Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Merancang Futsal Playdate untuk Dad dan si Kecil

Merancang Futsal Playdate untuk Dad dan si Kecil

Mum, sudah punya acara untuk akhir pekan ini? Yuk, kita rencanakan acara playdate seru dengan mengajak si Kecil dan teman-temannya menjadi suporter Dad saat main futsal nanti. Sambil menonton, Mum juga bisa ikut mengenalkan dia tentang olahraga yang satu ini, lho!

Aktivitas Bersama si Kecil

  1. Pertama-tama, ajak Dad untuk mengenalkan serunya bermain futsal kepada si Kecil dengan menggunakan Friso Stick & Tell Futsal Book.
  2. Download buku beserta stiker –stiker lucunya dari link yang ada bagian Info Pendukung Aktivitas, lalu gunting & print di kertas HVS. Kemudian, tempelkan double tape di belakang stiker.
  3. Setelah bukunya sudah jadi, kini Dad bisa mengenalkan si Kecil tentang olahraga yang satu ini. Sambil memangku si Kecil, cobalah untuk menjelaskan gambar-gambar yang ada di buku buatan tadi kepadanya.
  4. Ajak juga Dad untuk membimbing si Kecil melengkapi gambar yang ada di sana dengan stiker-stiker lucu. Misalnya, dengan menjelaskan, “Sebelum bertanding, kita harus memakai sepatu futsal terlebih dahulu. Yuk, kita tempel gambar sepatu di kakinya.”
  5. Nah, setelah selesai, inilah saatnya untuk mengajak si Kecil nonton futsal bersama! Supaya makin seru, ajak teman-teman Dad untuk membawa juga anak mereka ke sana, ya.
  6. Sambil menonton aksi Dad nanti, bimbing si Kecil dengan memberikan penjelasan seperti, “Sayang, coba lihat. Dad berhasil menendang bola ke gawang!” Minta dia untuk bertepuk tangan dan bersorak setiap kali tim Dad bisa mencetak gol.
  7. Usai pertandingan berakhir, Dad kemudian bisa menggendong si Kecil sambil berkeliling lapangan dan mengamati berbagai hal yang ada di sana. Jika memungkinkan, dampingi juga si Kecil untuk duduk di tengah lapangan.
  8. Jangan lupa rekam foto dan videonya juga, Mum. Abadikan foto ekspresi takjub dan gembira si Kecil saat menjadi supporter buat Dad nanti.

Info Pendukung Aktivitas

Untuk membuat Friso Stick & Tell Futsal Book, Mum hanya perlu menyiapkan:

  1. Komputer dengan akses internet
  2. Printer
  3. Kertas HVS secukupnya (untuk buku, diusahakan menggunakan kertas yang agak tebal)
  4. Gunting
  5. Double tape
  6. Gambar buku & stiker

Download Tell Futsal Book dengan klik gambar dibawah ini:
 

Mum, saat pertama kali bertemu dengan teman-teman barunya di area futsal, si Kecil mungkin akan terlihat tidak nyaman. Biasanya, ini karena dia belum terbiasa dengan suasana baru yang ditemuinya. Jadi, pelan-pelan mari coba kenalkan teman-teman barunya kepada si Kecil, lalu biarkan dia beradaptasi terlebih dahulu. Perlahan, kehadiran Mum dan Dad di sana tentu akan membuat dia merasa lebih nyaman.

Manfaat Bagi Mum & Dad

Setelah sibuk dengan rutinitas di rumah sehari-hari, menonton Dad bermain futsal bisa menjadi sarana rekreasi yang menyenangkan di akhir pekan ini. Sambil mengenalkan si Kecil nanti, Mum juga jadi bisa mengamati sejauh mana perkembangan daya tangkap dan memorinya. Sementara itu, aktivitas ini pun dapat dimanfaatkan Dad untuk kembali meluangkan waktu “me time” bersama teman-teman terdekat sekaligus mulai mengenalkan hobi Dad yang satu ini kepada si Kecil.

Manfaat Bagi si Kecil

Menjadi suporter Dad saat bermain futsal tak hanya seru, Mum. Tapi, ini juga bisa membuatnya bergerak dan bermain secara aktif sambil berkenalan dengan hal-hal baru yang ada di sekelilingnya. Berada dalam lingkungan yang baru bersama Mum dan Dad juga akan ikut melatih kemampuan sosialisasi si Kecil, sehingga dia bisa tumbuh menjadi anak yang percaya diri nantinya.

Info Gizi & Nutrisi

Mengenalkan tentang olahraga sejak dini dapat Mum gunakan untuk mulai membiasakan si Kecil akan hidup sehat dan aktif. Apalagi, olahraga juga memiliki banyak manfaat yang baik baginya, misalnya untuk melatih motorik, daya fokus dan konsentrasi, serta membangun kepribadiannya yang percaya diri dan tak mudah menyerah.

Sebelum bepergian bersama si Kecil nanti, pastikan dia sudah mendapat asupan energi dari menu makanannya, ya. Jika si Kecil sudah terbiasa dengan makanan padat, Mum bisa memberikan makanan yang kaya akan kalori untuk sumber tenaganya, misalnya dengan mengombinasikan makanan infant cereal dengan ASI. Tapi, dalam memilih MPASI, perlu diperhatikan juga kalau saat ini sistem pencernaan si Kecil masih beradaptasi dengan makanan padat. Oleh karena itu, Mum sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memilih makanan pendamping yang cocok untuknya.