Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Merangsang 9 Kecerdasan Majemuk si Kecil, Ini Caranya

Merangsang 9 Kecerdasan Majemuk si Kecil, Ini Caranya

Setiap anak dilahirkan dengan bakat dan kelebihannya masing-masing. Mungkin kalimat ini sudah sering Mums dengar atau baca dari berbagai sumber. Secara sederhana, ungkapan tersebut bisa jadi dimaksudkan untuk menyebutkan kecerdasan majemuk yang dimiliki si Kecil sejak lahir. Untuk frasa yang barusan disebutkan apakah Mums sudah pernah mengetahuinya?

Sedikitnya terdapat 100 miliar neuron yang terhubung dengan 100 triliun sambungan dimiliki oleh si Kecil ketika baru lahir. Sambungan dna neuron yang terdapat di otak si Kecil ini sifatnya tidak statis, jadi bisa terus berkembang dan beradaptasi sesuai dengan apa yang dialami dan diterima si Kecil. Maka dari itu, penting untuk memberikan stimulus yang tepat dalam masa tumbuh kembangnya.

Stimulus ini sebenarnya bukan hal yang sulit, selama Mums mengetahui jenis-jenis kecerdasan majemuk yang sudah dimilikinya sebagai kecerdasan bawaan. Untuk memberikan gambaran mengenai apa saja jenis kecerdasan majemuk yang dimiliki si Kecil dan cara merangsangnya, Mums bisa melihat bagian berikut ini.

Kecerdasan Bahasa

Mungkin Mums sudah awam dalam memberikan rangsangan untuk kecerdasan yang satu ini. Kecerdasan bahasa, sebagai bagian dari kecerdasan majemuk, meliputi kemampuan verbal, kemampuan mengingat dan menyebutkan nama, bercerita, mengeja, dan sejenisnya. Cara memberikan stimulus yang tepat adalah dengan membacakan dongeng atau cerita, mengajaknya berdiskusi, bermain tebak kata, dan menyusun huruf. Sudah Mums praktekkan?

Berhitung dalam Kecerdasan Matematika

Merangsang 9 Kecerdasan Majemuk si Kecil, Ini Caranya

Ternyata kecerdasan yang terkait dengan angka-angka juga merupakan kecerdasan bawaan dari si Kecil. Disebut dengan kecerdasan matematika, hal ini meliputi kemampuan berpikir secara logis dan sistematis, ketertarikan pada angka, mengenali pola, serta kemampuan berhitung dan memecahkan masalah. Cara menstimulasi yang dapat Mums lakukan adalah dengan menghitung benda di dalam ruangan, memperkenalkannya pada angka dan cara berhitung, dan sejenisnya.

Kecerdasan Spasial

Dalam tes IQ seringkali disebutkan untuk tes kecerdasan spasial. Nah, kecerdasan spasial sendiri merupakan kemampuan membayangkan bentuk atau gambar atau ruang yang dimiliki si Kecil. Jika Mums melihat si Kecil menyukai gambar, menyusun balok atau membuat bentuk tertentu, ini berarti ia sedang mempraktekkan kemampuan spasialnya. Cara menstimulasinya adalah dengan memberikan mainan statis, artinya tidak menggunakan gadget, seperti bermain puzzle, melukis, menempel stiker, menyusun balok, dan sejenisnya.

Kecerdasan Musik

Merangsang 9 Kecerdasan Majemuk si Kecil, Ini Caranya

Seperti namanya, kecerdasan yang satu ini berupa kemampuan menghasilkan atau mengapresiasi nada dan musik. Ketika si Kecil cenderung peka terhadap suara dan dapat bernyanyi dengan baik, maka dapat dipastikan si Kecil memiliki kecerdasan musik yang baik pula. Tentu cara menstimulasinya adalah dengan memperkenalkan dan mengajak si Kecil bermain musik, mendengarkan lagu, bernyanyi bersama, atau menonton tayangan musikal.

Kecerdasan Fisik bagian dari Kecerdasan Majemuk

Memiliki kemampuan untuk menjaga keseimbangan tubuh dan bergerak dengan baik, menjadi bentuk dari kecerdasan fisik yang dimiliki si Kecil. Dengan stimulus yang tepat, si Kecil akan memiliki koordinasi gerak anggota tubuh yang sangat baik, sehingga ia memiliki fisik yang kuat. Cara memberikan stimulus pada kecerdasan majemuk yang satu ini adalah dengan sering mengajaknya bergerak, berolahraga, menari, serta menyaksikan pertandingan olahraga.

Kecerdasan Alam 

Merangsang 9 Kecerdasan Majemuk si Kecil, Ini Caranya

Sensitifitas pada lingkungan sekitarnya dapat menjadi bentuk nyata dari kecerdasan alam yang dimiliki si Kecil. Kecerdasan ini juga diwujudkan dalam ketertarikannya pada peristiwa alam, seperti hujan, dan binatang yang ia temui. Cara menstimulasi kecerdasan ini adalah dengan sering-sering mengajak si Kecil beraktivitas di alam terbuka atau ke taman satwa, perkebunan, atau kebun raya. Semakin banyak si Kecil melihat dan berinteraksi dengan alam maka kemampuannya alaminya juga akan berkembang secara optimal.

Memiliki Kecerdasan Spiritual

Memang terdengar aneh, namun pada kenyataannya si Kecil dilahirkan dengan kecerdasan spiritual. Ketika ia beranjak dewasa, bersyukur dan mampu berpikir mengenai hal-hal spiritual jadi wujud nyata kecerdasan ini. Nah ketika masih anak-anak, Mums bisa membiasakan si kecil untuk mengucap syukur, berdoa, mengunjungi yayasan sosial, dan kegiatan sosial yang dapat mengasah empatinya.

Kecerdasan Intrapersonal

Merangsang 9 Kecerdasan Majemuk si Kecil, Ini Caranya

Kecerdasan ini berwujud kemampuan mengenali emosi dan memahami diri sendiri. Ketika si Kecil mengungkapkan perasaannya, baik itu suka, marah, sedih, kecewa, si Kecil sedang menunjukkan kecerdasan intrapersonal yang dimilikinya. Cara mengasahnya adalah sering-sering bertanya pada si Kecil apa yang dialami hari ini, apa yang dirasakannya, dan apa yang diinginkannya untuk masa depan.

Kecerdasan Interpersonal

Mungkin Mums banyak mengenal kecerdasan majemuk ini dengan istilah kemampuan sosial. Kecerdasan ini diwujudkan dalam kemampuan si Kecil untuk berkomunikasi dengan orang lain dan memahami apa yang dirasakan orang lain. Cara mengasah kecerdasan ini adalah dengan mengajak si Kecil untuk terus berinteraksi dengan orang lain, seperti kelompok bermain, berkunjung ke rumah saudara, dan sebagainya.

Baca Juga : Mengenalkan Berbagai Suara Hewan Kepada Si Kecil

Tentu, dalam mengasah setiap sisi kecerdasan majemuk yang dimilikinya, Mums juga harus secara aktif memberikan nutrisi yang cukup setiap hari. Stimulus yang baik akan sangat mudah diserap jika tubuh si Kecil mendapat asupan nutrisi yang cukup, jadi perkembangan kemampuan ini bisa diimbangi dengan perkembangan fisik dan otaknya. Berikan Friso Gold 4 untuk menunjang keterpenuhan nutrisi harian si Kecil. Friso dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi susu dalam Friso Gold 4 tetap terjaga sehingga mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Berikan yang terbaik untuk si Kecil, dan lihat ia tumbuh dengan optimal!