Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Mengenalkan Bioskop untuk si Kecil, 4 Tips Agar Menonton Menjadi Saat yang Seru

Mengenalkan Bioskop untuk si Kecil, 4 Tips Agar Menonton Menjadi Saat yang Seru

Mempelajari hal baru untuk anak-anak tidak hanya sekedar berada di lingkungan sekitar rumah, namun juga pada cakupan lebih luas lagi. Menginjak usia 3 hingga 6 tahun, si Kecil memiliki rasa ingin tahu yang besar. Hal ini tentu harus diimbangi oleh pendampingan orang tua yang intens agar si Kecil dapat belajar dengan optimal. Salah satu konsep baru pembelajaran adalah melalui film atau tontonan, ini sebabnya, bioskop untuk si Kecil bisa jadi cara belajar yang mengasyikkan.

Mungkin sebagian dari orang tua yang memiliki anak kecil atau balita enggan untuk mengajak anaknya pergi menonton di bioskop. Pasalnya, si Kecil terkadang kurang mau bekerja sama dan rewel ketika berada di dalam ruangan bioskop. Hal ini tak pelak akan menjadi gangguan untuk penonton lain, dan malah bisa menjadi hal negatif untuk si Kecil dan orang sekitarnya.

Namun demikian, berbagai film yang ditayangkan di bioskop biasanya mengandung banyak pelajaran yang bisa diambil. Tentu pasti memiliki nilai hiburan, karena sejatinya film merupakan media hiburan. Namun jika orang tua cermat dalam memilihkan film, maka si Kecil akan mendapatkan tontonan yang tepat, lengkap dengan lingkungan menonton yang tepat pula.

Lalu bagaimana agar bioskop untuk anak bisa bermanfaat dan tidak mengganggu pengunjung lain? Berikut beberapa tips sederhana untuk mengajak si Kecil menonton di bioskop yang bisa dicoba.

Pemilihan Film Berdasarkan Usia

Setiap film memiliki alur cerita dan peruntukannya masing-masing. Film yang tayang di bioskop, telah memiliki kategori berdasarkan usia yang memungkinkan orang tua memilihkan film yang tepat untuk usia anaknya.kategorisasi ini sendiri memiliki beberapa tujuan untuk mengakomodir setiap kepentingan penonton yang ada.

Dengan memilih kategori film sesuai dengan usia si Kecil, maka orang tua telah mengambil langkah bijak. Film yang sesuai untuk si Kecil paling tidak, tidak akan memunculkan adegan yang terlalu keras atau kurang sopan karena memang dibuat untuk anak-anak. Film seperti ini juga biasanya disisipi berbagai pesan moral untuk diajarkan kepada si Kecil. Yang paling penting, ketika menonton film dengan kategori usia anak-anak, orang tua tidak perlu khawatir pada lingkungan sekitar karena idealnya akan memiliki penonton yang mayoritas anak-anak pula.

Cermati Pola Aktivitas Anak

Orang tua perlu memperhatikan pola aktivitas si Kecil dan memahami betul waktu yang tepat untuk mengajak si Kecil menonton. Tentu tidak akan menjadi saat yang asyik bukan ketika si Kecil malah tertidur ketika berada di dalam ruangan bioskop? Pastikan orang tua mengajak si Kecil ke bioskop untuk menonton pada jam aktifnya.

Selain agar si Kecil tidak tidur, jam aktifnya ini juga dapat membantu si Kecil menyerap informasi dengan optimal dan konsentrasi penuh. Sembari didampingi oleh orang tua, si Kecil bisa sekaligus belajar dari apa yang ditontonnya. Ketika si Kecil kemudian ingin melakukan diskusi atau banyak bertanya setelah film selesai, maka ini juga menjadi saat yang tepat untuk menanamkan berbagai nilai yang sempat disaksikan si Kecil tadi.

Membawa Apa yang Diperlukan

Ketika memasuki ruangan bioskop, biasanya suhu akan sedikit menurun. Penurunan suhu ini sengaja dilakukan agar pengunjung merasa lebih nyaman. Sebagai orang tua yang mengajak si Kecil, sudah sewajarnya membawa keperluan atau barang yang diperlukan si Kecil seperti jaket atau topi, atau mungkin makanan kecil dan minuman.

Dengan membawa perlengkapan tersebut, si Kecil akan bisa merasa lebih nyaman dan tentunya tidak kedinginan. Si Kecil juga tidak akan rewel ketika haus atau lapar, karena sudah membawa makanan dan minuman sehingga si Kecil bisa fokus pada film yang ditontonnya.

Penjelasan

Ini yang menjadi hal paling penting untuk orang tua berikan ketika akan mengunjungi bioskop untuk menonton. Pastikan orang tua memberikan penjelasan mengenai etika ketika menonton dan aturan yang ada. Tidak sedikit orang tua yang terlalu fokus untuk membuat anaknya nyaman dan kurang memperhatikan kenyamanan orang lain.

Demi menanamkan nilai dan etika baik pada si Kecil, penjelasan seperti ini diperlukan. Tujuannya jelas, agar si Kecil bisa lebih mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Ruangan bioskop merupakan area publik, dimana si Kecil juga harus menghormati kenyamanan orang lain. Membiasakan si Kecil berlaku sopan dan mengerti aturan bisa menjadi latihan yang baik untuk membentuk karakternya.

Menonton film di bioskop memang menjadi saat yang mengasyikkan, terlebih ketika si Kecil tidak rewel dan mengerti aturan yang berlaku. Orang tua dan si Kecil bisa menyaksikan film dengan nyaman tanpa mengganggu orang lain.

Bioskop untuk anak akan berdampak positif, bilamana orang tua juga mengambil langkah bijak seperti yang telah dijelaskan di atas. Selain itu, agar proses belajar si Kecil ketika menonton film menjadi optimal, orang tua juga sebaiknya memberikan nutrisi yang cukup untuk perkembangan otaknya. Friso Gold 4, menjadi pilihan yang tepat. Selain memiliki segala nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembang, Friso Gold 4 juga dilengkapi dengan teknologi Locknutri, dimana nutrisi dijaga dalam kondisi alami selama proses produksi tanpa pemanasan berlebih. Mum bisa berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) pada situs Friso melalui fitur live chat yang ada di pojok kanan bawah, jika ada pertanyaan mengenai nutrisi si Kecil.