Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Mengupayakan Berat Badan Bayi Ideal untuk si Kecil

Mengupayakan Berat Badan Bayi Ideal untuk si Kecil

Lahir dengan tubuh yang montok dan sempurna, si Kecil akan selalu membawa kebahagiaan untuk semua yang sudah menantikannya. Biasanya sesaat ketika lahir, si Kecil akan ditimbang dan diukur panjang tubuhnya untuk dapat mengetahui informasi berat badan bayi dan tingginya. Sederhana, hal ini ditujukan untuk dapat mengetahui apakah berat dan panjang tubuhnya ideal dan sesuai dengan acuan yang telah ada.

Berat badan bayi, dari kelahiran hingga usianya 1 tahun sebenarnya dapat dilihat dan dipantau secara mandiri. Mums juga dapat menanyakan berat badan ideal si Kecil pada dokter kepercayaan atau dengan mendatangi Posyandu. Namun Mums juga dapat menemukan acuan berat badan ideal si Kecil pada bagian berikut ini.

Berat Badan Bayi 1 - 12 Bulan

Mengupayakan Berat Badan Bayi Ideal untuk si Kecil

Idealnya ketika baru lahir, bayi akan dikatakan normal jika berat badannya berada di antara 2,5 kilogram sampai 3,9 kilogram untuk bayi laki-laki. Sedangkan bayi perempuan, idealnya berada pada kisaran 2,4 kilogram hingga 3,7 kilogram. Tentu saja, berat badan ini dianggap ideal jika Mums juga mengalami kehamilan ideal, yakni sekitar 37 hingga 40 minggu. Jika si Kecil lahir prematur maka berat badannya cenderung berada di bawah angka tersebut.

Nah untuk mengetahui berat badan ideal sesuai pertambahan usianya, simak bagian selanjutnya ya Mums.

Untuk si Kecil ketika berusia 1 hingga 3 bulan, idealnya berat badan berada pada kisaran 3,2 hingga 6,6 kilogram (usia 1 bulan 3,4 sampai 5,1 kilogram, usia 2 bulan 3,9 sampai 6,3 kilogram, dan usia 3 bulan antara 5 sampai 7,2 kilogram).

Untuk usia 4 hingga 6 bulan, idealnya berat badan si Kecil berada pada kisaran 5,6 sampai dengan 8,2 kilogram (usia 4 bulan antara 5 sampai 7,8 kilogram, usia 5 bulan antara 5,4 sampai 8,4 kilogram, dan pada usia 6 bulan antara 5,7 sampai 8,8 kilogram).

Pada usia 7 hingga 9 bulan, berat badan si Kecil akan berada pada rentang 6 sampai 9,9 kilogram (usia 7 bulan berkisar 6 sampai 9,9 kilogram, usia 8 bulan berkisar 6,3 sampai 9,6 kilogram, dan usia 9 bulan berkisar 6,5 sampai 9,9 kilogram).

Pada usia 10 sampai 12 bulan, kisaran berat badan bayi ada di angka 6,7 sampai dengan 10,8 kilogram (usia 10 bulan beratnya antara 6,7 sampai 10,2 kilogram, usia 11 bulan antara 6,9 sampai 10,5 kilogram, dan pada usia 12 bulan ada di angka 7,0 sampai 10,8 kilogram).

Cukup jelas bukan Mums uraian di atas? Berat badan ideal berada di antara angka tersebut, namun tak berarti harus tepat sesuai dengan batas atas dan bawah. Berbagai faktor dapat berpengaruh pada pertambahan berat si Kecil selama ia tumbuh, bahkan sejak dalam kandungan. Jadi, Mums harus benar-benar memperhatikan faktor yang berpengaruh pada berat badan si Kecil tersebut.

Faktor yang Berpengaruh pada Berat Badan si Kecil

Mengupayakan Berat Badan Bayi Ideal untuk si Kecil

Setidaknya ada 7 faktor yang dapat berpengaruh pada berat badan si Kecil selama di dalam kandungan dan ketika ia berusia 1 sampai 12 bulan. Di antaranya adalah gaya hidup selama Mums hamil, jumlah bayi dalam kandungan Mums dalam satu waktu, kondisi kesehatan si Kecil ketika lahir, kecukupan nutrisi harian selama masa hamil, kondisi kesehatan Mums ketika hamil, jenis kelamin si Kecil, dan yang pasti usia kandungan.

Jika setiap faktor tersebut sudah ideal, maka wajarnya si Kecil akan lahir dengan berat badan yang ideal pula.

Lalu Bagaimana Jika Berat Badannya Kurang?

Mengupayakan Berat Badan Bayi Ideal untuk si Kecil

Tidak sedikit pertanyaan terkait hal ini. Tumbuh kembang si Kecil tentu selalu diupayakan agar dapat mencapai target yang ditentukan. Namun manakala berat badannya masih kurang dari angka ideal, Mums tetap dapat mengusahakan agar si Kecil memiliki berat badan yang sesuai.

Pertama dengan memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupannya. Setiap nutrisi yang diperlukan si Kecil dapat dipenuhi dengan ASI, jadi makanan terbaik yang dapat diberikan adalah ASI. Selain itu, Mums juga wajib memberikan makanan pendamping ASI (dapat dikenalkan mulai usia 6 bulan) yang kaya nutrisi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian. Terakhir, Mums dapat memberikan ASI secara bergantian dari kedua payudara Mums. Dengan ‘permintaan’ ASI yang besar, maka tubuh Mums juga akan memproduksi ASI yang banyak. Ini dapat memberikan asupan yang cukup untuk si Kecil menambah berat badannya.

Baca Juga : 4 Rekomendasi Nama Bayi Laki-Laki Modern, Simak Di Sini Mums!

Mengetahui, mengontrol, dan mengupayakan berat badan bayi ideal dapat Mums lakukan sejak berada dalam masa kehamilan dan ketika menyusui. Untuk itu, Mums perlu susu yang cocok untuk membantu Mums memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Ingat, dengan nutrisi harian yang tercukupi, tubuh Mums dapat menunjang tercapainya berat badan ideal karena nutrisi ini akan diteruskan kepada si Kecil. Dampingi makanan sehat Mums dengan Frisomum Gold Dualcare+ yang mengandung nutrisi lengkap. Susu ini sangat cocok untuk masa kehamilan dan menyusui, untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Mumsms.