Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Menyikapi si Kecil yang Terkena Cacar Air [4 Cara Ampuh]

Menyikapi si Kecil yang Terkena Cacar Air [4 Cara Ampuh]

Ketika melihat si Kecil terkena serangan penyakit dan menjadi murung, tentu akan membuat Mums sedih. Keceriaan yang biasanya terpancar dari mata si Kecil, ia yang lincah bergerak, mendadak harus terbaring di tempat tidur atau menghabiskan waktunya untuk beristirahat saja. Salah satu penyakit yang membuatnya seperti ini, dan secara umum melanda anak di Indonesia, adalah cacar air.

Cacar air sendiri merupakan infeksi menular yang berakar dari virus Varicella-zoster yang menyebabkan si Kecil mengalami ruam, flu ringan, demam, sakit kepala, hingga mual dan kehilangan nafsu makan. Dilihat dari deskripsinya saja mungkin Mums sudah dapat membayangkan dampak yang akan diterima si Kecil bukan? Langkah pencegahan bisa dilakukan dengan selalu menjaga daya tahan tubuh dan kebersihan lingkungan sekitar. Namun bagaimana jadinya jika si Kecil tetap terkena virus ini?

Membawanya ke dokter untuk diperiksa dan mendapatkan obat adalah langkah logis paling baik yang bisa Mums lakukan. Sialnya, obat yang diberikan tidak serta merta menghilangkan rasa tak nyaman yang dialami si Kecil. Untuk urusan yang satu ini, Mums dapat melakukan beberapa cara, sembari menunggu kondisinya pulih.

Cairan Tubuh Tetap Terjaga

Menyikapi si Kecil yang Terkena Cacar Air [4 Cara Ampuh]

Cacar air akan membuat tubuh si Kecil memerlukan cairan tubuh yang lebih banyak dalam proses pemulihannya. Tentu, memberikan asupan cairan yang cukup setiap hari menjadi langkah pertama agar si Kecil tidak mengalami dehidrasi. Mums bisa memberikan beberapa cairan untuk membantu menjaga kadarnya di dalam tubuh si Kecil.

Mulai dari ASI, susu formula, atau air putih hingga sup hangat bisa menjadi pilihan Mums. Cairan ini bisa diberikan secara berkala, dalam jumlah yang tidak terlalu banyak namun beberapa kali dalam sehari. Menjaga kadar cairan tubuh penting untuk mempercepat pemulihan kondisi pasca terkena cacar air ini.

Kurangi Rasa Gatal dengan Lotion

Menyikapi si Kecil yang Terkena Cacar Air [4 Cara Ampuh]

Jika Mums pernah terkena cacar air tentu Mums paham benar sensasi gatal yang terus mendera tubuh sepanjang hari. Rasa tak nyaman ini, dapat dipastikan, akan membuat si Kecil rewel dan terus merengek. Pada waktu yang sama, rasa gatal yang dirasakan akan membuat waktu istirahatnya menjadi berkurang dan kurang optimal.

Mums dapat mengurangi rasa gatal ini dengan mengoleskan lotion pengurang rasa gatal (atau mungkin Calamine) ke bagian tubuh yang mengalami ruam. Dengan memberikan lotion ini, maka rasa gatal akan berkurang dan muncul sensasi dingin pada kulit si Kecil. Hal ini akan membuatnya sedikit lebih nyaman sehingga bisa beristirahat dengan jauh lebih baik.

Jangan Mengelupasi Bekas Ruam atau Luka

Menyikapi si Kecil yang Terkena Cacar Air [4 Cara Ampuh]

Refleks yang akan muncul ketika merasa gatal adalah menggaruk bagian yang gatal. Pada konteks cacar air, hal ini bisa menyebabkan hal buruk lain, yakni membuat luka bekas cacar terbuka dan memunculkan cairan. Akibatnya rasa gatal tidak akan mereda, dan justru akan membuat si Kecil makin tak nyaman.

Untuk menghindari hal ini, Mums bisa memakaikan sarung tangan pada si Kecil. Terlebih jika cacar air terjadi pada bayi, penggunaan sarung tangan sangat direkomendasikan untuk mengurangi potensi si Kecil menggaruk bagian tubuhnya yang gatal. Untuk anak-anak sendiri Mums harus terus mendampinginya agar ia tak menggaruk bekas atau bintik cacar yang masih mengganggu.

Pakaian yang Breathable

Menyikapi si Kecil yang Terkena Cacar Air [4 Cara Ampuh]

Menggunakan pakaian yang nyaman ketika sedang terkena cacar air menjadi poin selanjutnya yang dapat Mums lakukan. Pastikan pakaian yang dikenakan si Kecil dapat menyerap keringat dan tidak ketat. Tujuannya sederhana, agar kulit si Kecil bisa ‘bernafas’ dengan lebih leluasa dan tidak menjadi semakin lembab akibat keringat yang tidak terserap.

Memilih bahan pakaian seperti ini sebenarnya tidak sulit, mengingat Mums tentu juga memilih pakaian seperti ini untuk si Kecil ketika masih bayi. Hanya saja, akan lebih baik jika pakaian yang dipilih memiliki ukuran yang sedikit lebih besar, sehingga membuat pergerakan tubuh si Kecil menjadi lebih leluasa dan memastikan sirkulasi udaranya baik.

Baca Juga : Ketahui 4 Ciri Bayi Sehat [Indikator Fisik & Emosional]

Beberapa cara di atas dapat Mums lakukan untuk mengurangi rasa tak nyaman pada masa pemulihan ketika terkena cacar air. Tentu, hal ini harus dilakukan sembari tetap menjaga asupan nutrisi harian untuk si Kecil. Ketika tubuhnya terserang virus, maka tubuh si Kecil memerlukan nutrisi yang lebih untuk mengembalikan kondisi. Pada waktu yang sama, tumbuh kembang juga akan terus berjalan. Jadi memenuhi kebutuhan nutrisinya setiap hari tetap harus dilakukan agar kedua hal tersebut bisa tetap berjalan optimal.

Cacar air selalu menjadi penyakit yang cukup merepotkan untuk Mums dan mengganggu untuk si Kecil. Hal ini dapat dicegah, salah satunya, dengan meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Asupan nutrisi yang cukup serta kegiatan fisik yang intens bisa jadi hal yang cukup sederhana untuk dilakukan. Selain makan makanan bernutrisi, Mums juga dapat memberikan Friso Gold 4 untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Friso dengan teknologi Locknutri, kualitas nutrisi alami akan senantiasa terjaga sehingga mudah diserap oleh tubuh si Kecil dan membuatnya kuat dari dalam. Selalu minta rekomendasi dokter anak kepercayaan untuk menghadapi gangguan kesehatan yang dialami si Kecil ya Mums!

 

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang