Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Mengisi Liburan si Kecil dengan Budget Ekonomis dan Kegiatan Edukatif

Mengisi Liburan si Kecil dengan Budget Ekonomis dan Kegiatan Edukatif

Siapa bilang liburan selalu harus mengeluarkan dana banyak hanya untuk bersenang-senang? Memang jika mungkin rencana liburan sekeluarga adalah ke luar kota atau mungkin ke luar negeri, harus dipersiapkan anggaran yang cukup besar. Namun demikian, liburan juga bisa diisi dengan kegiatan produktif dan ekonomis. Salah satunya adalah mengisi liburan si Kecil dengan kegiatan di lingkungan rumah.

Ya, liburan si Kecil bisa diisi dengan kegiatan yang sangat produktif dan dengan anggaran yang ekonomis. Kegiatan di sekitar rumah, bisa menjadi pengisi waktu libur sekaligus momen belajar dan bermain bersama keluarga. hal paling penting adalah kreativitas orang tua dalam membuat satu rangkaian kegiatan yang seru sehingga si Kecil bisa bersenang-senang sekaligus tetap belajar secara aktif.

Pembelajaran yang diberikan juga bisa beragam, mulai dari melatih kekuatan fisik, kepekaan sosial, hingga meningkatkan kualitas hubungan pada keluarga inti. Beberapa kegiatan yang akan dijelaskan di bawah ini tentu merupakan gambaran umum saja. Kegiatan ini bisa dimodifikasi serta disesuaikan dengan waktu dan pelajaran yang ingin disampaikan kepada si Kecil.

Berkebun

Kegiatan luar ruang yang satu ini memiliki segudang manfaat. Selain mengenalkan si Kecil pada berbagai macam tumbuhan dan tanaman, orang tua juga bisa mengajak si Kecil untuk turut berpartisipasi dalam proses penanaman dan perawatan. Gerakan yang dilakukan dalam mencangkul tanah, memindahkan pot hingga menyiram tanaman bisa jadi latihan bagus untuk koordinasi tubuhnya.

Selain itu, dengan bersentuhan dengan alam secara langsung, si Kecil akan lebih menghargai alam. Merawat tanaman dan memeliharanya hingga berbuah akan menjadi kepuasan tersendiri Ketika sudah berhasil si Kecil cenderung akan lebih gemar untuk mengkonsumsi buah dan sayuran hasil aktivitas berkebunnya.

Piknik Sederhana

Kegiatan piknik identik dengan aktivitas di taman, dengan keluarga terdekat, serta makan bersama. Piknik tidak harus berada jauh dari tumha, jika area rumah memiliki halaman belakang atau pekarangan yang cukup lapang. Ajak seluruh anggota keluarga untuk sekedar duduk bersama menikmati makanan ringan dan matahari sore dari pekarangan rumah.

Selain untuk menghilangkan penat, interaksi yang terjalin juga akan meningkatkan kualitas hubungan keluarga inti. Berikan pula tugas untuk setiap anggota keluarga untuk ikut mengambil peran dalam menyiapkan dan merapikan setiap barang yang digunakan. Dengan bekerja sama, ikatan batin pada keluarga inti akan terjalin makin erat.

Hewan Peliharaan

Sesekali beraktivitas dengan hewan peliharaan di luar area rumah juga bisa sangat menyenangkan. Untuk keluarga yang memiliki hewan peliharaan, baik itu anjing, kucing atau lainnya, bisa diajak bermain bermain bersama di area pekarangan atau halaman belakang.

Aktivitas yang dilakukan bersama dapat membuat interaksi yang terjalin menjadi hangat. Sekaligus orang tua dapat melatih fisik dan koordinasi si Kecil ketika beraktivitas dengan hewan peliharaan ini. Latihan seperti berjalan, berlari, melempar bola dan sebagainya, menjadi rangsangan bagus untuk tumbuh kembang si Kecil.

Berkemah

Mengisi liburan si Kecil juga bisa dilakukan dengan berkemah. Tidak harus dengan mengunjungi bumi perkemahan atau area pegunungan, berkemah di halaman belakang bisa jadi pengenalan aktivitas kemah yang baik untuk anak-anak. Berkemah di area sekitar rumah juga jelas lebih aman dan memiliki resiko lebih rendah untuk anak-anak.

Kegiatan kemah mengharuskan setiap anggota keluarga untuk berpartisipasi, baik dalam mendirikan tenda, memasak atau mempersiapkan peralatan yang diperlukan. Di sini, orang tua dapat melatih kemampuan si Kecil memecahkan masalah dan kemampuan fisiknya secara keseluruhan. Selalu pastikan si Kecil berada dalam pengawasan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kolam Renang Plastik

Olahraga berenang dikenal luas sangat baik untuk merangsang pertumbuhan fisik dan koordinasi tubuh manusia. Alih-alih mengajak si Kecil ke kolam renang umum yang biasanya ramai pada hari libur, orang tua bisa menyediakan kolam renang plastik di halaman. Keamanan dan pengawasan bisa sangat optimal ketika berenang dilakukan secara lebih privat.

Aktivitas ini juga baik untuk mengenalkan si Kecil pada olahraga dan kegiatan air, serta melatihnya agar tidak takut pada air dalam jumlah yang banyak. Kemampuan berenang sudah seharusnya dimiliki dan dipelajari oleh si Kecil sejak dini agar nantinya bisa menjadi bekal ketika ia beranjak dewasa.

Waktu liburan tidak selalu berarti alokasi anggaran yang besar. Dengan kreativitas dan sedikit usaha, waktu liburan si Kecil bisa dijadikan waktu belajar dan kegiatan bonding anggota keluarga yang menyenangkan.

Dalam mengisi liburan si Kecil, orang tua harus melakukannya dengan kompak. Perencanaan kegiatan yang matang serta persiapan fisik si Kecil yang baik akan menjadi kunci utama. Tentu, untuk menyiapkan fisik si Kecil, asupan nutrisi harus selalu menjadi prioritas. Friso Gold 3, menjadi jawaban untuk memenuhi asupan nutrisi si Kecil usia 1 hingga 3 tahun. Dengan teknologi Locknutri yang memastikan kualitas nutrisi agar terjaga, Friso Gold 3 akan jadi pilihan yang disukai si Kecil karena rasanya juga nikmat. Selain itu, Mum bisa berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) melalui fitur live chat pada website Friso yang berada di pojok kanan bawah.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang