Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Menyulap Gelas Plastik Jadi Bangunan Raksasa di Rumah

Mum, saat jalan-jalan nanti, coba perhatikan. Apakah si Kecil terlihat antusias dan terpukau saat melihat gedung-gedung besar? Kalau begitu, ini saat yang tepat untuk mengajak si Kecil belajar membangun gedung tinggi seperti yang biasa dilihatnya. Aktivitas ini bisa dilakukan di rumah lho, dan yang perlu disiapkan hanya gelas plastik sebanyak-banyaknya.

Durasi Permainan: 20 menit

Tingkat Kesulitan: Mudah

Mum, saat jalan-jalan nanti, coba perhatikan. Apakah si Kecil terlihat antusias dan terpukau saat melihat gedung-gedung besar? Kalau begitu, ini saat yang tepat untuk mengajak si Kecil belajar membangun gedung tinggi seperti yang biasa dilihatnya. Aktivitas ini bisa dilakukan di rumah lho, dan yang perlu disiapkan hanya gelas plastik sebanyak-banyaknya.

Aktivitas Bersama si Kecil

  1. Sebelum mulai membangun, ajak si Kecil mengenal terlebih dahulu alat-alat berat yang dibutuhkan untuk membangun gedung melalui video yang tersedia di Info Pendukung Aktivitas. Sambil nonton nanti, ajak juga si Kecil untuk menghafal namanya satu per satu.
  2. Setelah si Kecil sudah kenal dengan teman-teman barunya itu, kini siapkan gelas plastik yang sebanyak-banyaknya. Inilah saatnya membangun gedung bersama-sama. Jika Mum ingin gedung buatannya nanti jadi lebih meriah, coba siapkan kertas origami berwarna-warni dan tempelkan pada gelas-gelas tersebut dengan menggunakan lem atau double tape.
  3. Gelas-gelasnya sudah selesai dihias? Kalau begitu, yuk mulai proses konstruksinya dengan berpura-pura jadi bulldozer bersama si Kecil dan mendorong gelas-gelas plastik tersebut ke tengah ruangan.
  4. Setelah semua gelasnya sudah terkumpul, kini waktunya si Kecil berubah jadi crane. Mum bisa memberikan contoh terlebih dahulu sambil menjelaskan bagaimana alat berat itu bisa mengangkat barang dari permukaan tanah. Setelah itu, dampingi dia untuk mengambil satu per satu gelasnya, lalu tumpuk setinggi-tingginya.
  5. Supaya gelasnya tidak mudah terjatuh, minta si Kecil untuk menyusunnya seperti bentuk piramid. Jadi, jika di baris pertama dia meletakkan 10 gelas, maka di baris keduanya ada 9 gelas, dan seterusnya.
  6. Duuhh... gedungnya dirobohkan si Kecil. Jangan khawatir, Mum. Bantu si Kecil untuk merapikan semuanya lalu dampingi dia untuk membangunnya kembali. Dengan mengulang-ulang kegiatan ini, si Kecil juga jadi bisa mengasah lagi kemampuannya dalam menyusun benda.
  7. Setelah gedung plastiknya sudah jadi, yuk buat foto selfie Mum bersama si Kecil di depan mahakarya kalian berdua ini. Lalu, bagikan momen seru ini ke Facebook kami di Friso Indonesia dan twitter @FrisoID dengan hashtag #FrisoMoments sebagai inspirasi untuk Mums lainnya.

Info Pendukung Aktivitas

Sebelum mulai menyusun gelas plastiknya, ajak sI Kecil untuk mengenal lebih jauh tentang alat-alat berat yang dibutuhkan untuk membangun gedung melalui video berikut ini:

Untuk membuat gedung plastik, Mum bisa menyiapkan beberapa perlengkapan seperti:

  • Gelas plastik
  • Kertas origami
  • Lem atau double tape

Manfaat Bagi Mum

Membangun gedung dari plastik bekas merupakan salah satu cara yang kreatif untuk memanfaatkan benda-benda yang tak terpakai di dalam rumah. Jadi, untuk membuat suatu permainan yang seru dan bermanfaat bagi si Kecil, Mum tidak harus selalu membeli mainan baru.

Manfaat Bagi si Kecil

Walaupun terlihat sederhana, tapi permainan ini punya banyak manfaat bagi kemampuan fisik dan emosional si Kecil saat ini, lho. Dengan menyeimbangkan gelas plastik secara seksama dan perlahan, si Kecil jadi bisa ikut berlatih untuk menjaga konsentrasi dan daya fokusnya . Selain itu, saat mengambil dan menyusun gelas satu per satu, kemampuan motorik halus serta koordinasi mata dan tangannya pun sebenarnya juga ikut terasah.

Info Gizi & Nutrisi

Ternyata, dari sebuah permainan sederhana, si Kecil bisa belajar berbagai hal baru dan mengasah kemampuannya, ya. Tapi, perlu diingat, proses pembelajaran ini tentunya juga ikut menyerap energi dan nutrisi dalam tubuhnya. Oleh karena itu, setelah selesai bermain nanti, sajikan menu makanan kaya kalori dan nutrisi untuk mengisi tenaga yang dibutuhkan si Kecil. Situs AboutHealth.ca merekomendasikan beberapa menu di bawah ini untuk memenuhi kebutuhan energi si Kecil:

  1. Sandwich dengan 2 potong daging dan keju
  2. Menu makanan dengan daging, ayam, ikan, dan tofu
  3. Roti isi selai kacang (jika si Kecil tidak alergi)
  4. Granola atau sereal dengan buah kering

Energi tambahan ini juga bisa si Kecil dapatkan dari susu pertumbuhannya yang mengandung protein. Makronutrisi yang satu ini merupakan salah satu zat pembangkit energi, yang juga penting dalam membentuk sel dalam tubuh. Susu Friso Gold 3, dengan konsep “Grass to Glass” dalam proses produksinya, memiliki kandungan protein yang lebih mudah dicerna dan terjaga kualitasnya. Ini karena proses tersebut membuat susu tidak melewati pemanasan yang berlebih. Dengan begitu, si Kecil pun bisa mendapat asupan energi yang optimal dari susunya.