Lompat ke isi utama
Menikmati Matahari Pagi bersama Topi Buatan si Kecil

Menikmati Matahari Pagi bersama Topi Buatan si Kecil

Langit biru dengan sinar matahari pagi yang hangat, rasanya sayang kalau hanya dilewatkan dengan aktivitas di dalam rumah saja. Sudahkah Mum bermain dengan si Kecil hari ini? Ayo ajak si Kecil bersenang-senang di luar rumah dengan bermain bersama menggunakan topi dan hewan buatannya.

Aktivitas Bersama si Kecil

  1. Mari membuat topi sederhana dari kertas koran. Sebagai panduan, Mum dapat mengikuti langkah-langkah yang tertera pada bagian Info Pendukung Aktivitas yang terdapat di bawah ini

  2. Agar topinya semakin lucu dan menarik, gunakan hiasan dan pernak-pernik lucu seperti kertas warna-warni, crayon atau spidol, dan stiker-stiker yang lucu. Mum juga dapat menggunakan gambar yang sudah tersedia di Info Pendukung Aktivitas .
  3. Topinya lucu, ya? Kini, cetak dan gunting gambar-gambar hewan lucu pada sehelai kertas yang bisa Mum download pada bagian Info Pendukung Aktivitas.

  4. Topi lucu dan hewan buatannya sudah jadi, Mum? Ayo bersenang-senang bersamanya di bawah hangatnya sinar matahari. Pasangkan topi buatannya itu pada si Kecil lalu ajak ia untuk berjalan bersama mengitari rumah atau mengelilingi kompleks dan taman bermain terdekat sambil melihat berbagai tumbuhan yang ada. Agar lebih meriah, ajak juga si Kecil untuk bernyanyi lagu sederhana, seperti “Lihat Kebunku”, sembari berjalan bersama.

  5. Sambil berjalan, Mum juga dapat menceritakan tentang peran matahari dalam kehidupan sehari-hari, misalnya agar tanaman di halaman rumahnya dapat tumbuh dan daun-daunnya bisa tetap segar.
  6. Mum, sehabis berkeliling halaman, mari lanjutkan permainan dengan menyembunyikan gambar-gambar hewan (yang sudah Mum siapkan di langkah nomor 3) di sekitar halaman rumah, lalu minta si Kecil mencarinya satu per satu. Ekspresi penasaran si Kecil dengan topi mungilnya ini tentu sangatlah lucu, ya.
  7. Sebagai kenang-kenangan, rekam dan abadikan aksi serunya saat membuat topi dan bermain bersama. Jadikan aktivitas ini sebagai inspirasi bagi Mum lainnya dengan membagikan momen berkesan ini melalui halaman Facebook kami di Friso Indonesia dan twitter @FrisoID dengan menggunakan hashtag #FrisoMoments.
  8. Ketika bermain, pastikan si Kecil tidak terlalu lama berjemur di bawah sinar matahari karena sinar UV yang berlebih dapat merusak kulitnya.

Info Pendukung Aktivitas

Saat ingin bermain, pilihlah hari dimana sinar matahari masih hangat dan tidak terlalu terik. Untuk itu, sebaiknya aktivitas ini dilakukan sebelum pukul 9 pagi atau sesudah jam 4 sore.

Perlengkapan yang dapat Mum siapkan untuk aktivitas bermain ini adalah:

  1. Kertas koran bekas
  2. Pernak pernik tambahan seperti kertas warna, crayon, atau stiker.
  3. Lem atau double tape
  4. Kertas A4
  5. Gunting
  6. Air minum dan snack untuk si Kecil
  7. Sebagai alat bantu permainan, silahkan download gambar yang ada di bawah ini:


Hiasan Gambar untuk Topi si Kecil dan Gambar Hewan-hewan Lucu untuk si Kecil

Animal Sun Print 1 thumb Animal Sun Print 2 thumb

Manfaat Bagi Mum

Bermain dan bersenang-senang di luar rumah bersama si Kecil dapat Mum manfaatkan sebagai sarana untuk berolahraga secara aktif. Sambil mengajak si Kecil bermain, aktivitas seperti berjalan dan berlarian bersamanya pun dapat ikut membakar kalori serta menyegarkan kembali tubuh Mum. Tak hanya itu, kegiatan yang akrab antara Mum dan si Kecil tentu juga ikut mempererat hubungan emosional antara kalian berdua.

Manfaat Bagi si Kecil

Dalam situs Ahaparenting.comDr. Laura Markham, seorang clinical psychologist dari Colombia University menjelaskan bahwa kombinasi antara sinar matahari, udara segar, dan aktivitas bermain yang aktif dapat membuat anak menjadi lebih bahagia serta ikut mengurangi tingkat stress atau depresi pada si Kecil. Selain itu, aktivitas seperti ini juga dapat mengurangi kemungkinan obesitas dan meningkatkan kemampuan fokusnya.

Info Gizi & Nutrisi

Bermain di ruang terbuka dapat memberikan banyak manfaat bagi si Kecil di masa pertumbuhannya ini. Oleh sebab itu, untuk mendukung proses tumbuh kembangnya, dibutuhkan asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan gizinya saat ini. Seperti yang dikemukakan oleh situs babycentre, berikut ini adalah kelompok makanan yang sebaiknya ada dalam menu sehari-hari si Kecil:

  • Karbohidrat (pasta, nasi, kentang, ubi jalar)
  • Buah dan sayuran
  • Makanan kaya zat besi dan protein (ikan, daging sapi, telur, kacang-kacangan)
  • Produk susu (keju, susu, yoghurt)

Peran susu pertumbuhan juga penting dalam memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil setiap harinya. Untuk itu, pilihlah susu dengan kandungan nutrisi yang lengkap dan seimbang serta dapat dicerna dengan mudah oleh si Kecil. Friso Gold 3, dengan proses produksi “Grass to Glass” memastikan susu tidak diproses dengan pemanasan yang berlebihan, sehingga nutrisi alami yang terkandung tetap terjaga kualitasnya serta mudah diserap di dalam tubuh si Kecil.