Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Menjaga Kondisi Kehamilan Sehat Saat New Normal

Menjaga Kondisi Kehamilan Sehat Saat New Normal

Kondisi new normal yang sekarang ini sedang dialami oleh penduduk di seluruh dunia mengharuskan beberapa adaptasi penting untuk dilakukan. Tak hanya masyarakat kebanyakan, namun juga untuk Mums yang sedang dalam masa kehamilan. Memastikan beberapa hal sederhana bisa membantu Mums menjalani masa kehamilan sehat, sehingga tumbuh kembang janin serta kesehatan Mums tetap terjaga meski dalam kondisi seperti ini.

Tapi apa yang harus dilakukan, khususnya ketika masa kehamilan, di kondisi seperti ini? Jika diteliti dan dicermati, sebenarnya tidak ada hal khusus yang harus Mums lakukan. Hanya saja Mums wajib meningkatkan disiplin untuk mengikuti protokol kesehatan dan benar-benar menjaga pola hidup sehat yang idealnya sudah Mums terapkan bahkan sebelum new normal berlangsung.

Untuk membantu Mums menjaga kedisiplinan demi kehamilan sehat, mari simak beberapa penjelasan dalam poin-poin berikut ini.

Asupan Nutrisi Harian Tetap Dijaga

Menjaga Kondisi Kehamilan Sehat Saat New Normal

Mengingat new normal saat ini disebabkan oleh serangan virus yang bisa mengganggu kesehatan Mums, maka tubuh perlu memiliki daya tahan yang kuat. Darimana daya tahan tersebut berasal? Salah satunya adalah dari konsumsi makanan bernutrisi dan beragam setiap harinya.

Asupan nutrisi harian yang Mums butuhkan tidak hanya untuk keperluan membangun daya tahan tubuh yang kuat namun juga untuk memberikan nutrisi bagi tumbuh kembang si Kecil. Bahkan jika tidak sedang masa new normal sekalipun, kehamilan sehat harus tetap didukung dengan asupan nutrisi yang cukup setiap harinya.

Variasi makanan seperti daging, telur, buah, sayuran, serta makanan laut dan lain sebagainya perlu menjadi menu harian. Selain untuk menjaga nafsu makan tetap tinggi, beragamnya makanan yang dikonsumsi bisa membantu Mums menjaga asupan nutrisi setiap hari untuk membangun daya tahan dan menopang tumbuh kembang si Kecil selama di dalam kandungan.

Beberapa nutrisi penting yang wajib Mums penuhi setiap hari adalah Protein (dari telur, dada ayam, dan sebagainya), Vitamin C (dari buah-buahan), Kalsium (dari susu dan sayuran), Zat Besi (berasal dari sayuran dan makanan sehat), Omega 3 (bentuk lemak sehat yang berasal dari alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun), dan Asam Folat (berasal dari brokoli, kuning telur, pepaya).

Kehamilan Sehat Harus Didukung dengan Gerak Aktif

Menjaga Kondisi Kehamilan Sehat Saat New Normal

Meski tengah berada dalam masa kehamilan, gerakan aktif juga tetap harus Mums lakukan setiap hari. Senam ringan misalnya, atau olahraga ringan lain yang diperbolehkan oleh dokter, bisa membantu menjaga peredaran darah tetap lancar dan memperkuat otot-otot tubuh. Selain itu olahraga dan gerakan tubuh aktif bisa membantu Mums memiliki mood yang lebih stabil.

Nah, karena kondisinya kurang mendukung untuk olahraga atau aktivitas di luar ruangan (di tempat publik misalnya), maka Mums bisa melakukan gerakan dan olahraga di rumah saja. Apa saja contohnya? Mums bisa melakukan yoga, senam dan gerakan peregangan ringan, berenang, dan sejenisnya.

Dengan rutin berolahraga, Mums akan memiliki tubuh yang lebih sehat, mood yang lebih baik, dan peredaran darah yang lancar. Ketiga hal ini rasanya semakin penting pada situasi seperti sekarang, karena dengan bermodalkan tiga hal tersebut daya tahan tubuh bisa ditingkatkan dan meminimalisir resiko terjangkit virus jahat.

Pola Hidup Sehat Setiap Hari

Menjaga Kondisi Kehamilan Sehat Saat New Normal

Sebenarnya jika berbicara mengenai hal apa yang bisa mendukung kehamilan sehat di masa seperti sekarang ini, jawaban paling sederhana mungkin adalah menerapkan pola hidup sehat dengan disiplin. Pola hidup sehat merupakan satu rangkaian aktivitas berkesinambungan, yang bisa membuat kondisi tubuh dan mental menjadi lebih stabil.

Apa saja yang termasuk di dalamnya?

Pertama, adalah pola makan yang sudah dibahas pada poin pertama tadi. Selanjutnya, menjaga kebersihan dan higienitas lingkungan tempat Mums beraktivitas. Secara rutin membersihkan lingkungan, menyapu dan mengepel (dengan cairan desinfektan jika diperlukan), mencuci tangan, mandi dengan rutin, dan menjaga kebersihan makanan.

Next, adalah pola istirahat yang baik dan benar. Idealnya tubuh orang dewasa memerlukan waktu istirahat setidaknya 8 jam setiap hari. Mungkin ketika Mums tengah dalam kondisi hamil akan ada perubahan, maka hal ini harus disesuaikan. Pastikan setiap waktu istirahat dan tidur yang Mums miliki berkualitas, sehingga tubuh bisa benar-benar menikmati waktu istirahat ini.

Terakhir adalah menjauhi sumber stres yang bisa membuat pikiran menjadi semakin berat. Banyak hal yang harus dipikirkan selama masa kehamilan, dan rasanya hal-hal tersebut sudah cukup untuk Mums. Jadi sebisa mungkin jauhi hal-hal yang berpotensi menimbulkan stres tambahan. Kondisi mental yang buruk akan berpengaruh besar pada kekebalan dan imun tubuh.

Baca Juga : Menerapkan Pola Makan Sehat agar Terhindar dari Virus Mematikan

Cukup sederhana bukan Mums? Seperti yang diungkapkan sebelumnya, menjaga kehamilan sehat selama masa new normal ini tidak jauh berbeda dengan kondisi biasanya, hanya saja harus benar-benar disiplin di bagian kebersihan dan pola makan. Nah, untuk membantu Mums menjaga asupan nutrisi selama masa kehamilan selain mengkonsumsi makanan bernutrisi Mums juga bisa menambahkan Frisomum Gold Dualcare+. Kandungan nutrisi lengkap yang ada di dalamnya sangat tepat menjadi pelengkap nutrisi harian yang Mums butuhkan. Selalu berikan yang terbaik untuk si Kecil sejak dalam kandungan, dan semoga penjelasan di atas bermanfaat!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang