Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Menu-Sahur-Populer-Favorit-Keluarga-Klik-Di-Sini-Mums[4-Pilihan].jpg

Menu Sahur Favorit Keluarga, Klik Di Sini Mums! [4 Pilihan]

Momen Ramadhan bersama si Kecil bisa menjadi momen yang menyenangkan. Berbagai aktivitas bisa dilakukan bersama, banyaknya waktu luang yang Mums miliki, serta interaksi intim yang tercipta ketika Mums, si Kecil, dan seluruh anggota keluarga berkumpul. Salah satu yang bisa menjadi titik temu yang hangat adalah ketika sahur. Tentu, kemudian pemilihan menu sahur menjadi penting agar si Kecil dan setiap anggota keluarga lain bisa berpuasa dengan maksimal.

Memilih dan menyiapkan menu sahur untuk keluarga bisa Mums lakukan bersama dengan si Kecil, dengan catatan jika ia sudah siap untuk belajar berpuasa dan membantu Mums. Menu ini juga tetap harus memiliki kandungan nutrisi yang cukup, bahkan mungkin harus benar-benar diperhatikan nutrisinya karena ketika puasa Mums dan seluruh anggota keluarga tidak mendapat asupan makan siang.

Keseimbangan dan kelengkapan nutrisi harus dipastikan. Nah, untuk membantu Mums menyiapkan menu sahur, ada beberapa makanan yang cukup mudah dimasak. Meski mudah, makanan ini tetap mengandung nutrisi yang cukup untuk memberikan tenaga dan mencukupi kebutuhan nutrisi harian setiap anggota keluarga dan tentunya si Kecil. Tanpa berlama-lama lagi, yuk Mums cek menu berikut ini!

Nasi Goreng Lengkap dengan Telur

Hampir seluruh manusia di Indonesia menyukai nasi goreng. Menu ‘sejuta umat’ ini bisa dijadikan salah satu pilihan untuk menu sahur. Jika berbicara cita rasa, tentu, aroma nasi goreng buatan Mums akan selalu membuat setiap anggota keluarga bersemangat untuk menyantapnya, tidak terkecuali dengan si Kecil. Namun bagaimana dengan nutrisinya?

Kandungan nutrisi dalam nasi goreng akan sangat dipengaruhi oleh bahan dan topping yang Mums berikan. Karbohidrat menjadi salah satu kandungan nutrisi utama, yang berguna memberikan tenaga untuk beraktivitas selama puasa. Mums dapat memberikan campuran telur untuk menambah asupan Protein. Selain itu, sayuran seperti wortel dan brokoli bisa jadi topping yang nikmat dan membantu memenuhi kebutuhan serat dan vitamin setiap anggota keluarga.

Varian Telur Dadar: Isi Brokoli dan Keju

Berbicara mengenai topping telur yang diberikan di menu pertama tadi, Mums juga bisa lho membuat telur dadar dengan berbagai campuran yang kaya nutrisi. Kandungan Protein yang cukup tinggi dalam sebutir telur, sekitar 6 gram dan setara dengan 21% kebutuhan protein harian si Kecil, dapat mendukung si Kecil untuk berpuasa sehari penuh.

Untuk membuat telur dadar atau omelet ini menjadi lebih bernutrisi, Mums bisa menambahkan brokoli dan keju di dalam adonan omelet. Kandungan Vitamin A di dalam brokoli bisa jadi tambahan nutrisi yang baik. Tidak baik untuk kesehatan mata, Vitamin A juga baik untuk membantu membentuk daya tahan tubuh. Jadi ketika berpuasa, daya tahan tubuh si Kecil tetap terjaga dalam kondisi prima.

Tambahan keju juga dapat menambah jumlah Protein yang ada pada omelet buatan Mums. Setiap 7 gram Protein yang terkandung dalam keju dapat membantu memenuhi 25% total kebutuhan Protein harian si Kecil. Kombinasi telur dan keju ini setidaknya memberikan asupan 46% Protein harian untuk si Kecil. Cukup baik bukan?

Sayur Bayam + Wortel, Sajian Segar Kaya Nutrisi

Untuk sayurnya, menu sahur yang menjadi salah satu pilihan favorit adalah sayur bayam dengan tambahan wortel. Selain mudah dimasak, sayur bayam juga mudah dicerna oleh si Kecil sehingga tidak membuatnya merasa tak nyaman. Rasa yang ringan serta sensasi segar darr kuah sayur bayam dijamin membuat nafsu makan tinggi ketika sahur.

Sayur bayam dengan tambahan wortel mengandung Vitamin C, Vitamin K, dan Asam Folat. Ketiganya dapat membantu tumbuh kembang si Kecil dan memberikan asupan besar pada daya tahan tubuhnya. Agar memiliki cita rasa yang lebih segar, Mums dapat menambahkan jagung manis di dalamnya.

Menu Favorit, Nugget Tahu Sayur

Di antara sekian banyak anak-anak, tentu Mums dapat meyakini bahwa sebagian besar menyukai produk nugget. Ya, olahan ayam yang memiliki rasa gurih dan nikmat ini selalu jadi daya tarik tersendiri untuk anak-anak di setiap waktu makan. Memasukkannya ke dalam menu sahur juga bisa jadi pilihan Mums lho.

Alih-alih menyajikannya secara langsung, Mums dapat mengolah nugget dengan tambahan tahu dan wortel. Disamping nutrisi yang ada dalam daging ayam pada nugget, si Kecil juga akan mendapatkan nutrisi tambahan dari tahu berupa protein, serta vitamin yang berasal dari wortel. Menu sahur menjadi nikmat dan kaya nutrisi.

Memberikan menu sahur untuk si Kecil dan seluruh anggota keluarga harus selalu berpegang pada kecukupan asupan nutrisi. Sebagai pelengkap, Mums dapat memberikan susu untuk si Kecil. Berikan Friso Gold 4 dengan kandungan nutrisi yang lengkap untuk membantunya menjalani ibadah puasa. Selain itu, kualitas nutrisi alami di dalam susu Friso juga akan terjaga berkat teknologi Locknutri, sehingga tubuh si Kecil akan lebih mudah menyerap nutrisi di dalam Friso Gold 4 dan membantunya kuat dari dalam. Pastikan untuk memilih menu sahur yang bernutrisi untuk si Kecil, agar puasa si Kecil dapat berjalan lancar!