Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Mengetahui Penyebab Cegukan pada si Kecil, Simak Ulasannya!

Mengetahui Penyebab Cegukan pada si Kecil, Simak Ulasannya!

Di antara Mums yang membaca artikel ini, siapa yang tidak pernah sekalipun dalam hidupnya mengalami cegukan? Kondisi ini dapat dipastikan pernah dialami oleh semua orang di dunia. Tidak terkecuali anak-anak. Ya, cegukan yang terjadi pada si Kecil juga sebenarnya hal yang sangat wajar, selama tidak terjadi terlalu lama. Namun apa sih sebenarnya penyebab cegukan ini?

Penyebab Cegukan yang Terjadi pada si Kecil

Secara umum, penyebab cegukan sebenarnya dapat dikatakan tidak jauh berbeda. Cegukan disebabkan ketika otot diafragma, yakni yang memisahkan bagian perut dan dada, berkontraksi tanpa disengaja. Otot ini berperan dalam mengatur pernafasan, yang idealnya akan berkontraksi dan relaksasi ketika manusia menarik dan menghembuskan nafas.

Secara teknis, ketika cegukan terjadi, otot diafragma berkontraksi secara tiba-tiba dan menyebabkan udara yang masuk terlalu cepat ke dalam paru-paru. Reflek dari katup saluran pernafasan adalah menutup, sehingga muncullah suara khas cegukan yang terdengar seperti ‘hik’. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah :

  • Konsumsi minuman yang panas.
  • Konsumsi minuman bersoda atau berkarbonasi.
  • Konsumsi makanan pedas.
  • Proses makan yang terlalu cepat atau buru=buru.
  • Emosi yang terlalu besar, baik itu gembira atau emosi atau takut dan sebagainya.
  • Perut yang kembung,

Beberapa pemicu tersebut bisa jadi yang membuat si Kecil mengalami cegukan. Tentu kembali ditekankan, bilamana cegukan yang dialami tidak terlalu lama, hal tersebut adalah sesuatu yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Cukup dengan melakukan beberapa tips pada bagian selanjutnya berikut, cegukan dapat segera reda.

Cara Mudah Menghilangkan Cegukan

Ketika terjadi cegukan, biasanya dalam waktu beberapa menit akan menghilang dengan sendirinya. Namun jika cukup mengganggu si Kecil, Mums dapat melakukan beberapa hal sederhana berikut ini untuk mempercepat hilangnya cegukan.

  • Air hangat dan madu, campurkan hingga merata dan arahkan si Kecil akan meminumnya secara perlahan.
  • Berkumur, minta si Kecil untuk berkumur beberapa saat kemudian buang air yang digunakan berkumur.
  • Menahan nafas, terkadang berhasil namun ada kalanya gagal, namun cara yang satu ini patut dicoba.
  • Mengambil nafas dalam kemudian tahan beberapa detik.
  • Bernafas menggunakan kantong kertas atau sejenisnya.
  • Menghisap potongan lemon.
  • Mengkonsumsi jahe

Tips sederhana di atas dapat Mums coba untuk meredakan cegukan yang dialami si Kecil. Lakukan tips yang memungkinkan sehingga si Kecil tidak semakin rewel jika tips yang dilakukan tidak sesuai. Lakukan dengan rileks dan tenang, agar efeknya dapat segera terasa dan cegukan yang dialami si Kecil dapat segera reda.

Meski merupakan perkara yang cenderung sepele, namun ada kalanya cegukan juga perlu diwaspadai. Seperti ketika penyebab cegukan tidak diketahui dan berlangsung selama dua hari atau lebih. Nah, ketika hal ini terjadi, ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebabnya. Simak penjelasannya pada bagian di bawah ini Mums.

Penyebab Cegukan yang Patut Diwaspadai

Ketika cegukan berlangsung selama dua hari atau lebih, ini merupakan tanda awal bahwa cegukan yang dialami si Kecil bukan cegukan yang bisa disepelekan. Terdapat beberapa hal yang dapat menjadi penyebabnya.

  • Gangguan sistem pencernaan.
  • Gangguan saraf.
  • Gangguan pada otak.
  • Gangguan pada rongga bagian rongga dada.
  • Gangguan jantung.
  • Gangguan mental, seperti misalnya anoreksia dan skizofrenia.

Tentu, untuk memastikan kondisi si Kecil, Mums direkomendasikan untuk segera membawanya ke dokter anak kepercayaan Mums. Deteksi sejak dini diperlukan agar Mums dapat mengambil langkah yang tepat untuk mengatasi gangguan penyakit yang menjadi penyebab cegukan pada si Kecil.

Ketika mendatangi dokter, Mums akan direkomendasikan beberapa tes yang dapat digunakan untuk mengetahui secara pasti apa yang jadi penyebab cegukan tersebut.

  • Tes darah, digunakan untuk melihat jika ada tanda infeksi pada tubuh si Kecil.
  • Tes pencitraan, digunakan untuk mendeteksi jika ada kelainan yang mempengaruhi bagian saraf (misalnya dengan menggunakan Rontgen, CT Scan atau MRI).
  • Endoskopi, digunakan untuk melihat kondisi kerongkongan dan saluran pernafasan untuk memeriksa apakah cegukan disebabkan oleh gangguan pada bagian ini.
  • Elektrokardiografi atau EKG, digunakan untuk memeriksa kondisi jantung.

Memang tidak setiap tes tersebut harus dijalani oleh si Kecil ketika mengalami cegukan yang berkepanjangan. Mums dapat berkonsultasi dengan dokter tes mana yang sebaiknya diambil. Hal ini dikarenakan Mums tetap perlu menjaga kondisi mental si Kecil agar tidak down jika harus menjalani tes medis.

Mengetahui penyebab cegukan secara pasti bisa jadi langkah awal untuk menentukan solusi apa yang harus diambil. Memang kebanyakan cegukan bisa diselesaikan dengan tips sederhana yang disampaikan di atas, namun tak ada salahnya mengetahui informasi lebih banyak bukan? Untuk memastikan agar daya tahan tubuh dan kondisi kesehatan si Kecil tetap terjaga, Mums wajib memberikan makanan yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Dampingi juga dengan konsumsi Friso Gold 4 sebagai susu yang menunjang kecukupan nutrisi. Friso Gold 4 dilengkapi dengan Locknutri yang dapat menjaga kualitas alami nutrisi, sehingga mudah diserap oleh tubuh si Kecil dan membuatnya kuat dari dalam. Asupan nutrisi tercukupi dan pola hidup sehat, kunci optimalnya tumbuh kembang si Kecil!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang