Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Mengoptimalkan Golden Age dengan Cara Sederhana [5 Poin]

Mengoptimalkan Golden Age dengan Cara Sederhana [5 Poin]

Memberikan rangsangan pada setiap fase tumbuh kembang si Kecil merupakan hal krusial yang harus dilakukan oleh Mums dan orang disekitar si Kecil. Masa anak-anak merupakan masa dimana kecerdasan mulai terbentuk, karakter mulai ditanamkan, dan nilai-nilai kebaikan lebih mudah diserap. Secara teori, masa anak-anak balita disebut juga dengan Golden Age.

Penyebutan masa golden age sebenarnya diungkapkan oleh seorang tokoh, Sigmund Freud. Periode usia anak di bawah 5 tahun merupakan periode yang sangat tepat untuk memberikan rangsangan dan mengenalkan berbagai hal baru. Hal ini dikarenakan sekitar 50% kecerdasan si Kecil ketika dewasa akan dibentuk pada periode ini, tepatnya pada usia 4 tahun.

Tentu, dengan melihat sedikit penjelasan di atas, sudah dapat dipahami mengapa pada usia balita sangat diperlukan rangsangan yang tepat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang fisik dan kecerdasan si Kecil. Ada beberapa cara yang dapat Mums lakukan, cukup sederhana, namun efektif guna merangsang kecerdasan si Kecil. Apa saja cara tersebut? Simak penjelasan berikut ini!

Bermain dan Belajar Setiap Saat

Mengoptimalkan Golden Age dengan Cara Sederhana [5 Poin]

Mengisi kegiatan dengan bermain sambil belajar dapat menjadi cara sederhana pertama yang bisa Mums lakukan. Hal ini dikarenakan ketika si Kecil bermain, kondisi mood dan otaknya berada pada titik tenang dan optimal untuk menerima berbagai pembelajaran baru. Jadi tak heran jika hampir di setiap artikel yang menjelaskan cara mudah merangsang kecerdasan si Kecil, yang pertama direkomendasikan adalah kegiatan bermain sambil belajar.

Untuk pilihan permainan yang dapat dilakukan, tentu sangat banyak. Misalnya saja dengan bermain halang-rintang yang dibuat di area rumah. Selain dapat merangsang tumbuh kembang fisik, Mums juga dapat melatih kemampuan pemecahan masalah. Mums juga dapat bermain kartu buah dan sayuran untuk membantu si Kecil mengenali makanan-makanan sehat bernutrisi.

Menerapkan Parental Care

Mengoptimalkan Golden Age dengan Cara Sederhana [5 Poin]

Parental care dalam mengoptimalkan golden age adalah salah satu pola asuh yang sangat disarankan. Konsepnya adalah pembelajaran dan pendampingan yang dilakukan langsung oleh Mums atau anggota keluarga lain. Pembelajaran dan rangsangan dinilai akan lebih efektif, karena ikatan emosional yang ada antara anggota keluarga.

 

Dengan menerapkan konsep parenting ini, Mums dapat secara langsung memberikan contoh dan bimbingan pada banyak hal. Tentu tidak hanya untuk merangsang kemampuan otak dan kecerdasan si Kecil, namun juga membentuk karakternya dengan lebih baik. Ketika Mums mengajarkan sesuai dengan memberikan contoh langsung, si Kecil cenderung lebih cepat menyerapnya.

Memberikan Rangsangan yang Tepat

Mengoptimalkan Golden Age dengan Cara Sederhana [5 Poin]

Mengingat periode golden age dapat benar-benar mempengaruhi kecerdasannya hingga dewasa, tentu Mums perlu memberikan rangsangan yang tepat untuk mengoptimalkannya. Dengan memberikan rangsangan yang tepat, si Kecil dapat tumbuh dengan optimal, baik kecerdasan, fisik, hingga perkembangan karakternya.

Ajarkan nilai-nilai dasar yang menurut Mums sudah sangat ideal di keluarga Mums. Misalnya, berterima kasih ketika mendapatkan sesuatu, mengucapkan kata ‘tolong’ ketika memerlukan sesuatu dari orang lain, dan berbagai hal sederhana lainnya. Berikan juga rangsangan untuk kecerdasan otak dan daya imajinasinya, seperti pengenalan angka dan huruf serta memberikan ruang untuk si Kecil ‘berkarya’ dengan pewarna dan kertas.

Mendampinginya Setiap Saat

Mengoptimalkan Golden Age dengan Cara Sederhana [5 Poin]

Dalam setiap fase tumbuh kembang si Kecil, pendampingan Mums adalah hal yang sangat penting. Tak sekedar kehadiran secara fisik yang selalu menemani si Kecil untuk bermain dan belajar, namun juga kondisi mental yang tenang dari si Kecil ketika Mums berada di dekatnya. Seperti yang diungkapkan sebelumnya, bahwa ketenangan pikiran dan mood yang baik jadi kunci optimalnya rangsangan yang diberikan.

Bantu si Kecil ketika bermain untuk bersenang-senang dan tentu saja untuk belajar. Ajak si Kecil bermain puzzle misalnya, untuk melatih kemampuannya mengenali bentuk dan pola serta gambar. Ajak pula si Kecil berdiskusi pada mainan yang sedang dimainkan, meski mungkin si Kecil akan banyak mengungkapkan kata yang kurang jelas, namun ini adalah latihan yang baik untuk kemampuannya berkomunikasi serta mengasah mental.

Interaksi dengan Orang Lain Saat Golden Age

Mengoptimalkan Golden Age dengan Cara Sederhana [5 Poin]

Interaksi sosial perlu dikenalkan pada si Kecil ketika ia masih balita. Mengajak si Kecil sekedar berjalan-jalan di taman untuk bertemu dengan anak-anak lain bisa jadi latihan yang cukup baik. Atau jika tidak, Mums dapat memilih berbagai lembaga pendidikan pra sekolah yang banyak tersedia. Selain dapat membimbingnya dalam kemampuan berpikir, lembaga ini juga akan memberikan si Kecil ruang untuk berinteraksi dengan teman sebaya dan melatih kemampuan bersosialisasi.

Baca Juga : Bermain Bersama Anak di Luar Ruangan? Siapa Takut! Simak Berbagai Manfaatnya

Mengoptimalkan golden age, selain memberi rangsangan yang tepat, juga perlu didukung dengan mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Tentu makanan sehat dan kaya nutrisi adalah sebuah keharusan. Untuk membantu Mums memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil, Mums dapat menambahkan Friso Gold 3 ketika si Kecil berusia 1 hingga 3 tahun dan Friso Gold 4 ketika si kecil berusia 4 sampai 6 tahun. Friso dengan teknologi Locknutri, menjaga kualitas nutrisi alami sehingga mudah diserap oleh tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Perpaduan rangsangan yang tepat dan nutrisi yang tercukupi, si Kecil akan tumbuh jadi anak yang sehat, cerdas, dan kuat!