Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Menjelaskan-Pengertian-Puasa-untuk-si-Kecil,-Begini-Caranya.jpg

Menjelaskan Pengertian Puasa untuk si Kecil, Begini Caranya!

Melaksanakan kewajiban puasa adalah wajib bagi mereka yang sudah memenuhi syarat dan mampu melaksanakannya. Untuk anak-anak sendiri, pembelajaran mengenai pengertian puasa dan prakteknya sudah bisa dilakukan ketika ia sudah dapat diajak berkomunikasi dua arah secara aktif. Mungkin berkisar antara usia 2 atau 3 tahun. Idealnya si Kecil sudah dapat diajak berbicara dan berkomunikasi.

Pada usia ini, Mums dapat mulai memberikan pengetahuan mengenai pengertian puasa, istilah-istilah yang berkaitan dengan puasa, apa yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan, serta hal lain. Tentu, penyampaian setiap hal tersebut harus disampaikan secara sederhana, agar si Kecil dapat menangkap apa yang Mums maksud dan perlahan mengerti.

Mengajarkan puasa pada anak-anak memang bukan hal sulit, namun demikian Mums perlu sabar dan ekstra telaten dalam hal ini. Untuk memudahkan Mums mengenalkan dan mengajarkan pengertian puasa, simak tips simple berikut ini ya. Meski simple, tips berikut layak Mums coba.

Dialog Terkait Istilah Puasa

Ketika berbicara dengan si Kecil, Mums dapat mulai menggunakan berbagai istilah yang berkaitan dengan puasa. Misalnya saja, ketika akan memasak di sore hari, Mums dapat meminta bantuan si Kecil dengan mengajaknya. Misalnya,’yuk bantu Mums memasak buka puasa’. Hal ini akan mengundang rasa ingin tahunya dan diharapkan si Kecil bisa bertanya apa itu buka puasa.

Hal yang sama juga berlaku untuk berbagai istilah lain, dan berbagai dialog yang lain. Memang tidak diharuskan ia paham benar mengenai pengertian dan penerapan istilah tersebut. Namun setidaknya Mums sudah mulai mengenalkan berbagai istilah puasa yang nantinya akan terdengar familiar di telinganya. Hal ini juga memudahkan si Kecil menjalankan ibadah puasa ketika kelak ia sudah wajib melaksanakannya.

Ajak si Kecil Bangun Ketika Sahur

Ketika waktu sahur tiba, ajak si Kecil turut bangun dan ikut melaksanakan sahur. Akan sangat baik jika kemudian ia ingin mencoba berpuasa. Namun jika ia belum berkeinginan untuk ikut berpuasa, setidaknya ia mengetahui aktivitas sahur yang dilaksanakan sebagai persiapan untuk ibadah puasa pada hari tersebut.

Ingatkan Ketika Ia Ingin Makan Siang

Ketika tiba waktu siang hari, yang biasanya menjadi jam makan si Kecil, Mums dapat mengingatkan si Kecil. Hal ini bukan berarti melarang, hanya saja mengingatkan bahwa kini sedang dalam bulan Ramadhan yang mana diwajibkan untuk berpuasa. Pengertian puasa sederhana seperti menahan haus dan lapar bisa disampaikan ketika si Kecil ingin makan siang.

Meski demikian jika ia memang belum sanggup, Mums dapat memberikan makanan untuk ‘membatalkan’ puasa yang sudah dilakukannya sejak sahur. Jangan lupa, ingatkan si Kecil untuk kembali menahan rasa lapar dan haus hingga waktu berbuka tiba. Ajak si Kecil bersama-sama untuk berbuka puasa, meski ia belum melaksanakan puasa secara penuh. Keterlibatan dan interaksi ketika berbuka puasa dengan seluruh anggota keluarga dapat membuat si Kecil semakin terdorong untuk turut berpuasa.

Dekorasi Rumah dengan Tema Lebaran

Cara lain yang bisa digunakan untuk mengajarkan pengertian puasa adalah dengan mengajak si Kecil turut serta dalam kegiatan mendekorasi rumah. Bagaimana hal ini bisa berhubungan? Ketika Mums dan si Kecil mendekor rumah dengan pernak-pernik khas Ramadhan, tentu ia akan bertanya dan mencari tahu mengenai pernak-pernik apa yang digunakan.

Untuk menjawabnya, Mums dapat menjelaskan secara sederhana mengenai bulan Ramadhan, pengertian puasa, kewajiban yang dimiliki, serta keseruan berpuasa. Hal ini harus dilakukan berulang kali agar tertanam dengan baik di ingatannya. Harapannya, ketika waktunya tiba untuk si Kecil wajib berpuasa ia sudah siap dan tak lagi kaget menjalankan ibadah ini.

Berikan Contoh dengan Tidak Makan dan Minum Ketika Siang Hari

Memberikan contoh pada si Kecil mengenai bagaimana puasa dijalankan juga dapat menjadi pemicu untuknya bertanya. Si Kecil akan memperhatikan bahwa Mums seharian tidak mengkonsumsi apapun, kemudian diharapkan akan muncul pertanyaan darinya. Momen ini sangat tepat jika Mums ingin menjelaskan apa itu puasa dan bagaimana puasa dijalankan.  

Mengajari si Kecil untuk menjalankan ibadah puasa harus dilakukan secara perlahan dan terus menerus. Harapannya, ingatan jangka panjang si Kecil akan merekam informasi yang Mums berikan, sehingga ia sedikit demi sedikit memahami apa itu arti puasa.

Pengertian puasa akan dipahami si Kecil dengan baik seiring berjalannya waktu. Nah, selama masa puasa ini, jika si Kecil sudah ingin mencoba, Mums harus selalu mendampinginya. Berikan semangat serta ajarkan secara perlahan. Jangan lupa juga untuk senantiasa memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya, agar si Kecil tetap dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. Berikan makanan bernutrisi lengkap, serta Friso Gold 4 untuk mendukung pemenuhan kebutuhan nutrisi harian si Kecil. Kandungan nutrisi yang lengkap serta kualitas nutrisi alami Friso yang terjaga berkat teknologi Locknutri, menjadikan nutrisi dalam Friso Gold 4 tetap terjaga, sehingga mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam, tentunya sangat cocok dijadikan partner untuk latihan puasa si Kecil!