Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Mengenai Psikologi Anak, Ini Hal yang Harus Mums Perhatikan

Mengenai Psikologi Anak, Ini Hal yang Harus Mums Perhatikan

Perkembangan si Kecil pada usia 1 hingga 6 tahun merupakan fase krusial yang memerlukan perhatian ekstra. Pasalnya, banyak hal yang nantinya akan dikuasai si Kecil ketika dewasa berdasar pada apa yang didapatnya pada usia ini. Tidak hanya dari segi fisik saja, namun faktor psikologi anak akan turut memiliki dampak besar pada perkembangan kemampuan sosial dan perkembangan secara umum.

Secara umum, sebenarnya perkembangan si Kecil dapat dilihat dari 3 faktor besar, yakni perkembangan fisik, perkembangan kemampuan kognitif, dan perkembangan kemampuan sosial dan emosional. Ketika faktor ini menjadi acuan untuk tumbuh kembang secara umum. Idealnya, ketika nutrisi, rangsangan, dan kasih sayang didapatkan secara optimal, maka tumbuh kembangnya juga akan berjalan optimal.

Lalu bagaimana dengan psikologi anak? Psikologi anak merupakan faktor diluar perkembangan fisiknya, dan erat dengan perkembangan sosial dan emosional. Jadi secara sederhana, perkembangan psikologi si Kecil cenderung nampak pada kemampuannya bersosialisasi, kemampuan menguasai emosi, berkomunikasi dengan baik, dan banyak hal laten lain yang tidak tampak secara kasat mata namun tetap dapat Mums rasakan.

Psikologi Anak banyak Dipengaruhi Lingkungan Sekitar

Mengenai Psikologi Anak, Ini Hal yang Harus Mums Perhatikan

Secara langsung, perkembangan kemampuan sosial dan emosional si Kecil akan dipengaruhi oleh lingkungan sekitar dan orang terdekatnya. Pernahkah Mums mendengar atau mengetahui tips agar tidak berkata kurang baik di hadapan anak-anak? Ternyata hal ini menjadi salah satu yang paling berpengaruh, selain tentu perilaku yang Mums dan orang terdekat lain tunjukkan.

Ketika si Kecil terbiasa mendengar kata-kata yang baik dan sopan, disampaikan dengan jelas dan tanpa emosi negatif, maka psikologi anak akan terstimulasi menirukan hal yang sama. Mengambil nilai dan melihat sisi positif sebagai efek dari perkataan yang disampaikan orang sekitar. Ini yang membuat si Kecil di kemudian hari akan memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Hal yang sama juga terjadi pada perilaku yang ditunjukkan. Hal sederhana seperti meminta si Kecil memberikan makanan pada orang yang kurang mampu akan memberikan satu efek positif pada perkembangan empati yang ada di dalam dirinya. Maka tak jarang anak-anak diminta melakukan hal-hal yang baik oleh orang tuanya, karena ini akan berdampak baik pada perkembangan si Kecil.

Terlebih jika perbuatan atau perkataan baik yang ditunjukkan di depan si Kecil juga disertai dengan penjelasan sederhana yang dapat dipahami. Efek baik pada perkembangan psikologis anak akan semakin nampak seiring berjalannya waktu.

Pelecehan Psikologis yang Jarang Disadari

Mengenai Psikologi Anak, Ini Hal yang Harus Mums Perhatikan

Meski tentu setiap orang tua, dan setiap keluarga mengupayakan agar segala yang disampaikan dan ditunjukkan adalah hal baik, tak jarang masih terjadi pelecehan psikologis yang tidak disadari. Pelecehan psikologis sendiri adalah bentuk perilaku atau ucapan yang merendahkan, menghina, atau merundung dalam bentuk apapun.

Hal paling sederhana, adalah bentuk panggilan. Katakanlah si Kecil memiliki berat badan yang cukup besar, dan secara tak sadar ada anggota keluarga yang memanggilnya ‘gendut’, maka hal ini akan membuat si Kecil merasa dirinya melakukan kesalahan, akan membuat kondisi mentalnya terserang, dan berefek buruk pada perkembangannya.

Pelecehan psikologis sendiri sebenarnya bisa dihindari dengan menjalin hubungan komunikasi yang baik dengan si Kecil. Pandai memilih kata dan menyampaikan sesuatu pada si Kecil jadi kunci utamanya. Ini mengapa banyak orang jaman dahulu berkata jika ingin berbicara dengan anak-anak harus berhati-hati dan banyak dipikirkan terlebih dahulu. Karena ternyata hal buruk sekecil apapun yang diterima si Kecil dapat membawa pengaruh untuk tumbuh kembangnya secara keseluruhan.

Perkembangan Psikologi dan Nutrisi yang Didapatkan si Kecil

Mengenai Psikologi Anak, Ini Hal yang Harus Mums Perhatikan

Idealnya, jika si Kecil mendapatkan stimulus yang baik, nutrisi harian yang tercukupi, serta lingkungan tumbuh yang ideal, maka tumbuh kembangnya juga bisa berjalan maksimal. Untuk faktor nutrisi sendiri akan berdampak besar pada perkembangan otak si Kecil dan kemampuan berpikirnya. Tentu, ini jadi salah satu hal krusial juga yang berpengaruh pada psikologi anak secara umum.

Memenuhi kebutuhan nutrisinya setiap hari harus dilakukan. Nutrisi seperti Omega 3, Vitamin A, lemak sehat, dan berbagai macam nutrisi lain yang dibutuhkan oleh otak harus diberikan secara ideal. Mums dapat memperoleh nutrisi tersebut dari berbagai jenis makanan sehat yang bisa dengan mudah ditemukan di pasar atau pusat perbelanjaan. Ada baiknya, untuk menyusun menu makanan yang ideal, Mums berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi anak.

Baca Juga : 6 Tips Parenting untuk yang Wajib Mums Pahami

Perkembangan psikologi anak secara langsung akan dipengaruhi oleh banyak hal, mulai dari stimulus yang diterimanya hingga asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya. Untuk membantu Mums mencukupi kebutuhan nutrisi harian si Kecil, Mums dapat memberikan varian Friso Gold 3 untuk usia 1 sampai 3 tahun, dan Friso Gold 4 untuk usia 4 sampai 6 tahun. Friso dengan teknologi Locknutri yang dapat menjaga kualitas alami nutrisi, menjadikan Friso Gold pilihan tepat untuk menemani setiap fase tumbuh kembang si Kecil dan membantunya kuat dari dalam.