Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Milestone Perkembangan Anak Usia 3 Tahun, Simak Poin-Poinnya Di Sini Mums

Milestone Perkembangan Anak Usia 3 Tahun, Simak Poin-Poinnya Di Sini Mums

Pada setiap fase perkembangan anak, terdapat beberapa hal ideal yang sewajarnya bisa dilakukan oleh si Kecil. Hal ini acap disebut dengan milestone Mums, artinya ketika si Kecil menginjak usia tertentu, idealnya ia sudah dapat melakukan dan memiliki beberapa kemampuan yang sebelumnya belum dapat dilakukannya. Milestone ini sendiri kemudian bisa dilihat dari dua aspek, yakni aspek kemampuan fisik dan kemampuan mental si Kecil.

Jika Mums mencermati, mungkin kemampuan baru ini akan terasa seperti keajaiban. Setiap usaha yang si Kecil lakukan, setiap stimulus yang Mums berikan, serta setiap nutrisi yang didapatkan si Kecil, semua berperan besar. Tentu untuk mengetahui beberapa milestone ini sebenarnya tidak sulit karena pada artikel ini akan dijabarkan beberapa kemampuan umum yang idealnya akan dimiliki si Kecil ketika ia berada pada usia tertentu, dalam hal ini 3 tahun.

Penasaran apa saja kemampuan ideal yang akan dimiliki si Kecil pada usia ini? Yuk Mums cek penjelasan di bawah ini, agar semakin terarah dan fokus dalam memberikan stimulus untuk si Kecil!

Kemampuan Fisik si Kecil

Karena pada usia 3 tahun si Kecil sudah memiliki koordinasi tubuh yang baik, biasanya ada beberapa hal umum yang dapat dilakukannya. Hal umum ini tentu tidak serta merta muncul, namun memerlukan proses belajar dan bimbingan dari Mums agar dapat memilikinya. Untuk memudahkan Mums dalam memberikan stimulus, berikut beberapa kemampuan fisik yang ideal ditunjukkan si Kecil sebagai bentuk perkembangan anak yang baik.

Membuka halaman buku satu per satu, mungkin hal ini bukan hal yang rumit untuk orang dewasa ya Mums, namun untuk anak-anak hal ini adalah salah satu milestone yang perlu dipastikan. Membuka halaman buku satu per satu menunjukkan kemampuannya mengontrol gerakan tangan dan kekuatan yang diberikan untuk melakukannya.

Menggambar lingkaran dan persegi, tentu tidak bentuk lingkaran atau persegi yang sempurna, namun idealnya si Kecil sudah dapat membuat sebentuk objek di bidang gambar dengan bentuk menyerupai kedua hal tersebut. Si Kecil juga dapat membuat dua gambar berbeda ketika diminta menggambar lingkaran atau persegi.

Menulis beberapa huruf sederhana, misalnya huruf ‘I’, ‘O’, ‘X’, ‘L’, ‘C’ dan sejenisnya. Ketika menuliskan huruf ini ada dua hal yang nampak, kontrol pada gerakan tangannya dan kemampuan si Kecil dalam memegang alat tulis yang diberikan. Diperlukan latihan yang cukup rutin untuk si Kecil menguasai kemampuan ini.

Melepas pakaian tanpa bantuan Mums, nah yang terakhir ini gerakan yang cukup rumit untuk si Kecil dan perlu bimbingan Mums. Untuk melatih si Kecil melepas pakaiannya sendiri, Mums dapat mendampinginya dan sedikit membantunya. Berikan pakaian yang cukup mudah dilepas untuk latihan awalnya, sebelum mengenakan pakaian lebih rumit seperti pakaian berkancing dan sejenisnya.

Kemampuan Mental si Kecil

Perkembangan anak tak hanya ditunjukkan dengan kemampuan fisik saja namun juga kemajuan di bidang mentalnya. Perkembangan mental dalam hal ini adalah berupa pemahaman beberapa sifat serta kemampuan sosial si Kecil. Berikut daftar milestone pada bagian perkembangan mental si Kecil yang bisa Mums cermati.

Menirukan orang di sekitarnya, kemampuan ini menunjukkan bahwa si Kecil sudah menyadari bahwa ada orang lain di sekitarnya. Ketika si Kecil menirukan gerakan atau ucapan orang disekitarnya, sebenarnya ini adalah proses belajar yang berlangsung secara tidak disadari oleh nya. Maka dari itu, berlaku dan berbicara baik di depan si Kecil sangat perlu dilakukan ya Mums!

Menunjukkan emosi yang berbeda-beda, pada setiap keadaan, misalnya sedang berpesta, si Kecil akan menunjukkan muka yang senang dan banyak tertawa. Misalkan ketika ia sedang bersedih, ia akan menunjukkan muka yang murung. Emosi berbeda-beda ini menunjukkan ia memahami bahwa ia sudah dapat mengerti keadaan disekitarnya.

Fokus dan imajinasi yang semakin baik, ketika si Kecil bermain, imajinasinya akan semakin berkembang. Hal ini ditunjukkan misalnya dengan barang yang ada di sekitarnya bisa dianggap atau diperankan sebagai barang lain, katakanlah piring, dapat disebut UFO. Perkembangan anak dalam sisi mental juga akan ditunjukkan pada fokusnya yang meningkat dan mampu menyelesaikan suatu hal tanpa bantuan orang lain.

Beberapa poin di atas mungkin hanya sebagian kecil saja dari milestone yang dapat dituliskan di sini. Namun demikian, poin tersebut adalah poin secara garis besar saja, sehingga tetap bisa menjadi acuan untuk tumbuh kemabgn si Kecil.

Perkembangan anak ditandai dengan kemampuan baru yang dimilikinya. Baik kemampuan fisik atau mental, keduanya harus berjalan beriringan. Tentu saja, Mums dapat semakin mengoptimalkan tumbuh kembangnya ini dengan stimulus dan asupan nutrisi yang cukup. Berikan Friso Gold 4 untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Dengan kualitas alami nutrisi yang terjaga berkat teknologi Locknutri, nutrisi dalam Friso Gold 4 mudah diserap sehingga efektif untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Selamat! Mums berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang