Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Menonton Film Anak-anak di Akhir Pekan, Apa Manfaatnya?

Menonton Film Anak-anak di Akhir Pekan, Apa Manfaatnya?

Ternyata, menonton film anak-anak dapat menjadi salah satu media pembelajaran yang bisa diberikan pada si Kecil. Percaya atau tidak, bila cermat memilih film anak-anak sarat akan nilai dan manfaat edukasi, sehingga sangat baik jika menjadi tontonan rutin si Kecil. Tentu saja, kegiatan menonton ini harus diimbangi dengan kegiatan fisik di luar ruang, agar stimulasi yang didapatkan si Kecil semakin optimal.

Pada artikel ini secara khusus akan sedikit dijelaskan manfaat menonton film anak-anak untuk tumbuh kembang si Kecil. Secara umum, dengan menonton stimulus yang diterima si Kecil lebih condong ke arah kecerdasannya. Hal ini dikarenakan si Kecil berposisi sebagai penikmat tontonan dan cenderung pasif, meski pada beberapa film yang ada di pasaran juga terdapat adegan yang mengajak si Kecil untuk bergerak atau melakukan suatu aktivitas.

Untuk lebih memahami manfaat yang diberikan dengan menonton film anak-anak, Mums bisa menyimak selengkapnya pada penjelasan di bawah ini.

Sarana Hiburan

Pertama dan utama yang akan didapat dari menonton film anak-anak tentu adalah si Kecil menjadi terhibur. Ingat, mood dan suasana hati si Kecil dapat sangat berpengaruh pada tumbuh kembangnya secara umum. Untuk memaksimalkan periode emas tumbuh kembang si Kecil, mood perlu dijaga agar tetap dalam kondisi baik, salah satunya dengan menonton film anak-anak yang disukainya.

Ketika mood si Kecil terjaga dalam keadaan baik, idealnya penyerapan nutrisi serta stimulus lain yang diterima si Kecil dapat berjalan maksimal. Semakin bahagia si Kecil, semakin baik pula proses tumbuh kembangnya. Mums dapat memaksimalkan hal ini dengan mendampingi si Kecil dan memberikan respon pada apa yang ditertawakan dan membuatnya senang.

Pengembangan Kemampuan Berbahasa

Dengan menonton karakter yang berkomunikasi satu sama lain, si Kecil secara langsung akan terpapar oleh kata dan kalimat baru yang mungkin belum pernah didengarnya. Hal ini dapat berefek baik pada kemampuan berbahasa si Kecil, sehingga dikemudian hari ia dapat berbicara dan merangkai kata dengan lebih lancar.

Pendampingan tentu diperlukan, agar Mums dapat membimbing si Kecil dalam memahami percakapan atau kata baru yang belum pernah didengarnya. Setelah menonton film, Mums dapat membantu si Kecil mengingat frasa yang diucapkan, sehingga si Kecil juga sekaligus akan terlatih ingatan jangka pendeknya. Dengan mengucapkan frasa yang baru didengarnya, pembelajaran bahasa akan berjalan lebih baik lagi.

Stimulasi Kemampuan Kognitif Si Kecil

Kemampuan kognitif meliputi banyak hal, seperti koordinasi anggota tubuh, memori jangka panjang, fokus, logika, penalaran, kepekaan pendengaran dan lain sebagainya. Setiap kemampuan ini dapat terlatih dengan menyaksikan film anak-anak yang mengedukasi. Si Kecil akan mendapat setiap rangsangan yang diperlukan dalam meningkatkan kemampuan kognitifnya.

Lagi-lagi, peran Mums di sini juga besar dalam mendampingi si Kecil. Keberadaan Mums di samping si Kecil menjadi hal wajib, sehingga si Kecil dapat menerima dan memahami apa yang tengah ditontonnya tersebut. Berikan pemahaman serta pengertian pada setiap pertanyaan yang dilontarkan si Kecil ketika menonton film bersama.

Mengembangkan Kreativitas dan Imajinasi

Ketika menonton film anak-anak, tentu banyak hal yang sebenarnya tidak mungkin terjadi di dunia nyata karena sifatnya fiksi. Hal ini dapat berefek baik pada perkembangan kreativitas si Kecil serta kemampuan imajinasinya. Si Kecil semakin memiliki banyak bahan dan referensi ketika ia bermain dengan teman sebayanya di luar ruang, sehingga permainan dan interaksi yang terjalin makin seru.

Kombinasi warna, bentuk karakter, gerakan, benda yang imajinatif dan sebagainya dapat membantu si Kecil mengembangkan kedua hal tersebut. Meski sebenarnya kreativitas dan imajinasi tidak memiliki batasan, namun si Kecil tetap memerlukan referensi yang luas sehingga ia bisa mengembangkan sendiri kreativitas dan imajinasi yang dimilikinya.

Satu hal yang perlu diperhatikan dalam hal menonton film anak-anak bersama si Kecil adalah Mums wajib memilih film yang sesuai dengan usianya. Hal ini ditujukan agar si Kecil lebih mudah memahami konteks yang disampaikan dalam film tersebut, sehingga pembelajaran yang terjadi juga lebih mudah diserap oleh si Kecil. Lagipula, isi konten film juga memiliki klasifikasi tersendiri yang didasarkan pada usia penontonnya bukan?

Film yang bersifat edukasi tentu baik untuk si Kecil. Si Kecil dapat melihat bagaimana bentuk angka, huruf, penggunaannya, proses penjumlahan atau matematika dasar dan lain sebagainya. Cara ini bisa Mums pilih untuk mengajari si Kecil pengetahuan dasar secara interaktif sehingga si Kecil lebih bersemangat dalam mempelajari hal-hal tersebut.

Pada akhirnya, film anak-anak dapat bersifat sangat membantu proses tumbuh kembang si Kecil. Untuk memaksimalkan rangsangan yang didapatkan si Kecil, Mums juga wajib memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Berikan makanan bergizi dan Friso Gold 4 sebagai pelengkap, agar nutrisi si Kecil terpenuhi. Dengan teknologi Locknutri yang melindungi nutrisi dalam kondisi alami selama proses produksi susu, tanpa pemanasan berlebih, kualitas nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini membantu si Kecil kuat dari dalam dan lebih mudah menyerap stimulus yang diberikan padanya.