Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Mengenal Peran Matahari dengan Bertanam

Mengenal Peran Matahari dengan Bertanam

“Matahari itu bulat, warnanya kuning dan cahayanya terang!” Ini mungkin deskripsi yang dilontarkan si Kecil ketika Mum memintanya menjelaskan tentang matahari. Ia sudah semakin pintar, ya? Oleh sebab itu, inilah saatnya untuk memperdalam wawasannya dengan matahari. Kini, Mum bisa mulai memberikan penjelasan sederhana tentang peran bintang raksasa tersebut dalam kehidupan di sekelilingnya. Caranya mudah! Mari mengajak si Kecil belajar menanam.

Aktivitas bersama si Kecil :

  1. Pertama-tama, siapkan dua gelas transparan (bisa dari bekas gelas air mineral). Kemudian, lapisi bagian dasarnya dengan kapas secukupnya. Setelah itu, letakkan masing-masing tiga butir kacang hijau di atas kapas pada tiap gelas.
  2. Ajaklah si Kecil menyiramkan air pada dua gelas tersebut. Lalu, letakkan gelas pertama di tempat yang kaya sinar matahari, seperti di teras rumah. Sementara itu, letakkan gelas lainnya di tempat yang lembap dan tidak ada sinar mataharinya.
  3. Amati pertumbuhan kacang hijau setiap hari dengan menggunakan halaman checklist.
  4. Mum, setelah 2-3 hari nanti, ajak si Kecil untuk memerhatikan perkembangan yang terjadi pada benih kacang hijau pada kedua gelas tersebut. Tanaman manakah yang kira-kira dapat tumbuh dengan pesat?
  5. Gunakan perbedaan keduanya tersebut untuk menjelaskan kepada si Kecil tentang peran matahari dalam pertumbuhan tanaman.
  6. Pastikan Mum mengabadikan foto si Kecil saat sedang seru bercocok tanam, ya. Foto tersebut tentu dapat menjadi kenang-kenangan yang berharga atas kegiatan ini. Jangan lupa, Mum juga dapat membagikan foto aktivitas tersebut di halaman Facebook kami di Friso Indonesia dan twitter @FrisoID dengan menggunakan hashtag #FrisoMoments.

Manfaat Bagi Mum

Mengajak si Kecil belajar menanam bisa menjadi kegiatan seru di tengah aktivitas sehari-hari yang terkadang terasa membosankan. Melihat raut wajahnya begitu penasaran saat mengamati pertumbuhan kacang hijau tentu juga akan membuat Mum bangga atas perkembangannya saat ini. Satu lagi yang terpenting, aktivitas belajar dan bermain yang rutin dalam suasana yang hangat dan akrab seperti ini tentu akan semakin mempererat hubungan Mum dan dirinya.

Manfaat Bagi si Kecil

Menanam merupakan salah satu cara yang baik untuk mengenal lebih dalam tentang tumbuhan. Hal ini dapat menjadi permulaan untuk mengembangkan kecintaannya kepada alam. Tak hanya itu, kegiatan ini juga akan berdampak positif untuk merangsang kemampuan motorik serta kemampuan kognitifnya dengan baik. Dengan bercocok tanam, si Kecil pun dapat mulai membangun kemampuan berpikir logis secara perlahan tentang bagaimana sebuah benih kecil bisa tumbuh menjadi tanaman serta memahami peran sinar matahari dalam kehidupan tumbuhan.

Info Gizi dan Nutrisi

Belajar bertanam tentunya menjadi aktivitas yang menghibur dan menyenangkan bagi si Kecil. Agar ia dapat selalu beraktivitas dengan baik, diperlukan sistem daya tahan tubuh yang kuat untuk melindunginya dari berbagai penyakit. Sayangnya, terkadang si Kecil tidak bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan baik karena ia menolak makan sayur. Padahal, sayuran mengandung banyak vitamin dan mineral, termasuk zat besi. Kandungan tersebut merupakan mineral yang berfungsi untuk mengikat dan membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Jika kekurangan si “besi” maka si Kecil dapat terkena anemia dimana tubuh tidak bisa memproduksi cukup hemoglobin sehingga darah tidak dapat menyebarkan oksigen dengan baik. Efeknya, badan si Kecil pun akan mudah lelah.

Oleh sebab itu, tetaplah memberikan menu makanan dengan sayuran agar kebutuhan nutrisinya dapat terpenuhi dengan baik. Salah satu cara yang dapat Mum coba agar si Kecil mau memakan sayurannya adalah dengan mengombinasikannya ke dalam bentuk lain yang menarik sehingga si Kecil mau menyantapnya dengan lahap, misalnya dengan membuat smoothies atau jus.

Selain dari sayuran, zat besi juga bisa ditemukan pada susu pertumbuhannya. Untuk itu, pastikan nutrisi dalam susunya dapat dicerna dengan mudah oleh si Kecil agar manfaatnya dapat dinikmati secara optimal. Friso Gold 4 diproses menggunakan prinsip “Grass to Glass” yang memastikan susu tidak diolah dengan pemanasan yang berlebih sehingga nutrisi yang terkandung di dalamya lebih mudah dicerna oleh si Kecil dan dapat terjaga kualitasnya.