Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Mengenal Matahari Lewat Buku Buatannya

Mengenal Matahari Lewat Buku Buatannya

Selamat pagi, Mum! Cobalah melihat ke luar jendela. Apakah matahari sedang bersinar cerah? Jika iya, kalau begitu inilah saat yang tepat untuk mengajak si Kecil berkenalan dengan bintang raksasa yang cahayanya sudah sering ia nikmati dan rasakan dalam aktivitas sehari-harinya. Untuk memudahkan, mari kenalkan matahari melalui buku sederhana yang bisa Mum buat dengan mudah.

Aktivitas Bersama si Kecil

  1. Mulailah dengan mencetak buku sederhana tentang matahari yang bisa Mum download di bagian Info Pendukung Aktivitas di bawah ini.
  2. Tempelkan hasil cetakan bukunya pada sehelai karton tebal lalu buatlah lubang pada gambar matahari yang terdapat pada bukunya.
  3. Bukunya sudah jadi, Mum? Mari ajak si Kecil ke halaman rumah. Bentangkan tikar di halaman rumahnya, lalu minta si Kecil duduk sambil memperhatikan Mum.
  4. Kenalan si Kecil dengan matahari melalui buku buatan Mum. Bukalah buku yang sudah Mum buat, lalu angkat mengarah ke angkasa hingga cahayanya masuk ke dalam lubang tempat gambar mataharinya berada.
  5. Wah, ada matahari kecil dalam bukunya! Minta si Kecil untuk memperhatikan sinar yang masuk ke dalam buku buatan Mum. Sambil mengenalkan matahari, Mum juga bisa memberikan penjelasan sederhana tentang fungsi matahari dalam kehidupan sehari-harinya. Misalnya, matahari yang membuat siang hari menjadi terang.
  6. Mum, abadikan raut wajah takjubnya yang lucu itu ya, saat melihat ada matahari kecil dalam bukunya. Agar lebih meriah, ajaklah Dad untuk bermain dan merekam aktivitas Mum dan si Kecil ini sebagai kenang-kenangan atas momen indah tersebut.
     

Info Pendukung Aktivitas

Agar kesehatan kulit si Kecil dapat selalu terjaga, aktivitas ini sebaiknya dilakukan sebelum pukul 9 pagi. Untuk melindungi kulitnya, Mum juga bisa menggunakan krim tabir surya khusus bayi 30 menit sebelum memulai aktivitas untuk melindungi kulitnya tersebut. Namun, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter si Kecil untuk mengetahui jenis krim yang cocok untuknya. Satu lagi, ketika bermain, pastikan si Kecil tidak melihat langsung ke arah matahari karena dapat mengganggu kesehatan matanya nanti.
Untuk membuat buku matahari untuknya, silahkan download gambar dibawah ini, Buku Matahari Si Kecil:

Manfaat Bagi Mum

Mengajak si Kecil berkenalan dengan matahari di ruang terbuka merupakan aktivitas belajar mengajar yang menyenangkan bagi Mum dan dirinya. Tak hanya itu, bermain bersama si Kecil di bawah hangatnya sinar matahari pagi, tentu menjadi sarana relaksasi yang nyaman dan menenangkan sebelum memulai aktivitas sepanjang hari nanti.

Manfaat Bagi si Kecil

Selain menyegarkan, bermain sambil berjemur di bawah sinar matahari dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan si Kecil. Dalam wawancaranya dengan Tempo, dokter spesialis gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Saptawati Bardosono, mengemukakan bahwa sinar matahari dapat merangsang tubuh untuk memproduksi vitamin D yang memiliki peran penting dalam pembentukan tulang dan penyaluran kalsium dalam tubuh.

Info Gizi Nutrisi

Ketika sedang bermain di halaman, Mum biasanya akan melihat si Kecil kerap asyik menggigit jarinya atau memasukkan benda ke dalam mulutnya. Hal ini biasanya terjadi karena gigi mungilnya sedang tumbuh sehingga gusinya menjadi tidak nyaman. Oleh sebab itu, pastikan si Kecil tidak melakukan hal ini saat tangannya sedang kotor agar kesehatannya dapat terus terjaga dengan baik.

Agar si Kecil dapat selalu sehat dan bersemangat dalam beraktivitas, peran nutrisi juga penting untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya pada masa ini. Selain dari ASI, jika Mum sudah mengenalkan makanan padat kepadanya, cobalah memberikan puree dengan kombinasi buah dan sayuran berwarna cerah, seperti wortel, pepaya, mangga, dan ubi yang kaya akan beta-carotene. Kandungan ini nantinya akan berubah menjadi vitamin A di dalam tubuh si Kecil dan ikut memelihara sistem kekebalan tubuh si Kecil.