Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Menstimulasi Kemampuan si Kecil Lewat Mainan

Menstimulasi Kemampuan si Kecil Lewat Mainan

Ayo ajak si Kecil mengenal alam lewat mainannya. Pilihkan beberapa mainan serangga dan tumbuhan untuknya. Saat ini, si Kecil memang lebih banyak menghabiskan harinya dengan beristirahat. Namun, tidak ada salahnya memanfaatkan waktu bangun tidurnya dengan berbagai aktivitas seru untuk menstimulasi kemampuannya. Yuk bermain dengannya, Mum!

Aktivitas Bersama si Kecil

  1. Karena kemampuan penglihatannya masih dalam perkembangan, Mum disarankan untuk memilih mainan dengan warna-warna yang kontras seperti merah, hitam dan putih.
  2. Ikatkanlan mainan-mainan tersebut pada sebuah tangkai atau ranting kayu.
  3. Coba goyangkan mainan tersebut di depan si Kecil. Kira-kira mainan manakah yang menarik perhatiannya?
  4. Mum juga bisa mengajarkan konsep sebab-akibat kepada si Kecil. Coba membuat suara yang berbeda setiap kali si Kecil menyentuh mainannya. Wah, si Kecil makin penasaran tentunya.
  5. Jangan lupa untuk mengabadikan ekspresi menggemaskannya ketika berkenalan dengan mainan-mainan itu yah, Mum.

Info Pendukung Aktivitas

Penggunaan mainan cukup berpengaruh pada proses perkembangannya saat ini. Boneka yang bisa berbunyi atau bergerak dapat membantunya memahami konsep sebab-akibat sekaligus melatih kemampuan motoriknya. Mainan seperti rattle atau music box juga dapat diminati oleh si Kecil, hal ini karena si Kecil mudah tertarik untuk melakukan kegiatan yang menghasilkan bunyi. Selain itu, pastikan batas usia pada mainan si Kecil sudah sesuai yah, Mum.

Manfaat Bagi Mum

Seperti yang dilansir oleh Helpguide.com, rasa keterikatan si Kecil dapat terjalin dengan seseorang yang paling banyak menghabiskan waktu merawatnya. Aktivitas bermain secara intim antara Mum dan si Kecil merupakan salah satu kegiatan yang tepat untuk menumbuhkan ikatan emosional tersebut. Selain itu, dengan bermain bersama, Mum juga bisa memperhatikan perkembangan kemampuan motoriknya secara berkala.

Manfaat Bagi si Kecil

Selain menstimulasi panca indera si Kecil sedari dini, aktivitas ini juga berpengaruh terhadap perkembangan sosial, emosional. fisik dan juga kemampuan kognitifnya nanti. Berinteraksi dengan mainan juga dapat melatih koordinasi antara mata dan tangan si Kecil. Karena itu, jangan ragu-ragu yah untuk terus bermain dengannya.

Info Gizi & Nutrisi

Sistem pencernaannya yang belum sempurna membuat si Kecil rentan mengalami penyakit seperti perut kembung dan juga kolik. Keduanya sendiri saling berhubungan. Kolik dapat menyebabkan perut si Kecil kembung akibat udara yang masuk ketika ia menangis. Sementara, seperti yang dilansir oleh Kompas.com, bakteri proteobacteria dalam tubuh bayi dapat menghasilkan gas pada perut menyebabkan si Kecil menangis terus-menerus dan menderita kolik. Jika si Kecil susah bersendawa, Mum bisa memberikan pijatan lembut pada perut si Kecil. Selain memberikan rasa nyaman, pijatan ini juga dapat memberikan tekanan sehingga si Kecil dapat bersendawa.

ASI juga dapat menjadi salah satu alasan terjadinya perut kembung pada si Kecil. Karenanya, Mum juga harus menjaga santapan yang masuk ke dalam tubuh. Dalam kolomnya di babycenter.comlactation consultant Jan Berger menganjurkan agar Mum menghindari produk berbahan susu seperti keju, yoghurt dan es krim, karena berpotensi menjadi penyebab gas berlebih bagi si Kecil..