Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Mengatasi Cegukan pada Bayi, Ini Cara Simple untuk Mums

Mengatasi Cegukan pada Bayi, Ini Cara Simple untuk Mums

Cegukan pada bayi sebenarnya merupakan satu akibat dari belum optimalnya fungsi dari organ pernafasan si Kecil. Memang, hal ini terjadi juga pada orang dewasa, namun intensitasnya jauh lebih tinggi untuk kejadian pada anak kecil atau bayi. Gangguan pernafasan sementara ini biasanya akan hilang dengan sendirinya, jad Mums tidak perlu khawatir pada kondisi si Kecil.

Pada kondisi tubuh manusia dewasa, kontrol pada organ pernafasan sudah lebih baik dan lebih terkoordinasi. Mulai dari bagian hidung, tenggorokan, hingga pada bagian paru-paru dan diafragma, semua sudah berjalan dengan baik. Namun hal inilah yang belum dimiliki si Kecil, dan jadi pemicu utama dari cegukan pada bayi.

Penyebab Cegukan pada Bayi

Penyebab Cegukan pada Bayi

Cegukan pada bayi sendiri disebabkan oleh bagian diafragma yang mengencang secara tiba-tiba, sehingga menutup pita suara di bagian kerongkongan, dan berujung pada cegukan yang biasa Mums dengar. Terdengar rumit memang, namun proses ini hanya berlangsung selama beberapa detik saja.

Cegukan terkadang terjadi ketika si Kecil mengkonsumsi ASI atau MPASI terlalu cepat atau terlalu banyak. Fungsi dari organ si Kecil seharusnya bisa membagi kerja antara menelan atau bernafas. Namun ketika makanan yang masuk terlalu banyak atau terlalu cepat, fungsi ini akan terganggu sehingga membuatnya mengalami hal tersebut.

Ketika si Kecil mengalami cegukan, secara alami sebenarnya hal tersebut akan hilang dengan sendirinya. Cegukan juga bukan sesuatu yang berbahaya, selama tidak mengganggu aktivitas si Kecil atau membuatnya rewel. Tubuhnya akan memberikan tanda jelas ketika cegukan yang terjadi tidak hanya disebabkan oleh pemicu ringan, jadi ada baiknya juga untuk tetap mencermati cegukan yang dialami si Kecil.

Setelah Mengetahui Penyebabnya, Ini Cara Mengatasinya

Setelah Mengetahui Penyebabnya, Ini Cara Mengatasinya

Karena cegukan pada bayi kebanyakan disebabkan oleh asupan makanan yang terlalu cepat atau terlalu banyak, ada beberapa hal simple yang bisa Mums lakukan untuk mengatasinya.

Pertama adalah dengan memperbaiki posisi menyusui yang Mums lakukan pada si Kecil. Dengan posisi yang tepat, mulut si Kecil tidak akan memiliki celah masuknya udara saat menyusui. Pastikan bagian puting dan areola benar-benar masuk ke mulut si Kecil, dan posisikan perut si Kecil menempel pada perut Mums.

Kedua, berikan pelukan lembut pada si Kecil. Percaya atau tidak, pelukan yang Mums berikan benar-benar bisa menenangkan tubuh si Kecil sehingga cegukan yang dialaminya bisa reda dengan lebih cepat. Dekap dengan lembut tubuh si Kecil, dan tepuk perlahan bagian punggungnya. Tepukan ini akan memberikan efek tenang padanya, sehingga si Kecil lekas pulih dari cegukan yang dialami.

Ketiga adalah pengelolaan jumlah makanan yang diberikan pada si Kecil. Poin ini rasanya akan jadi poin terpenting karena dapat meminimalisir resiko cegukan pada bayi. Alih-alih memberikan ASI, MPASI, atau susu formula dengan jumlah yang banyak pada sekali waktu makan, lebih direkomendasikan untuk memberikannya dalam porsi yang lebih sedikit, namun intensitas yang lebih banyak. Dengan demikian, si organ pencernaan si Kecil bisa bekerja tanpa harus menanggung beban yang terlalu besar. Dengan cara ini Mums juga tetap dapat memberikan asupan nutrisi harian yang cukup, jadi tumbuh kembang si Kecil sama sekali tidak akan terganggu.

Waspadai Cegukan, dan Tetap Perhatikan Asupan Nutrisi Setiap Hari

Waspadai Cegukan, dan Tetap Perhatikan Asupan Nutrisi Setiap Hari

Seperti yang diungkapkan sebelumnya, cegukan adalah hal alami yang dialami si Kecil dan tidak perlu dikhawatirkan. Biasanya, cegukan hanya berlangsung selama kurang lebih 10 menit saja, dan kemudian akan hilang dengan sendirinya.

Lalu kapan cegukan perlu diwaspadai? Adalah ketika cegukan yang dialami si Kecil berlangsung cukup lama dan cukup sering. Ketika hal ini terjadi, maka bisa menjadi indikasi bahwa saluran pencernaan atau pernafasan si Kecil mengalami gangguan. Ada baiknya Mums membawa si Kecil ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang lebih akurat.

Selain berlangsung cukup lama, cegukan juga wajib diwaspadai ketika sudah mengganggu aktivitas si Kecil dan membuatnya rewel. Tubuh manusia memang benda yang ajaib. Ketika ada sesuatu yang salah di dalam sistemnya, maka tubuh akan memberikan tanda yang terlihat. Demikian pula yang terjadi pada anak-anak.

Terakhir, adalah pengingat untuk tetap memberikan asupan nutrisi harian yang cukup. Baik melalui ASI, MPASI (jika si Kecil sudah berusia 6 bulan atau lebih), atau makanan lain dan susu formula, semua bisa jadi cara yang baik memberikan asupan nutrisi untuk si Kecil.

Baca Juga : 4 Penyebab Gangguan Sistem Pencernaan pada si Kecil

Cegukan pada bayi merupakan hal alami yang tidak perlu menimbulkan kekhawatiran berlebih. Untuk membantu pembentukan organ dalam yang lebih optimal, maka Mums wajib memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Menjaga kualitas ASI dan pemilihan MPASI yang tepat bisa jadi kuncinya. Untuk membantu Mums menjaga kondisi tubuh selama masa menyusui, Mums bisa menambahkan Frisomum Gold Dualcare+ pada menu makanan Mums. Dengan demikian, asupan nutrisi harian yang Mums perlukan akan terpenuhi, dan bisa memproduksi ASI berkualitas untuk asupan si Kecil setiap hari.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang