Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Menstimulasi Pendengaran Si Kecil Sambil Mengenalkan Jenis Kendaraan

Menstimulasi Pendengaran Si Kecil Sambil Mengenalkan Jenis Kendaraan

Memasuki usia tiga tahun, pertanyaan "Apa itu? bisa jadi sering dilontarkan si Kecil ketika melihat sesuatu yang dianggapnya menarik. Tidak hanya itu, perbendaharaan katanya yang semakin bertambah, juga membuat ia berani dan tanpa ragu menyebutkan nama-nama benda yang sudah sering dilihatnya. Kemampuan verbal si Kecil memang semakin berkembang, Mum. Oleh karena itu, dukung terus perkembangannya ini lewat aktivitas mengenal kendaraan, yuk!

Selain mengenalkan nama kendaraan berdasarkan bentuknya, aktivitas ini juga bisa Mum manfaatkan untuk membantu si Kecil lebih familiar dengan suara yang dikeluarkan oleh kendaraan-kendaraan tersebut. Pasti seru ya, Mum!

Aktivitas yang bisa dilakukan

  1. Siapkan Musik Dan Video Mengenai Jenis Kendaraan

    Pertama-tama, siapkan video dan musik mengenai berbagai jenis kendaraan atau alat transportasi; seperti mobil, motor, dan sepeda.

  2. Ajak Si Kecil Menonton Video

    Ajak Si Kecil Menonton Video

    Kemudian, ajak si Kecil menonton video tersebut sambil menjelaskan nama kendaraan berdasarkan bentuknya. Misalnya, yang rodanya empat itu mobil, serta yang rodanya dua itu motor dan sepeda. Agar si Kecil lebih mudah mengingatnya, Mum bisa membantu mencontohkan suara dari setiap kendaraan. Misalnya, suara mobil itu "Bremmm bremmm!", dan suara motor itu "Ngengggngenggg!". Ajak juga si Kecil untuk mengucapkan nama dan menirukan suara dari setiap kendaraan ya, Mum, sehingga kemampuan verbalnya bisa lebih terlatih.

  3. Ajak Si Kecil Keluar Rumah Melihat Kendaraan Disekitar

    Ajak Si Kecil Keluar Rumah Melihat Kendaraan Disekitar

    Setelah si Kecil mengetahui nama-nama kendaraan, ajak ia ke luar rumah untuk melihat secara langsung kendaraan di sekitar rumah, yuk! Taman dekat rumah bisa Mum jadikan pilihan untuk melakukan aktivitas ini. Supaya lebih aman, selalu awasi dan gandeng si Kecil ya, Mum, guna mencegah kemungkinan ia berlari ke arah jalan. Minta juga Dad untuk menemani Mum dan si Kecil ketika melakukan kegiatan ini.

  4. Tanyakan Si Kecil Nama Dan Suara Kendaraan Disekitar

    Tanyakan si Kecil Nama dan Suara Kendaraan Disekitar

    Uji daya ingat si Kecil dengan menanyakan padanya nama dan suara dari setiap kendaraan yang lewat. Jika ia sulit mengingat atau salah ketika menjawab, Mum bisa memberikan sedikit petunjuk guna membantunya. Misalnya, “Walaupun rodanya dua, kendaraan itu namanya bukan sepeda. Kalau sepedakan tidak punya mesin, kalau kendaraan ini punya. Ayo apa namanya?”

  5. Abadikan Momen Si Kecil

    Lucu ya melihat ekspresi si Kecil ketika berusaha mengingat nama kendaraan dan menirukan suaranya. Oleh karena itu, jangan lewatkan momen seru ini dengan meminta Dad untuk mengabadikannya ya, Mum. Kemudian, bagikan kepada Mums lainnya melalui Facebook page Friso Indonesia atau twitter  @FrisoIDdengan hashtag #FrisoMoments.

Manfaat Bagi Mum

Mengajak si Kecil beraktivitas di luar rumah memang menyenangkan ya, Mum. Selain ia dapat belajar lebih banyak, Mum juga bisa memanfaatkan aktivitas ini untuk bersantai sejenak dari kesibukan sehari-hari. Selain itu, dengan mengajarkan nama-nama kendaraan, Mum bisa mengasah kemampuan untuk menjadi guru yang baik bagi si Kecil.

Manfaat Bagi Si Kecil

Mengajarkan nama-nama kendaraan memiliki banyak lho, Mum; di antaranya adalah dapat menambah kosa kata, melatih daya ingat, serta membuatnya memahami jika kendaraan merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari. Kemampuan bicara si Kecil pun semakin terasah ketika ia menyebutkan nama dan menirukan suara dari setiap kendaraan.

Info Nutrisi

Pada usianya saat ini, si Kecil terdengar lebih cerewet karena rasa ingin tahunya yang semakin tinggi. Mum bisa mendukung perkembangannya ini dengan memberikan asupan yang tidak hanya bernutrisi, tapi juga baik untuk pencernaannya. Sandwich gandum bisa dijadikan pilihan, mengingat makanan ini mengandung Folat yang baik untuk perkembangan otak, serta Serat yang dapat melancarkan pencernaan si Kecil.

Selain itu, penuhi juga kebutuhan nutrisinya dengan rutin memberikan Friso Gold 3 yang diperkaya dengan kandungan ALA, LA, Nukleotida, Prebiotik, Vitamin A, C, dan E, Zinc, Zat Besi, dan Selenium. Susu premium ini diproduksi dengan konsep Single Process tanpa pemanasan berlebih, sehingga kualitas nutrisi alami susu pertumbuhan ini tetap terjaga dan lebih mudah dicerna tubuh.