Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Mengenali 4 Karakteristik Anak Usia DIni

Mengenali 4 Karakteristik Anak Usia DIni

Karakteristik anak usia dini perlu Mums ketahui dengan cepat. Bukan karena semata si Kecil adalah anak kesayangan Mums yang harus mendapatkan perhatian khusus, namun lebih kepada agar Mums bisa memberikan stimulus yang tepat sehingga tumbuh kembang di periode emasnya dapat berlangsung dengan optimal. Pemahaman pada karakteristik si Kecil akan memberikan gambaran stimulus seperti apa yang lebih tepat diberikan padanya.

Kecerdasan si Kecil dapat berkembang dengan pesat pada periode ini sebab si Kecil belajar benar-benar dari nol. Hingga usia 6 tahun merupakan usia yang sangat disarankan mendapat banyak stimulus kecerdasan, agar sel-sel otaknya lebih cepat terhubung sehingga kecerdasannya lebih cepat juga terbentuk. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kecerdasan anak akan terbentuk sebanyak kurang lebih 50% pada 4 tahun pertama kehidupannya.

Jika melihat presentase ini, tentu saja Mums harus memberikan stimulus dalam berbagai bentuk agar kesempatan tersebut bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin. Tapi jangan lupa juga, selain perkembangan otaknya, si Kecil juga mengalami pertumbuhan fisik yang tak kalah pesat. Pembentukan otot, koordinasi gerak, dan banyak faktor lain harus juga dimaksimalkan.

Untuk memberikan stimulus yang tepat, pertama-tama Mums harus mengetahui karakteristik si Kecil. Terdapat setidaknya 4 kecenderungan karakteristik anak usia dini. Apa saja karakteristiknya? Simak penjelasan berikut ini.

Egosentris

Beberapa anak memiliki kecenderungan sifat egois yang cukup besar dalam dirinya. Tentu ini tidak salah, dengan catatan dikelola dan dibimbing dengan tepat. Dengan bimbingan yang tepat dari Mums, si Kecil bisa menjadi pribadi dengan fokus dan sikap persisten yang kuat. Ini baik untuk masa depannya ketika ia memiliki keinginan dan mengejar tujuan hidup.

Namun demikian jika tidak dikelola dengan baik, sifat egois atau bisa disebut dengan egosentris ini justru dapat merugikan si Kecil dan lingkungannya. Mengapa demikian? Si Kecil yang egois akan banyak merepotkan teman-temannya. Ia akan mudah mengalami emosi negatif ketika tidak mendapatkan apa yang diinginkannya dan menjadi cenderung tidak mau berbagi.

Rasa Ingin Tahu

Rasa ingin tahu yang besar merupakan karakteristik anak usia dini yang cukup banyak ditemukan di Indonesia. Karakter ini ditunjukkan dengan si Kecil yang banyak berinteraksi dengan benda disekitarnya, banyak menunjuk barang, banyak berjalan dan mendatangi hal baru, banyak bertanya dan segala macam kegiatan kepo lainnya.

Karakter ini perlu diimbangi dengan pengetahuan Mums yang juga luas agar si Kecil mendapatkan jawaban yang tepat untuk rasa ingin tahunya. Jangan lupa ya Mums, dampingi terus si Kecil ketika ia mengeksplorasi dunianya. Selain menjadi jawaban atas pertanyaannya, Mums juga dapat menjaga keselamatan si Kecil bilamana ia mendatangi tempat atau berdekatan dengan benda yang memiliki potensi bahaya.

Bertemu dengan Orang Banyak

Selain dua karakter di atas, ada juga anak yang memiliki karakter suka bertemu dengan orang baru. Anak dengan karakter seperti ini memiliki rasa percaya diri dan keberanian yang tinggi karena ia tidak mudah takut dengan orang yang baru ditemuinya. Biasanya, karakter ini juga disertai dengan rasa ingin tahu yang cukup besar, seperti karakter pada poin ke dua.

Bertemu dengan banyak orang membantu si Kecil mendapat berbagai preferensi baru untuk pembentukan karakternya. Ketika bertemu dan berinteraksi, si Kecil akan banyak mengamati apa yang dikatakan dan dilakukan orang baru tersebut. Ketika Mums dapat membimbing si Kecil dalam hal ini, ia akan menjadi pribadi yang supel dan mudah bergaul.

Imajinasi Kuat

Karakter terakhir adalah anak dengan daya imajinasi yang kuat. Karakter ini biasanya ditunjukkan dengan si Kecil yang dapat menikmati banyak waktu bermain dengan mainannya di dalam kamar, banyak berpura-pura menjadi tokoh yang diidolakannya, serta senang membuat karya dengan warna atau gambar.

Si Kecil dengan imajinasi yang kuat dapat distimulasi dengan mengajaknya bermain bersama, membacakan banyak buku cerita, menunjukkan banyak tontonan bermanfaat dan sesuai usia, serta berkarya bersama. Dengan begini si Kecil akan semakin terlatih imajinasinya dan bukan tidak mungkin di masa yang akan datang ia menjadi seniman besar.

Karakteristik anak usia dini di atas tidak kemudian bersifat tunggal, namun lebih kepada kecenderungan atau dominan. Setiap anak memiliki setiap karakter tersebut dengan porsi yang berbeda-beda. Pembentukan karakternya akan dapat optimal jika Mums menemukan karakter dominan yang dimiliki, dan memberikan pendampingan yang tepat pada karakter tersebut dan menyeimbangkan yang lainnya.

Membahas karakteristik anak usia dini mungkin tidak cukup disampaikan dalam satu artikel ringan ini saja namun perlu pembahasan lebih jauh. Yang pasti, sebagai orang tuanya Mums dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian untuk menunjang tumbuh kembang si Kecil. Berikan Friso Gold 4 untuk membantu memenuhi nutrisi harian si Kecil. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam. Mums juga dapat berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) melalui situs resminya dengan fitur live chat.