Lompat ke isi utama
Perhatikan Hal Ini Saat Hamil 5 Minggu

Inilah Tanda Hamil 5 Minggu yang Sehat

Penasaran dengan tanda hamil 5 minggu? Pahami perubahan yang terjadi pada fisik Mum

Menunggu kehadiran si Kecil menjadi momen yang tidak akan terlupakan. Mulai dari persiapan, hingga saat persalinan nanti, semua wajib dilakukan dengan cermat sehingga dapat berjalan lancar. Namun bisa saja Mums belum sadar ketika sudah hamil 5 minggu. Pasalnya, belum ada perubahan signifikan yang terjadi di dalam tubuh Mums. Hanya perut yang sedikit membesar, namun tidak terlalu terlihat.

Memang mungkin tidak masuk akal jika dalam usia hamil 5 minggu Mums belum menyadarinya. Namun, hal ini kerap terjadi pada sebagian Mums yang memiliki siklus datang bulan kurang teratur sehingga keterlambatan yang terjadi dianggap biasa. Untuk memastikan kondisi hamil 5 minggu, Mums dapat menggunakan testpack atau memeriksakan diri ke dokter kepercayaan.

Sebenarnya mungkin tanda-tanda hamil 5 minggu sudah bisa dirasakan. Hanya saja memang belum terlalu nampak. Kondisi hamil memang harus terus dipantau, sejak pertama terjadinya terlambat datang bulan, Mums sebaiknya mulai memastikan dengan metode-metode yang tersedia. Pasalnya, pada usia hamil 5 minggu ini kondisi janin masih sangat rapuh, sehingga resiko terjadi hal yang tidak diinginkan cukup besar.

Baca Juga: 4 Gerakan Senam Hamil untuk Kelancaran Proses Persalinan

Nah, untuk memberikan sedikit informasi terkait kondisi hamil 5 minggu ini, Mums bisa melihatnya pada penjelasan berikut ini.

Gejala Hamil 5 Minggu yang Biasa Dirasakan Mums

Perhatikan Hal Ini Saat Hamil 5 Minggu

Ketika Mums belum memastikan apakah benar-benar hamil atau tidak, ada beberapa tanda yang diberikan oleh tubuh saat usia hamil 5 minggu. Beberapa perubahan akan terjadi, dan mungkin saja bisa dilihat meski masih samar-samar. 

Pada usia hamil 5 minggu, setidaknya ada 3 gejala yang muncul dan dirasakan oleh sebagian besar ibu hamil, di antaranya morning sickness, perubahan pada bagian payudara, serta intensitas buang air kecil yang jauh lebih tinggi.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai kondisi hamil 5 minggu yang sehat, Mums perlu mengetahui beberapa gejala yang akan dialami, di antaranya:

  • Mums Mulai Mengalami Morning Sickness

    Salah satu tanda kehamilan yang paling sering muncul adalah morning sickness. Gejala ini juga akan Mums rasakan saat usia hamil 5 minggu yang ditandai dengan rasa mual hingga bahkan muntah, ini menandakan terjadinya perubahan hormon pada diri Mums. Meski demikian, tanda ini tak hanya muncul ketika pagi hari saja, namun juga umum muncul ketika siang atau malam hari, tergantung dengan keadaan tubuh dan aktivitas yang Mums lakukan. Gejala hamil 5 minggu ini sebenarnya wajar, selama tidak mengandung darah atau berwarna kecoklatan. Ketika hal ini terjadi, sebaiknya Minum segera menghubungi dokter kepercayaan Mums.

  • Perubahan pada Payudara

    Gejala hamil 5 minggu juga bisa terlihat dari perubahan yang cukup signifikan pada bagian payudara Mums. Jika biasanya tidak terasa apapun saat tidak diberikan perlakuan tertentu, maka ketika Mums sudah hamil 5 minggu akan mulai terasa nyeri ketika tersentuh, bahkan ketika tidak disentuh sekalipun. Perubahan juga terjadi pada area puting yang warnanya menjadi semakin gelap. Meski demikian, jika Mums mengandung janin, hal ini adalah kondisi wajar yang tidak perlu dikhawatirkan.

  • Intensitas Buang Air Kecil Meningkat

    Dalam jumlah asupan cairan harian yang sama, Mums akan cenderung lebih sering buang air kecil pada usia hamil 5 minggu dibandingkan minggu-minggu sebelumnya. Hal ini disebabkan karena pembesaran ukuran ginjal dan mendorong kandung kemih. Ketika intensitas sudah mulai meningkat, sangat disarankan untuk mengkonsumsi cairan lebih banyak dari sebelumnya untuk menjaga agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

    Beberapa gejala hamil 5 minggu di atas akan muncul seiring berjalannya waktu. Tentu tidak kemudian berada pada titik tepat 5 minggu atau 35 hari, namun berkisar pada waktu tersebut. Ketika Mums sudah merasakan gejala-gejala ini, ada baiknya untuk mulai berkonsultasi dengan dokter terkait kondisi tubuh dan memastikan kondisi kehamilan yang sedang Mums alami.

    Baca Juga: Friso Moments

  • Perkembangan Janin Usia Hamil 5 Minggu

    Perhatikan Hal Ini Saat Hamil 5 Minggu

    Secara fisik, saat usia hamil 5 minggu kondisi janin memang belum memiliki ukuran yang signifikan. Jika dilihat, mungkin hanya sekitar 0.12 cm saja, atau sebesar biji wijen. Namun demikian perkembangan fisik dan saraf janin akan terus berlanjut jika mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan seiring berjalannya waktu. Dengan ukuran sebesar ini, beratnya diperkirakan hanya 1 gram saja. Sangat mungil bukan?

    Ini mengapa kondisi kehamilan harus dipastikan sedini mungkin agar Mums segera dapat memberikan treatment yang tepat pada kandungan. Jika disadari terlambat, bisa saja hal yang tidak diinginkan terjadi, mengingat daya tahan janin pada usia hamil 5 minggu tentu masih sangat lemah. Degan mengetahui kondisi yang sebenarnya, Mums dapat lebih menjaga diri dan mulai memikirkan asupan dan aktivitas yang dilakukan.

    Apakah ada organ yang sudah terbentuk pada janin usia 5 minggu? Jawabannya adalah ya. Kondisi janin di rahim Mums pada usia ini sudah memiliki jantung, meski belum dalam bentuk yang sempurna. Jantung mulai memiliki serambi dan sekat, sehingga dapat mulai memompa darah ke bagian tubuh lain.

    Organ lain yang sudah terbentuk adalah bagian usus yang berfungsi sebagai organ pencernaan. Tentu belum dapat digunakan untuk mencerna makanan yang masuk, sifatnya hanya baru terbentuk secara sederhana saja. Untuk mengoptimalkan perkembangan organ-organ ini, Mums wajib mencukupi setiap kebutuhan nutrisi harian yang diperlukan.

Apakah Hamil 5 Minggu Sudah Bisa USG?

Saat usia hamil 5 minggu, mungkin sebagian Mums sudah tidak sabar ingin melihat perkembangan janin dalam kandungan. Yang jadi pertanyaannya, apakah di usia kehamilan ini, Mums sudah bisa melakukan USG (Ultrasonografi)? Jawabannya sudah bisa ya, Mums. USG untuk pertama kalinya bisa MUms lakukan di trimester pertama, yaitu mulai dari usia kehamilan 4-5 minggu. 

Pada usia kehamilan 5 minggu, jenis pemindaian USG yang lebih akurat yaitu USG transvaginal atau pemeriksaan dari dalam vagina. Nantinya dari USG tersebut biasanya akan terlihat kantung janin atau kehamilan dengan ukuran antara 6-12 mm atau minimal 0,5 cm. Ukuran tersebut terhitung dari kantung kehamilan sehingga bukan ukuran asli embrio janin karena ukuran embrio sangat kecil sehingga posisi janin sangat sulit terlihat. 

Apakah Kantung Ketuban Sudah Terbentuk pada Usia Hamil 5 Minggu?

Kantung ketuban merupakan kantung elastis tipis yang membungkus bayi di dalam rahim. Kantung ini berisi bayi, plasenta, dan cairan ketuban. Kantung ketuban berfungsi untuk melindungi bayi dari trauma benturan selama ia masih di dalam kandungan sampai detik-detik menjelang persalinan. 

Nah, pada kondisi normal dengan bantuan USG, biasanya kantung ketuban bisa terlihat saat usia hamil 5 minggu. Dalam pemindaian USG, kantung ketuban atau kantung kehamilan akan terlihat seperti lingkaran putih yang mengelilingi pusat yang jernih.

Kantung ketuban yang terlihat dari hasil USG menandakan bahwa Mums sudah positif hamil. Namun, adanya kantung ini bukan berarti menunjukkan kehamilan berjalan sehat dan normal ya, Mums. Setelah kantung ketuban terlihat, tanda positif hamil berikut yaitu adanya kantung kuning (yolk sac) yang berkembang di dalamnya dan akan memberikan nutrisi pada embrio. 

Mengapa Perut Sering Sakit saat Hamil 5 Minggu?

Salah satu keluhan yang sering dirasakan oleh para ibu hamil muda yaitu perut sakit. Namun, Mums tidak perlu khawatir karena perut sakit saat hamil 5 minggu merupakan hal yang wajar karena ada perubahan hormon. Kondisi tersebut muncul karena tubuh Mums sedang beradaptasi dengan perkembangan janin di dalam rahim. Selain itu, penyebab sakit perut saat hamil muda juga bisa karena pelebaran rahim, perut kembung, atau sembelit. 

Akan tetapi, Mums perlu waspada karena sakit perut yang berlebihan dan disertai flek yang tak kunjung hilang bisa disebabkan oleh keguguran atau kehamilan ektopik. Untuk menghindari hal yang tak diinginkan, segeralah konsultasi dengan dokter bila Mums mengeluhkan sakit perut yang sangat nyeri dan tak kunjung berhenti. 

Saran Untuk Ibu Hamil 5 Minggu

Perhatikan Hal Ini Saat Hamil 5 Minggu

Ketika Mums sudah menyadari bahwa Mums sedang hamil 5 minggu, sudah saatnya Mums melakukan beberapa perubahan kecil untuk dapat menunjang kondisi kehamilan Mums. Pertama tentu sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan, karena dengan tubuh yang sehat si Kecil juga dapat tumbuh dengan optimal.

Selanjutnya, mulailah kunjungi dokter kandungan untuk berkonsultasi dan memonitor perkembangan si Kecil. Hal ini diperlukan untuk terus mengetahui kondisi terkini dari janin yang ada di perut Mums. Jadi misalkan ada sesuatu yang salah, Mums dapat mengambil langkah cepat untuk mengantisipasi akibat yang lebih buruk.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Bayi Cegukan?

Untuk membantu Mums menjaga pemenuhan nutrisi harian, selalu konsumsi makanan bernutrisi dan alami. Tunjang juga dengan konsumsi Frisomum Gold Dualcare+ untuk melengkapi nutrisi harian. Berikan yang terbaik untuk si Kecil, dan perhatikan setiap fase tumbuh kembangnya.