Lompat ke isi utama
Mengoptimalkan Golden Age Fase Tumbuh Kembang si Kecil

Mengoptimalkan Golden Age Fase Tumbuh Kembang Anak

Fase golden age harus benar-benar dioptimalkan agar tumbuh kembang anak berjalan optimal. Simak ulasan singkatnya di sini!

Setiap anak terlahir dengan keunikan masing-masing. Tentu hal ini akan berpengaruh langsung pada pola asuh dan rangsangan yang akan diberikan, sehingga apa yang dimiliki anak bisa benar-benar dioptimalkan. Terlebih pada masa golden age, Mums perlu benar-benar memberikan perhatian penuh pada anak agar setiap milestone dapat dilalui dengan baik sekaligus mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Golden age sendiri terjadi pada usia 0 sampai 3 tahun pertama kehidupan anak. Pada fase usia ini, anak akan mengalami perkembangan yang sangat pesat, sehingga harus benar-benar dimanfaatkan guna memberikan stimulus dan afeksi dengan cara yang tepat.

Stimulus pada Usia Awal Kehidupan anak

Mengoptimalkan Golden Age Fase Tumbuh Kembang anak

Beberapa hal bisa Mums perhatikan dan berikan pada anak ketika berada pada usia ini. Tentu saja, fase ini disebut golden age dengan dasar alasan yang jelas, bahwa apapun yang diterima anak pada fase ini dapat berpengaruh besar pada tumbuh kembangnya di fase-fase selanjutnya. Lalu apa yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan fase ini?

Bersikap hangat, penuh kasih, dan responsif, atas apapun yang dilakukan anak, selalu sikapi dengan tanggapan hangat dan penuh kasih. Berikan respon untuk apa yang sudah di anak perbuat.

Ajak berbicara, membacakan cerita, dan menyanyi bersama, aktivitas ini terdengar sepele namun dapat memberikan pengenalan bahasa dan cara berkomunikasi pada anak sejak usia dini. Tujuannya agar anak dapat lebih cepat belajar berkomunikasi dengan Mums.

Rutinitas setiap hari, penting untuk dilakukan karena akan mempengaruhi jam biologis dan jam aktivitas tubuh dan otak anak, rutinitas juga akan melatih kedisiplinannya dan membuat anak memiliki pola hidup yang teratur.

Memilih permainan dan stimulus yang cocok, penting untuk Mums selalu memilih mainan dan stimulus yang cocok dengan setiap fase tumbuh kembangnya. Mainan dan stimulus ini bisa mengacu pada milestone yang sudah tersedia.

Menyikapi anak sesuai dengan wataknya, karena anak dilahirkan dengan watak dominan yang berbeda-beda, Mums juga perlu memperlakukannya sesuai dengan wataknya agar potensi yang dimiliki bisa benar-benar dikembangkan.

Tahapan Golden Age yang Perlu Jadi Perhatian

Mengoptimalkan Golden Age Fase Tumbuh Kembang anak

Ada beberapa tahapan dan hal yang perlu benar-benar diperhatikan selama usia 0 sampai 3 tahun kehidupan awal anak.

Perkembangan Motorik Halus

Kemampuan motorik halus meliputi kemampuannya menggerakkan jari, kemampuan mengancingkan baju, mewarnai, memegang alat tulis, melipat kertas, menggunting, dan lain sebagainya. Hal ini akan berpengaruh langsung pada kreativitas, kemampuan menulis, serta keterampilan anak menggunakan tangannya.

Perkembangan Motorik Kasar

Selain motorik halus, Mums juga harus memperhatikan perkembangan motorik kasar yang dimiliki anak. Seperti misalnya kemampuan memanjat, berlari, berenang, melompat, dan kegiatan fisik lainnya. Stimulus yang tepat juga diperlukan agar anak dapat memiliki gerakan yang terkoordinasi, otot yang kuat, serta penguasaan pada tubuhnya secara umum.

Perkembangan Kognitif

Jika perihal motorik berkaitan dengan kemampuannya bergerak, perkembangan kognitif justru berbeda cukup jauh. Kemampuan kognitif anak dapat dilihat dari kemampuannya mengolah, mengkategorikan, dan mengklasifikasikan sesuatu yang bisa dilihatnya. Kemampuan mengolah informasi baru ini harus terus dirangsang oleh Mums dan semua orang terdekatnya, karena berpengaruh langsung pada kemampuannya berpikir logis, berbahasa, dan rasa empati.

Peka pada Gejala Gangguan Tumbuh Kembang

Tidak jarang anak rewel dan terus menerus membuat kegaduhan. Hal ini bisa disebabkan ia memerlukan perhatian ekstra, atau bahkan terjadi gangguan kesehatan yang tidak bisa didefinisikan olehnya. Penting untuk Mums memahami gejala awal terjadinya gangguan kesehatan yang dapat berdampak pada tumbuh kembang anak.

Mengenali Potensi anak dengan Stimulus Beragam

Setiap anak dilahirkan dengan bakat alaminya masing-masing, hingga saat ini setidaknya ada 8 bakat berbeda yang bisa dideteksi dan dikembangkan. Tentu, setiap poinnya memerlukan stimulus khusus agar bisa benar-benar berkembang. Diantaranya adalah :

Linguistik, kemampuan berbahasa, menulis dan berkomunikasi.

Musikal, kemampuan bermusik dan ketertarikan pada dunia musik.

Logikal, menyukai permainan angka dan berhitung.

Kinestetik badan, menyukai aktivitas olah raga dan fisik.

Visual spasial, kemampuan berpikir sistematis.

Interpersonal, kemampuan memahami orang lain dan memiliki rasa empati yang tinggi.

Natural, ketertarikan pada dunia sekitar dan alam.

Moral, kepiawaian mengatur emosi.

Asupan Nutrisi yang Tercukupi

Mengoptimalkan Golden Age Fase Tumbuh Kembang anak

Untuk mengoptimalkan tumbuh kembang serta bakatnya pada masa golden age, Mums juga perlu selalu memastikan kebutuhan nutrisi hariannya terpenuhi. Makanan kaya nutrisi, suplemen bila diperlukan, dan tentu saja susu formula yang berkualitas, semua diperlukan agar tubuh anak memiliki bahan bakar yang cukup untuk terus tumbuh dan berkembang.

Baca Juga : Mencukupi Kebutuhan Zat Besi anak, Apa Urgensinya?

Optimalisasi tumbuh kembang anak pada masa golden age dapat didukung dengan konsumsi rutin Friso Gold 3. Kandungan nutrisi serta teknologi Locknutri yang ada pada Friso lebih mudah diserap oleh tubuh anak dan membantunya kuat dari dalam. Selalu berikan yang terbaik untuk anak, dan kembangkan terus potensi yang dimilikinya!