Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Menjaga Daya Tahan Tubuh si Kecil Di Era New Normal

Menjaga Daya Tahan Tubuh si Kecil Di Era New Normal

Era new normal terus bergulir, aktivitas terus dilakukan dengan berdasar pada protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah. Hal yang terpenting sebenarnya adalah new normal tidak berarti virus sudah hilang, sehingga perlu untuk setiap elemen masyarakat meningkatkan daya tahan tubuh agar dapat terhindar dari serangan virus. Terlebih untuk anak-anak, yang kita pahami bersama daya tahan tubuhnya belum sempurna.

Idealnya memang dengan memenuhi asupan makanan bernutrisi cukup, si Kecil akan tumbuh dengan optimal dan memiliki daya tahan tubuh yang baik. Namun karena kini virus selalu mengancam, ada beberapa langkah yang bisa Mums ambil sebagai bentuk dari adaptasi. Langkah apa yang dimaksud? Berikut cara meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil agar semakin siap menghadapi new normal!

Nutrisi Harian yang Cukup

Menjaga Daya Tahan Tubuh si Kecil Di Era New Normal

Memberikan makanan bernutrisi dan bergizi adalah sebuah keharusan. Namun Mums juga perlu memperhatikan porsi nutrisinya. Memang cukup sulit jika dilakukan secara mandiri. Tapi Mums tak perlu cemas, karena Mums bisa meminta rekomendasi dokter anak kepercayaan Mums untuk menyusun menu makanan harian agar asupan nutrisinya seimbang.

Untuk mengoptimalkan asupan nutrisi harian, Mums juga bisa menambahkan susu formula yang diproduksi dengan teknologi terkini sehingga dapat menjaga kualitas alami dari susu sapi yang menjadi bahan dasarnya. Dengan susu formula seperti ini, maka kebutuhan nutrisi harian si Kecil akan dapat ditunjang dengan baik setiap hari, dan membuat tubuhnya memiliki cukup energi dan bahan bakar untuk tumbuh dan membangun daya tahan tubuh.

Jadwal Tidur yang Ketat

Waktu istirahat adalah waktu yang penting untuk anak-anak. Mengapa? Karena ketika si Kecil beristirahat, tubuhnya akan dapat mengolah nutrisi yang masuk dengan maksimal. Pembelahan sel, pembangunan daya tahan tubuh, hingga perbaikan pada sel tubuh yang rusak, dapat dilakukan dengan baik karena tubuh akan berfokus pada perkembangan tanpa harus mengeluarkan tenaga untuk beraktivitas.

Waktu istirahat ini bisa dibagi menjadi dua, yakni tidur siang dan tidur malam. Untuk kedua waktu tidur dan istirahat ini sebaiknya dijadwalkan sehingga tubuh memiliki jam biologis yang teratur. Dengan keteraturan ini maka tumbuh kembang dan daya tahannya bisa benar-benar optimal.

Pola Hidup Sehat

Menjaga Daya Tahan Tubuh si Kecil Di Era New Normal

Menerapkan pola hidup sehat juga merupakan salah satu upaya dalam membentuk daya tahan tubuh yang kuat. Pola hidup sehat secara praktis akan membuat resiko penularan dan infeksi virus menurun, karena kebersihan dan higienitas lingkungan di sekitar si Kecil akan selalu terjaga. Tidak hanya itu, kebersihan makanan dan minuman juga harus selalu dipastikan.

Pola hidup sehat juga mencakup aktivitas fisik yang intens, sehingga tubuh bisa terus bergerak dan menjadi segar. Olahraga yang rutin juga dapat membuat mood menjadi lebih stabil, karena dapat memicu produksi hormon endorfin di dalam tubuh. Hormon ini membuat suasana hati menjadi baik. Semakin baik suasana hati si Kecil setiap hari, maka semakin baik pula daya tahan tubuhnya terbentuk.

Sayur dan Buah Organik

Konsumsi sayur dan buah setiap hari bisa mencukupi kebutuhan serat setiap hari. Seperti yang Mums ketahui, serat dapat membuat organ pencernaan si Kecil semakin sehat, sehingga dapat mendukung penyerapan nutrisi. Organ pencernaan yang sehat juga menjadi dasar dari kesehatan, karena kebanyakan gangguan kesehatan anak-anak terjadi karena masalah pada organ pencernaannya.

Dalam penyajiannya, usahakan Mums mencuci bersih terlebih dahulu buah dan sayur. Pasalnya, meski dikatakan organik terkadang buah dan sayur terkena kotoran ketika dikirimkan dari wilayah produksi ke wilayah pemasarannya. Mencuci menggunakan detergen dengan standar makanan direkomendasikan, karena dapat membersihkan sisa lilin pelapis atau kotoran yang menempel pada buah dan sayur.

Mencuci Tangan dengan Sabun

Menjaga Daya Tahan Tubuh si Kecil Di Era New Normal

Menjaga agar daya tahan tubuh tetap kuat juga bisa dibentuk dengan upaya pencegahan masuknya virus atau bakteri jahat ke dalam tubuh. Tentu, karena anak-anak sering bermain dan penasaran pada barang baru, sering kali tangan si Kecil jadi media utama masuknya kuman dan virus jahat ke dalam tubuh. Cara mengatasinya cukup sederhana, dengan mencuci tangan yang benar menggunakan sabun.

Caranya cukup mudah. Pertama basahi seluruh permukaan tangan dengan air mengalir, lalu baluri dengan sabun. Gosok beberapa saat di setiap bagian tangan, dan biarkan beberapa saat. Setelah selesai, basuh menggunakan air mengalir hingga bersih, dan keringkan dengan handuk lembut.

Baca Juga : 6 Nutrisi Alami untuk Perkuat Sistem Imun Anak

Meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh bisa dilakukan dengan berbagai cara di atas. Yang terpenting, Mums selalu memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya, agar tubuh si Kecil memiliki nutrisi yang diperlukan untuk membangun daya tahan tubuh. Ingat, new normal tidak berarti virus sudah menghilang, hanya saja kita harus bersama-sama beradaptasi dan menerapkan kebiasaan baru agar terhindar dari penularan. Untuk membantu mencukupi nutrisi harian, Mums bisa memberikan Friso Gold 4. Friso dengan teknologi Locknutri, menjaga kualitas alami nutrisi sehingga mudah diserap oleh tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam.

 

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang