Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Mengatasi Anak Susah Belajar dengan Mudah

Mengatasi Anak Susah Belajar dengan Mudah

Orang tua pasti akan merasa khawatir jika melihat anak susah belajar. Di masa-masa perkembangan, belajar merupakan salah satu aktivitas yang paling penting untuk melatih fisik, mental, dan motorik anak. Anak susah belajar juga dapat berpengaruh dengan performa mereka di sekolah. Biasanya, anak yang susah memahami pelajaran yang didapatkan di sekolah akan menjadi anak yang cenderung lebih pribadi yang kurang aktif dan kurang percaya diri.

Salah satu yang menjadi alasan anak susah belajar adalah karena mereka terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bermain. Apalagi di masa seperti sekarang ini, semenjak kecil anak sudah bisa mendapatkan akses kepada berbagai macam tipe permainan mulai dari permainan di handphone, permainan di konsol, maupun permainan di komputer. Permainan semacam itu seringkali memang secara khusus didesain untuk menghabiskan waktu yang lama. Bahkan seringkali beberapa permainan yang tersedia di ponsel memberikan semacam notifikasi yang membuat anak ingin secara terus-menerus mengecek perkembangan gim yang mereka mainkan. Pola seperti ini dapat membuat anak kecanduan dengan game sehingga anak susah belajar. Kecanduan gim akan membuat anak mencuri-curi waktu yang sebenarnya diperlukan untuk belajar, makan, dan berbagai aktivitas lainnya.

Anak susah belajar juga bisa disebabkan karena pengaruh lingkungan yang ada di sekitarnya. Misalnya, jika orang tua banyak menghabiskan waktu di depan tv atau ponsel. Maka anak juga dapat terpengaruh memiliki pola perilaku yang sama. Mereka akan susah menyadari dan memahami pentingnya belajar apabila di lingkungan sekitar mereka tidak ada seorang tokoh, individu yang dapat dijadikan teladan. Selain lingkungan di rumah, lingkungan di sekolah juga memegang peran penting yang dapat menyebabkan anak susah belajar. Nyatanya tidak semua guru memiliki dedikasi dan kesabaran untuk melatih dan mendorong anak didiknya agar memiliki semangat belajar yang tinggi. Teman-teman sekelas juga memiliki pengaruh penting terhadap minat belajar anak.

Untuk menyikapi anak susah belajar, berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk membantu menumbuhkan minat belajar anak.

1.  Memberi Teladan Pentingnya Belajar

Anak susah belajar tidak bisa begitu saja diatasi dengan cara disuruh-suruh atau diatur-atur apalagi menggunakan paksaan dan perintah dengan nada yang tinggi. Seperti juga perilaku lainnya, aktivitas belajar juga akan lebih efektif diajarkan kepada anak apabila orang tua dapat memberikan contoh. Untuk melatih anak susah belajar agar mereka memiliki minat yang lebih tinggi, orang tua dapat memberikan dorongan dengan menemani anak belajar. Misalnya, orang tua dapat menemani anak dengan ikut membaca buku atau mengerjakan sesuatu yang penting. Jika waktunya anak untuk belajar, orang tua perlu menghindari menghabiskan waktu mereka pada jam tersebut untuk menonton tv atau bermain hape. Dengan menghormati waktu belajar anak, sang anak akan memahami bahwa waktu tersebut memang penting dilakukan dan dalam waktu yang lama akan terbangun pola belajar,

Lebih baik lagi jika orang tua dapat secara langsung memantau proses belajar anak. Biasanya anak susah belajar karena timbul rasa malas setelah mereka menemukan sesuatu yang sulit dipahami. Dengan adanya pendampingan dari orang tua, orang tua dapat mendorong untuk menanyakan sesuatu yang tidak mereka pahami. Dengan begitu anak akan terlatih untuk semakin bersemangat saat menemukan hal-hal yang susah mereka pahami, bukannya menjadi malas dan menghindari waktu-waktu belajar berikutnya.

2.  Menerapkan Jam Belajar

Anak susah belajar dapat disebabkan karena mereka tidak merasa memiliki kewajiban untuk belajar. Untuk dapat melatih dan menumbuhkan minat belajar, orang tua dapat menerapkan jam-jam tertentu dimana anak harus menghabiskan waktunya untuk belajar. Misalnya setiap jam 7 sampai jam 9 malam, orang tua menerapkan kondisi dimana anak harus belajar. Hal ini tentunya juga perlu didukung dengan aktivitas orang tua yang menunjang waktu belajar anak.

Jam belajar ini dapat disesuaikan dengan jenjang sekolah dan pola tidur anak. Jika anak pulang sekolah pada siang hari misalnya, orang tua dapat menerapkan jam belajar pada sore hari sehingga anak dapat menghabiskan waktu dengan keluarga, atau tidur lebih cepat pada malam hari. Bisa juga, orang tua menerapkan jam belajar pada malam hari agar pada sore anak dapat meluangkan waktunya untuk bermain dengan teman-teman yang ada di lingkungan sekitar. Yang terpenting adalah jangan sampai anak kehilangan waktunya untuk melakukan kegiatan sosial dengan orang lain baik keluarga maupun teman-teman, meskipun mereka harus tetap menyempatkan waktu untuk belajar.

3.  Memberikan Ruang Khusus Belajar

Untuk membantu masalah anak susah belajar, orang tua dapat memberikan ruang atau tempat khusus bagi anak dimana mereka menghabiskan waktunya untuk belajar. Dengan memiliki ruang belajar sendiri anak dapat lebih fokus dan tidak mudah terganggu oleh aktivitas orang lain saat mereka belajar. Mengatasi anak susah belajar dengan memberikan ruang belajar khusus dapat didukung dengan tempat duduk dan meja yang nyaman agar anak dapat lebih fokus saat belajar. Tempat duduk yang tidak nyaman tentu menjadi salah satu faktor mengapa anak susah belajar. Selain itu, tempat duduk yang kurang nyaman dapat mendorong anak memiliki pola duduk yang tidak wajar sehingga dapat mengganggu pertumbuhan tulang mereka.

4.  Mengatur Waktu Bermain

Anak susah belajar juga dapat disebabkan oleh waktu bermain yang berlebihan. Oleh karena saat siang hari orang tua perlu mengatur waktu yang digunakan oleh anak dengan baik. Jangan sampai anak menghabiskan waktu yang terlalu lama untuk bermain. Karena jika anak menghabiskan waktu yang terlalu banyak untuk bermain, yang terjadi selanjutnya adalah mereka sudah kelelahan saat waktu belajar tiba. Hal ini tentunya membuat anak susah belajar karena tidak fokus dan ngantuk. Akan lebih baik lagi jika orang tua dapat mengajari anak untuk menerapkan pola tidur sehingga pada saat anak belajar di sore hari mereka akan memiliki energi yang cukup sehingga bisa lebih fokus.

5.  Mempelajari Metode Belajar yang Cocok

Setiap anak memiliki keunggulan dan kekurangan tertentu dalam mempelajari berbagai macam hal. Beberapa anak dapat mempelajari permasalahan hitung-menghitung dengan cepat namun susah mengingat sesuatu. Sementara beberapa anak yang lain memiliki ingatan yang baik namun membutuhkan waktu yang lebih lama menyelesaikan persoalan matematika. Oleh karenanya penting bagi orang tua untuk mempelajari kekuatan anak dan mengembangkan potensinya secara maksimal. Orang tua dapat menerapkan metode belajar menyenangkan seperti melalui lagu atau praktek untuk membantu dimana kelemahan anak belajar. Jangan sampai terlalu keras memaksa anak untuk belajar karena itu justru akan menyurutkan minat mereka.

Nah, itulah tips-tips yang dapat diterapkan untuk membantu anak susah belajar agar mums dapat kembali menyulut semangat belajarnya. Yuk, sebagai mums jangan sampai acuh jika anak tidak memiliki semangat untuk belajar. Dukung terus sang anak untuk selalu semangat mempelajari hal-hal baru karena itu akan sangat berguna bagi masa depan mereka nantinya.

Untuk membantu menumbuhkan semangat belajar anak, Mums juga bisa memberikan asupan nutrisi tambahan berupa susu Friso Gold 4. Friso Gold 4 membantu memenuhi kebutuhan nutrisi yang penting bagi perkembangan otak anak, karena teknologi Locknutri menjaga kualitas nutrisi susu tetap dalam keadaan alami sehingga lebih mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang