Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Merangsang Perkembangan Motorik Halus, Ini 5 Stimulusnya!

Merangsang Perkembangan Motorik Halus, Ini 5 Stimulusnya!

Melihat si Kecil tumbuh dan berkembang seiring bertambahnya usia menjadi momen yang selalu diingat oleh Mums. Perkembangan fisik, perkembangan motorik kasar, serta perkembangan motorik halus, semua tidak akan luput dari perhatian Mums. Tentu saja, perkembangan ini harus didukung dengan stimulasi yang intens serta keberadaan Mums di sampingnya untuk memberikan kasih sayang secara maksimal.

Perkembangan motorik halus sendiri adalah ketika si Kecil mulai mampu menggunakan otot kecil pada tubuhnya. Otot kecil yang dimaksud misalnya adalah otot-otot di bagian tangan dan jari-jari, kemampuan memegang benda kecil, kemampuan mencicipi makanan, dan hal-hal kecil lainnya.

Kemampuan ini akan mulai muncul secara bertahap, mulai dari otot kecil bagian atas atau kepala, lalu perlahan turun ke bagian tubuh dan tangan, baru ke bagian kaki. Tentu saja, perkembangan ini memakan waktu yang tidak sebentar dan perlu stimulus yang tepat agar dapat berjalan optimal.

Lalu apa saja yang bisa diberikan sebagai stimulus pada si Kecil untuk mendukung perkembangan motorik halusnya?

Mencari Mainan Di Bawah Selimut

Merangsang Perkembangan Motorik Halus, Ini 5 Stimulusnya!

Salah satu permainan yang bisa Mums lakukan adalah dengan mengajak si Kecil mencari mainan yang disembunyikan di bawah selimut atau di dalam plastik. Hal ini akan membuat si Kecil berlatih menggunakan jari-jari dan gerakan tangannya secara keseluruhan untuk mengambil mainan yang dapat dirasakan atau dilihatnya.

Meski nampak sangat sederhana, permainan semacam ini benar-benar dapat merangsang perkembangan kemampuan motorik halus si Kecil. Mums dapat melakukan permainan ini berkali-kali dengan konsep serupa dan mainan atau penghalang berbeda.

Menggulirkan Bola

Permainan ini bisa dilakukan dengan bantuan bola berbagai ukuran. Mums dapat duduk berhadapan dengan si Kecil, dan menggulirkan bola ke arah si Kecil. Minta si Kecil untuk melakukan gerakan yang sama hingga bola bergulir ke arah Mums. Perlu beberapa kali percobaan memang untuk si Kecil dapat menggulirkan bola dengan lurus. Namun latihan ini akan membantu si Kecil menggerakkan tangan dengan lebih mahir.

Gerakan sederhana ini dapat membantu si Kecil mengembangkan kemampuan memegang objek yang cukup besar, melatih gerakan pergelangan tangan dan bagian bahu si Kecil, serta membantu melatih koordinasi mata dan tangan si Kecil. Cukup banyak bukan Mums? Dengan gerakan sederhana, banyak kemampuan motorik halus yang dapat dilatih.

Tunjuk dan Sebut Bagian Tubuh

Merangsang Perkembangan Motorik Halus, Ini 5 Stimulusnya!

Nah untuk permainan yang satu ini, Mums tidak memerlukan alat bantu apapun, hanya berdiri berhadapan dengan si Kecil dan menunjuk saja bagian tubuh yang harus disebutkan namanya. Mums dapat menunjuk bagian tubuh Mums, misalnya bagian hidung, dan meminta si Kecil menunjuk bagian yang sama di tubuhnya dan menyebutkan namanya.

Gerakan untuk menyentuh bagian tubuh sendiri ini cukup simple tapi dapat membuat si Kecil bergerak cukup banyak. Disamping itu, si Kecil juga akan belajar mengenal nama dan lokasi bagian tubuh yang dimilikinya. Akan semakin seru rasanya jika Mums mengajak si Kecil bermain dengan iringan lagu yang cukup ceria.

Latihan Motorik Halus dengan Foto Keluarga

Merangsang perkembangan motorik halus juga bisa dilakukan dengan bermain menggunakan foto keluarga. Selain dapat melatih gerakan mata dan tangannya ketika menunjuk orang dapat foto tersebut, Mums juga dapat melatih si Kecil untuk mengenali anggota keluarga yang ada di rumah.

Mengenali anggota keluarga, untuk si Kecil, perlu dilakukan agar ia dapat merasa lebih nyaman ketika berada di rumah. Rasa nyaman yang diberikan bisa membuat si Kecil menyerap segala bentuk stimulus dengan lebih baik dan optimal.

Mengisi dan Mengosongkan Wadah

Merangsang Perkembangan Motorik Halus, Ini 5 Stimulusnya!

Memindahkan objek dari satu wadah ke wadah lain bisa jadi latihan yang bagus untuk merangsang kemampuan koordinasi jari dan tangan mungilnya. Mums bisa mengajaknya mengosongkan wadah yang berisi berbagai benda. Benda-benda ini yang ukurannya cukup dalam genggaman si Kecil sehingga ia juga dapat melatih kekuatan genggamannya.

Mungkin untuk Mums memindahkan satu benda ke tempat lain bukan hal yang sulit, namun untuk si Kecil yang masih berusia 1 tahun, hal ini sudah menjadi latihan yang cukup seru untuknya.

Baca Juga : Jenis Permainan Edukasi Balita pada Setiap Fase Tumbuh Kembang si Kecil

Merangsang perkembangan motorik halus dapat dilakukan dengan berbagai cara. Beberapa hal di atas bisa Mums coba untuk membantunya berkembang. Tentu rangsangan ini harus menyesuaikan pula dengan usia si Kecil, sebab setiap fase tumbuh kembangnya memerlukan rangsangan yang tepat.

Mendampingi perkembangan motorik kasar dan motorik halus si Kecil akan sangat lebih baik jika Mums lakukan secara intim. Kehadiran Mums di sisinya akan membuat si Kecil merasa nyaman dan memiliki mood sangat baik, sehingga setiap stimulus yang diberikan dapat diserap dengan maksimal. Jangan lupa juga untuk mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya dengan makanan bergizi dan susu pertumbuhan yang tepat. Berikan Friso Gold 3 untuk menopang kebutuhan nutrisinya setiap hari. Friso Gold 3 dilengkapi teknologi  Locknutri, yang akan menjamin kualitas nutrisi alami tetap terjaga sehingga tubuh si Kecil dapat menyerapnya dengan optimal dan membantunya kuat dari dalam.