberikan makanan dan obat tersebut pada si kecil.

  4. Berikan krim khusus untuk kulit gatal

    Jika anak mengalami dermatitis kontak, Mum bisa memberikan krim khusus yang mengandung steroid sebagai pengobatan luar. Namun jika anak sangat rewel dan terganggu, berikan obat antihistamin agar anak merasa lebih nyaman.

  5. Konsultasi dengan dokter

    Mum perlu berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter ketika gangguan alergi gatal pada anak sudah sangat mengganggu dan tidak bisa diatasi sendiri. Dokter bisa memberikan anjuran serta obat khusus agar keluhan anak bisa segera diatasi.

Itulah beberapa hal yang perlu Mum ketahui tentang alergi gatal pada anak serta cara mengatasinya. Dengan penanganan yang tepat, Mum bisa mengatasi alergi gatal pada anak dengan tepat dan tuntas.
Mum juga bisa memberikan  Friso Gold 3 untuk memenuhi nutrisi harian si kecil agar ia tetap kuat luar dan dalam. Friso Gold 3 dilengkapi dengan teknologi Locknutri yang menjaga kualitas alami dalam susu karena dilakukan tanpa pemanasan berlebih, serta mudah diserap tubuh si Kecil. Jadi, pastikan gizi si Kecil tercukupi dengan Friso Gold 3 ya Mum!