Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Menyulap Piring Plastik Jadi Topi Tahun Baru si Kecil

Tahun baru hampir tiba! Saat ini, Mum tentu sering menjumpai berbagai macam kreasi topi hias dengan bentuk yang menarik perhatian, ya. Nah, si Kecil juga bisa lho membuat topi yang serupa. Bahkan, kreasi buatannya itu bisa lebih unik daripada topi hias lainnya. Menariknya lagi, yang Mum dan si Kecil butuhkan hanya gunting, lem, cat lukis dan piring plastik! Yuk, ikuti langkah-langkahnya di sini.

Aktivitas yang bisa dilakukan

  1. Persiapan

    Sebelum berkreasi, yuk kita kenalkan terlebih dulu kepada si Kecil tentang topi dan fungsinya. Mum bisa bertanya, “Sayang, kalau cuaca sedang panas, sebaiknya kita pakai apa, ya?” Lalu, ajak dia untuk mengeja jawabannya bersama-sama sambil menggerakkan tangan ke atas kepala seperti mau memakai topi.

    Setelah si Kecil sudah mengerti fungsinya, kini saatnya kita membuat topi bersama, Mum! Siapkan piring plastik, gunting, lem, kertas kosong, dan spidol untuk membuat topi tahun baru.

    Download enabler ini sekarang yuk, Mum! Download

  2. Langkah Pertama

    Langkah Pertama

    Print gambar Friso New Year Hats yang tersedia di bagian Info Pendukung Aktivitas di halaman keenam, atau buat gambar pola sederhana dengan menggunakan pensil. Jika sudah, rekatkan di atas piring plastik.

  3. Langkah Kedua

    Langkah Kedua

    Setelah itu, gunting piring mengikuti pola yang sudah Mum tempelkan.

  4. Langkah Ketiga

    Langkah Ketiga

    Selesai menggunting, mari kita hias topinya dengan menggunakan spidol. Mum bisa memberikan contoh terlebih dahulu dengan melukis sebagian topi, kemudian meminta si Kecil untuk melanjutkan sisanya.

  5. Abadikan Momen Serunya

    Abadikan Momen Serunya

    Setelah topi tahun barunya sudah selesai, jangan lupa abadikan foto si Kecil dengan kreasi buatannya itu, Mum. Bagikan juga foto tersebut dan ceritakan pengalaman seru ini kepada Friso Mums lainnya di halaman Facebook Friso Indonesia serta twitter@FrisoID dengan menggunakan hashtag #FrisoMoments.

    Download enabler ini sekarang yuk, Mum! Download

Info Pendukung Aktivitas

Di usianya sekarang, si Kecil cenderung gemar memasukkan tangan atau benda lain ke dalam mulutnya. Jadi, untuk mencegah hal itu terjadi saat dia asyik menggambar, selalu ingatkan dia untuk tidak mengisap jari atau spidolnya selama aktivitas nanti, ya. Selain itu, Mum juga bisa menyediakan tisu basah untuk mengelap tangan si Kecil setiap kali dia selesai melukis.

Berikut adalah daftar perlengkapan yang bisa Mum siapkan untuk aktivitas ini:

  • Kertas A4
  • Piring Plastik
  • Lem
  • Gunting
  • Spidol
  • Gambar Friso New Year Hats yang bisa Mum download di atas

Manfaat Bagi Mum

Kapan terakhir kali Mum membuat kerajinan tangan? Padatnya aktivitas sehari-hari mungkin membuat Mum tidak sempat lagi untuk melakukan kegiatan tersebut, ya. Oleh karena itu, aktivitas ini bisa kita manfaatkan untuk kembali mengasah daya kreativitas tersebut sembari berelaksasi dan bersenang-senang bersama si Kecil.

Manfaat Bagi Si Kecil

Inilah kesempatan bagi si Kecil untuk mengeksplorasi seni bersama Mum. Sensasi menyentuh cat dengan jari jemarinya dan melihat bagaimana warna bisa membuat topi buatannya terlihat lebih menarik tentu menjadi suatu pengalaman baru yang menakjubkan untuknya! Tidak hanya seru, eksplorasi seni ini juga akan meningkatkan daya imajinasi, kreativitas serta kemampuan motorik si Kecil. Satu lagi, memakai topi buatan sendiri pun ikut mengasah rasa percaya dirinya saat ini, Mum.

Info Gizi Dan Nutrisi

berbagai kemampuannya. Nah, supaya si Kecil bisa terus bersemangat, tetaplah rutin memberikan nutrisi tepat dan seimbang untuk mendukung daya tahan tubuhnya ya, Mum.

Stroberi dapat menjadi salah satu pilihan untuk menjaga kekebalan tubuh si Kecil. Selain rasanya yang lezat, buah ini kaya akan vitamin C yang baik bagi kesehatan gigi dan gusi, serta memperbaiki sel-sel dalam tubuh yang rusak. Stroberi juga mengandung Phenols yang dapat melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.

Kandungan Nukleotida, Prebiotik, Zinc, Zat Besi, dan Selenium dalam susu pertumbuhan si Kecil juga tak kalah pentingnya, Mum. Zat tersebut dapat meningkatkan kekebalan tubuhnya serta menjaga kesehatan pencernaan si Kecil. Susu Friso Gold 3 dengan kandungan nutrisi di atas diproses dengan konsep “Grass to Glass”. Proses produksi ini menjaga susu agar tidak melewati pemanasan secara berlebih, sehingga kandungan di dalamnya mudah dicerna dan tetap terjaga kualitasnya. Dengan begitu, manfaat nutrisinya bisa dinikmati si Kecil dengan optimal!