Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Menjaga Konsentrasi dan Fokus saat Belajar Online

Menjaga Konsentrasi dan Fokus saat Belajar Online

Belajar secara online pasti akan jadi satu hal yang baru untuk si Kecil. Pasalnya, selama ini ia tentu memiliki rutinitas untuk berangkat ke sekolah, dan belajar secara langsung. Namun karena situasi dan kondisi yang sedang seperti ini, mau tak mau si Kecil harus terbiasa dengan metode belajar online. Sebenarnya tak hanya si Kecil yang harus beradaptasi, tapi termasuk juga Mums, yang otomatis akan mendampinginya ketika ia belajar.

Satu tantangan terbesar yang harus Mums hadapi mungkin adalah menjaga fokus si Kecil ketika ia belajar online. Di sekolah, secara fisik, distraksi yang ada akan sangat diminimalisir. Namun ketika si Kecil harus belajar di rumah di era new normal ini, maka distraksi akan sangat banyak. Mainan yang ia lihat, tempat tidur nyaman, kegiatan yang Mums lakukan, dan sebagainya.

Lalu bagaimana cara menjaga si Kecil agar tetap fokus? Nah, Mums bisa lihat tips berikut ini. Semoga bisa berhasil ya!

Meminimalisir Distraksi

Menjaga Konsentrasi dan Fokus saat Belajar Online

Ketika si Kecil tengah mengikuti kelas online, sebisa mungkin minimalisir distraksi yang mungkin akan mengalihkan fokusnya. Pastikan kamar atau ruangan tempat si Kecil belajar sudah rapi dan bersih, tidak ada mainan yang berserakan. Setidaknya ketika ia tidak melihat ada mainan yang berserakan, fokusnya tidak akan terbagi.

Selain itu, batasi juga penggunaan smartphone atau gadget lain yang tidak berhubungan dengan pembelajaran. Smartphone memang memiliki banyak fitur yang bisa membantu proses belajar mengajar, namun jika digunakan dengan tidak bijak justru akan menjadi distraksi yang merusak fokus si Kecil.

Berkoordinasi dengan Tenaga Pengajar dan Teman-Teman

Tidak adanya teman-teman si Kecil secara fisik, yang artinya hadir bersama di suatu ruangan, sedikit banyak akan mengganggu fokusnya. Vibe yang tercipta akan berbeda dengan pembelajaran konvensional, sehingga Mums harus secara intens berkoordinasi dan menjalin komunikasi yang baik dengan tenaga pengajar dan teman-teman si Kecil.

Bantun interaksi yang hangat serta kondusif ketika pembelajaran terjadi. Mungkin Mums juga bisa mengajak orang tua murid yang lain melakukan hal yang sama, agar si Kecil tetap merasa bersemangat dan betah belajar online selama new normal diterapkan. Posisikan diri Mums sebagai pengajar, pembimbing, dan teman belajar yang baik.

Rutinitas yang Mirip

Menjaga Konsentrasi dan Fokus saat Belajar Online

Salah satu cara menjaga fokus si Kecil ketika belajar online adalah dengan menerapkan pola rutinitas yang mirip dengan ketika ia belajar di sekolah. Artinya dari bangun tidur, mandi, ‘berangkat’ mengikuti kelas, jam istirahat, hingga jam selesai ia mengikuti kelas, semua harus tersusun rapi dan ditepati dengan baik.

Dengan memiliki pola aktivitas yang tetap, tubuh dan otak si Kecil juga akan memiliki pola kerja yang tertata. Dengan demikian meskipun lokasi dan suasananya berbeda, si Kecil tetap bisa menjaga konsentrasi dan belajar dengan fokus. Awalnya memang akan terasa agak berat, namun jika sudah menjadi rutinitas maka semua akan terasa lebih ringan dan biasa saja.

Jika Diperlukan, Siapkan Ruangan untuk si Kecil Belajar

Belajar online yang dilakukan banyak anak-anak biasanya dilakukan di ruang atau space seadanya. Padahal kondisi ruangan yang mendukung benar-benar bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi si Kecil. Jika memungkinkan, Mums bisa membuat atau menyediakan ruang kelas untuk si Kecil belajar. Jadi si Kecil bisa belajar dengan fokus.

Jika tidak ada ruangan khusus, Mums bisa menyulap kamar tidur si Kecil menjadi ruang kelas yang memadai. Pastikan kamar tersebut rapi dan semua barang sudah di tempatnya, siapkan meja dan kursi di satu sudut ruangan, dan siapkan perangkat yang diperlukan (laptop atau smartphone dan perlengkapan belajar), dan ciptakan suasana kondusif agar si Kecil tidak terganggu.

Jangan Lupa Lengkapi dengan Bekal Belajar Online

Menjaga Konsentrasi dan Fokus saat Belajar Online

Agar membuat si Kecil lebih bersemangat dan memiliki animo yang tinggi dalam belajar online, Mums juga bisa menyiapkan bekal dan sarapan yang menjadi menu favoritnya. Jangan lupa, pastikan juga nutrisi yang ada pada bekal dan sarapan si Kecil bisa mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya.

Selain Karbohidrat, pastikan bekal dan sarapan si Kecil mengandung nutrisi lain (vitamin, Protein, Mineral, Zat Besi, dan sebagainya). Dengan bermodalkan sarapan yang kaya nutrisi tubuh si Kecil akan memiliki bahan bakar yang baik untuk memulai hari dan menjalani proses belajar mengajar yang wajib dilakukannya.

Baca Juga : Belajar di Sekolah dan di Rumah, Sama Pentingnya!

Belajar di era new normal seperti sekarang ini memang memberikan banyak tantangan untuk Mums dan si Kecil. Selama Mums dan si Kecil memiliki komunikasi yang baik dan intens, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Semua bisa disiasati dengan cara sederhana, agar semua berjalan lancar tanpa hambatan.

Belajar online yang dilakukan si Kecil sebisa mungkin juga perlu menerapkan protokol kesehatan ya Mums, demi meningkatkan proteksi kesehatan pada si Kecil. Nah, sarapan dan bekal yang Mums buat bisa juga ditambahkan Friso Gold 4, yang kaya nutrisi untuk memenuhi nutrisi harian si Kecil. Dengan nutrisi yang cukup, tubuh akan memiliki daya tahan yang kuat, sehingga tidak mudah terserang virus dan bakteri. Friso dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga, sehingga lebih mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang